• Berita
  • Terbaru
Minimize
No Sampul
05 Jul 2023, 12:07
2326

BUPATI POSO TERIMA KUNJUNGAN AUDIENSI KAKAN PERTANAHAN POSO YANG BARU

Oleh :
Didin M Lasaudju

Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang menerima audiensi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Poso yang baru Anang Indrayu, S.SiT di Rujab Bupati Poso Selasa, 4 Juli 2023.

Beberapa agenda penting dan strategis kedepan disampaikan oleh mantan kepala pertanahan Luwuk Banggai yang menjadi pembahasan dalam audiensi tersebut antara lain, program-program Kementerian Agraria dan Tataruang Pertanahan Kabupaten Poso diantaranya Pelaksanaan Program Strategis Nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2023 di Kecamatan  Lore Tengah, Pelaksanaan Program Redistribusi Tanah di Kabupaten Poso, Pelaksanaan Pensertipikatan Tanah-Tanah Aset Pemda Kabupaten Poso

Kakan pertanahan juga menyinggung  upaya penyelesaian batas administrasi desa dan kecamatan di Kabupaten Poso melalui PSN PTSL dan upaya administratif serta teknis antara Pemda dan Kantor Pertanahan Kabupaten  Poso,  pemanfaatan aset-aset pemda guna peningkatan PAD Kabupaten Poso serta sempadan Danau Poso.

Selain itu, juga dibahas tentang penguatan koordinasi terkait pemberian ijin melalui wadah Forum Penataan Ruang, rencana sosialisasi terkait masalah pemberian Hak Atas Tanah kepada kepala desa dan Lurah serta  Camat dan kepada masyarakat/Badan Hukum/Yayasan. Terkait surat tanah yang dikeluarkan oleh kepala desa/Lurah atau camat, Terkait persyaratan serta kewajiban yang harus dipenuhi masyarakat/Badan Hukum/Yayasan dalam rangka permohonan Sertipikat Hak Atas Tanah.

Bupati Poso dalam kesempatan itu mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas  upaya pertanahan Kabupaten Poso selama ini. Ia berharap kepala pertanahan yang baru bisa melanjutkan program Kaban Pertanahan lama sehingga persoalan pertanahan di kabupaten Poso terselesaikan dengan baik.





Kategori