ARAHAN PRESIDEN RI KEPADA KEPALA DAERAH TENTANG AFIRMASI BANGGA BUATAN RI

By Admin Posokab 25 Mar 2022, 10:30:14 WIB Nasional
ARAHAN PRESIDEN RI KEPADA KEPALA DAERAH TENTANG AFIRMASI BANGGA BUATAN RI

KOMINFO-Kegiatan Bupati Poso "Bussiness Matching PDN Pengadaan dan UMKM" dirangkaikan dengan "Arahan Presiden tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia kepada Menteri dan Kepala Daerah" Grand Hyatt Bali, 22-25 Maret 2022

Baca Lainnya :

Dalam acara ini dilakukan Penginputan Komitmen Pemerintah Daerah terhadap Pembelanjaan APBD oleh Bagian PBJ dan Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Poso,  untuk menggunakan PDN (Produk Dalam Negeri) sehingga target Belanja Pemerintah terhadap PDN sebesar Rp. 400  T di tahun ini tercapai.

Dalam Bussiness Matcing ini tercapai komitmen sebesar 214 T, dan daerah diberi waktu sampai dengan bulan Mei 2022 untuk menambahkan komitmen yang telah diinput.

Lanjut disampaikan oleh Menkomarves Luhut B. Pandjaitan bahwa Negara akan mengalami pertumbuhan Ekonomi sebesar 1,7% pada tahun ini bila Pemerintah memaksa Kementerian/Lembaga/Daerah/ serta BUMN membelanjakan anggarannya kepada PDN dengan menggunakan Instrumen E-Purchasing yang ada, baik E-Katalog Nasional dan Lokal, maupun Toko Daring yang telah dibangun LKPP.

Target 400 T akan diusahakan dicapai di bulan April saat Bussiness Matching berikutnya yang akan diselenggarakan di DKI Jakarta.

Selanjutnya dalam arahan Bapak Presiden Joko Widodo menegaskan kepada K/L/D utk merubah mindset agar benar-benar merasa bangga terhadap Produk Dalam Negeri, menggunakan Sistem Informasi yang telah dibangun seperti E-Katalog dan lainnya, dan beliau akan benar2 melakukan pemantauan/pengawasan kepada KL dan BUMN yg msh membelanjakan anggaran bukan utk PDN dan akan mereshuffle kabinetnya bila itu terjadi.

Untuk Daerah secara khusus Presiden meminta percepatan PBJ dan Pembentukan Panitia Pengawasan P3DN dan akan memberikan sanksi terhadap DAU Daerah apabila diketahui tidak tercapai komitmennya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment