• Berita
  • Terbaru
Minimize
No Sampul
11 Jul 2023, 21:09
1306

BUPATI POSO HADIRI RAKOR P3PD TINGKAT NASIONAL BERHARAP PEMBANGUNAN DESA LEBIH DITINGKATKAN

Oleh :
Didin M Lasaudju

Bupati Poso dr. Verna G.M inkiriwang, bersama sejumlah kepala daerah di Indonesia (Gubernur, Bupati/Walikota) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional yang merupakan Kick Off Pelaksanaan Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tingkat Nasional berlangsung di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta Pusat, Selasa 11 Juli 2023 di buka langsung Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph. d.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengatakan P3PD merupakan salah satu visi Presiden Joko Widodo dalam membangun Indonesia dari pinggiran, yakni dari desa dan perbatasan. Ia juga memaparkan sejumlah langkah yang dilakukan pemerintah untuk memperkuat desa, salah satunya menerbitkan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sekaligus sejumlah regulasi turunannya.

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian juga mengatakan bahwa P3PD diharapkan dapat mengahalau fenomena urbanisasi di Indonesia. Sehingga, pertumbuhan penduduk dan ekonomi baik di desa maupun di kota cenderung stabil. Untuk itu, Indonesia berkomitmen membangun negeri dari pinggiran. Hal-hal yang harus disiapkan antara lain adalah lapangan pekerjaan baru di desa.

“Agar tidak perlu lagi merantau ke kota untuk bekerja. Jadi cukup bekerja di desa, dengan penghasilan rasa kota. Sehingga desa bisa jadi sentra ekonomi baru yang setara dengan kota,” ucap Mendagri 

Seperti kita ketahui, Kehadiran Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan. Oleh karena itu, kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa harus diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan Desa.

Sementara itu Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang yang antusias mengikuti jalannya rakor tersebut mengatakan bahwa salah satu Pilar Pembangunan daerah kabupaten Poso adalah desa maju, di mana melalui program ini pemerintah daerah berupaya mewujudkan pengelolaan sumber daya alam unggulan daerah berbasis kawasan melalui tata kelola desa yang akuntabel, transparan, inovatif dan produktif menuju desa maju.

“Sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah pusat seperti yang disampaikan mendagri Bapak Tito Karnavian membangun Indonesia dari desa dan perbatasan, itu sudah beberapa tahun lalu kami di Daerah Kabupaten Poso sudah memulai seperti program Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa). Melalui Bunga Desa, pemerintah daerah turun langsung ke desa memberikan pelayanan public yang dibutuhkan masyarakat desa sehingga tidak perlu datang jauh-jauh ke kota kabupaten untuk berurusan” Terang Bupati

Bupati juga berharap dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan dan pengembangan desa terus ditingkatkan agar seluruh desa di Indonesia bisa maju sejajar deengan desa lainnya di Indonesia.





Kategori