PEMEKARAN DESA DONGI-DONGI
PEMEKARAN DESA DONGI-DONGI

By Admin Posokab 28 Jan 2022, 08:28:52 WIB Daerah
PEMEKARAN DESA DONGI-DONGI

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk melakukan penataan desa. Penataan tersebut berdasarkan hasil evaluasi tingkat perkembangan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dengan tujuan untuk mewujudkan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas publik, kualitas tata kelola pemerintahan desa dan meningkatkan daya saing.
Bupati Poso, dr. Verna G.M. Inkiriwang dalam sambutannya menyampaikan setelah melalui proses dan mekanisme sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 Pasal 10 dan 
Pasal 11, Pemerintah Kabupaten Poso melalui Peraturan Bupati Poso Nomor 34 Tahun 2021 menetapkan pembentukan Desa Persiapan Dongi-dongi. “Ini merupakan komitmen kami dalam rangka mewujudkan Desa Maju, sesuai Visi Pertama Pemerintah Daerah yang tertuang dalam Dokumen RPJMD 2021-2026.”
“Agar tujuan tersebut dapat terwujud maka dibutuhkan kerja keras dari Pejabat Kepala Desa serta dukungan dan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa Desa Dongi-dongi memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah didukung tanah pertanian dan perkebunan yang subur, menjadi modal besar untuk berkembang sebagai desa masa depan yang dilirik Para Investor, oleh karena itu masyarakat harus memacu kreativitas dan lebih meningkatkan sumber daya manusia pelaku pembangunan itu sendiri agar potensi desa yang dimiliki dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan asli desa yang pada akhirnya akan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejahteraan seluruh masyrakat.”
Bupati Verna juga berharap agar Pejabat Kepala Desa yang baru saja dilantik, serius dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, “Tujuan utama saudara adalah memimpin pemerintahan, mempimpin wilayah, 
mempimpin rakyat, melayani masyarakat dan sekaligus menata administrasi menuju desa definitif secara berkala setiap 6 (enam) bulan saudara wajib membuat Laporan Hasil Pelaksanaan Tugas Kepala Desa Persiapan kepada Bupati melalui Camat. Selanjutnya laporan tersebut akan dikaji dan diverifikasi oleh Tim Kajian Pemerintah Daerah dan hasil kajian akan menjadi pertimbangan dan penilaian terhadap desa persiapan apakah layak ditetapkan menjadi desa definitif melalui Peraturan Daerah.”
Acara tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Poso, selanjutnya prosesi pengambilan sumpah dan janji, juga penandatanganan berita acara, penyematan tanda jabatan dan penandatanganan prasasti serta penyerahan dokumen oleh ketua TP PKK Kecamatan Lore Utara Kepada TP PKK Desa Dongi-dongi. Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Ellen Esther Inkiriwang Pelealu, 
Anggota DPRD Kabupaten Poso, Para Pejabat Lingkup Pemda Poso, Camat bersama Unsur Tripika Kecamatan Lore Utara, Ketua BPD, Ketua LPM, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Seluruh Masyarakat Sedoa Desa Dongi-dongi juga Siswa-Siswi SD dan SMP yang hadir saat itu, Bertempat di Gedung Serba Guna Gereja BK Dongi-dongi, Kecamatan Lore Utara, Kamis 27/01/2022.
Sumber (Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Poso)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment