Sel08222017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA Pilihan Wisata Wisata Umum FDP Poso Ke 14, Ajang Promosi Wisata dan Budaya Sulteng

FDP Poso Ke 14, Ajang Promosi Wisata dan Budaya Sulteng

alt

Festival Danau Poso XIV secara resmi dibuka Gubernur Sulawesi Tengah Drs, Longki Djanggola, MSi ditandai dengan pemukulan gong tradisional di Tepian Danau Poso Kota Wisata Tentena Jumat, 8/10.
Gubernur dalam kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada masyarakat poso yang telah mendukung dan  menjadi tuan rumah yang baik dalam  pelaksanaan FDP ke-14, yang merupakan hajatan provinsi sebagai upaya meningkatkan arus kunjungan wisata kedaerah sulawesi tengah khususnya di kota poso dan sekitarnya.
Lanjut Gubernur,  Untuk lebih meningkatkan arus kunjungan wisata ke Poso khususnya danau poso dan sekitarnya, yang memiliki panorama alam yang indah, kekayaan alam danau poso yang melimpah, aneka ragam seni dan  budaya serta jajanan tradisional yang banyak sehingga kedepan gubernur menuangkan kebijakan khusus dalam perda provinsi  tentang system pengelolalan kepariwisataan di Poso yang memiliki cirri khas danau poso.
Menutup sambutannya, gubernur mengevaluasi dan memberikan catatan khusus kepada kabupaten lain di provinsi sulawesi tengah yang tidak mengikutsertakan kontingennya dalam even tahunan fdp tersebut.
Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang, MM dalam sambutan ucapan selamat datangnya meminta kepada masyarakat poso agar menjadi tuan rumah yang baik dengan menerima tamu-tamu dari kabupaten lain sebagai saudara sendirir dalam festival itu. Disamping itu bupati juga memberikan penghargaan tersendiri dengan kedatangan Bupati  Kabupaten Luwuk Timur Sulawesi Selatan H. Andi Hatta yang berkesempatan mengikuti langsungse remonial pembukaan fdp.
Mengakhiri sambutannya bupati meminta maaf kepada seluruh kontingen dari lima kabupaten dan kota se-sulawesi tengah bila dalam pelaksanaan FDP XIV banyak menemukan kekurangan-kekurangan dari panitia pelaksanan khususnya panitia local poso.
Dijelaskan berbagai lomba yang akan dipertandingkan dalam festival yang berlangsung dari tanggal 28 s/d 31 oktober 2011 oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Drs, H. Suaib Djafar, MSi antara lain adalah, Pemilihan putra putrid duta wisata provinsi sulawesi tengah, Dero Kreasi, Pameran produk souvenir khas daerah, lomba kuliner, lomba dayung, tarik tambang diatas perahu dan sebagainya.
Pembukaan FDP ke-14 dimeriahkan juga oleh paduan suara lagu daerah kontemporer siswa siswi SMA I GKST Tentena.