Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA Pilihan Wisata Wisata Budaya Pembukaan Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) ke-20 tahun 2017 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke-11

Pembukaan Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) ke-20 tahun 2017 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke-11

alt
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 3
  • Selanjutnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) ke-20 tahun 2017 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke-11 ditandai dengan pemukulan gong bertempat di anjungan wisata kota wisata tentena kabupaten poso, 5/11/17. Hadir dalam kegiatan tersebut ketua BPK perwakilan sulawesi tengah, ditjen kebudayaan kementerian pendidikan dan kebudayaan RI Drs. Yunus Arbi, MA, ketua DPRD provinsi sulawesi tengah yang diwakili oleh Wiwid Kurniawati, forum koordinasi pimpinan daerah provinsi sulawesi tengah dan kabupaten poso, sekretaris daerah kabupaten sigi, asisten pemerintahan dan kesra setda kota palu, ketua umum majelis sinode GKST, pimpinan komisi V DPR RI H. Muhifin Moh. Said, Anggota DPR RI dr. Verna Inkiriwang, para kepala OPD, para camat, kepala desa, lurah sekabupaten poso, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh adat, tokoh pemuda, para kepala sekolah bersama dewan guru, siswa-siswi serta undangan lainnya.
Dalam laporan ketua panitia Drs. Joksan Lakuka memyampaikan dalam acara pembukaan dari rangkaian tiga even yang dilaksanakan secara bersama-sana yaitu FBD, FPDTP serta tour de central celebes (TdCC) yang akan digelar dari tanggal 5 sampai dengan 7 november 2017, dari keyiga rangkaian acara tersebut panitia didukung oleh pihak sponsor yang mendatangkan artis-artis ibukota yang akan tampil menghibur masyarakat posi dalam acara hiburan rakyat yaitu group band ungu, NTT vouce dan Mita Talahatu yang akan tampil minggu malam serta group band slank yang akan tampil dalam penutupan senin malam.
Sementara ditempat yang sama Bupati Poso dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan FBD dan FPDTP tahun 2017 patut bersyukur dan berbangga karena kegistan ini juga dirangkaikan beberapa agenda penting yang berskala lokal, regional, nasional bahkan internasional antara lain TdCC, apel akbar pemuda seindonesia, reuni akbar orang poso serta kegiatan penting yang menarik lainnya yang akan dipersembahkan untuk masyarakat poso, masyarakat sulawesi tengah bahkan masyarakat indonesia dan dunia "dari poso untuk indonesia dan dunia".
Darmin Agustinus Sigilipu juga katakan bahwa even FBD dan FPDTP telah menjadi kalender daerah dan nasional tahunan juga sudah dikenal sampai di mancanegara sehingga pelaksanaannya dari tahun ketahun harus kita tingkat kualitasnya terutama tujuan untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di daerah dapat dikemas dengan baik menjadi sebuah alternatif psket budaya wisata yang mempedona bagi para calon wisatawan yang datang berkunjung ke sulawesi tengah khususnya di kabupaten poso.
Diakhir sambutannya Bupati Poso berharap sgar pelaksanaan FBD dan FPDTP tahun ini menjadi momentum bersama seluruh elemen masyarakat poso untuk terus bersatu bergandengan tangan, berkarya demi tanah poso yang lebih baik, yang lebih maju dan mideren agar dapat sejajar dengan daerah lainnta di indonesia dan mengajak kepada seluruh masyarakar poso agar lebih meningkatkan kinerja sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing berkreasi dan berinovasi menciptakan karya dan prestasi untuk dipersembahkan bagi daerah tercinta yang tengah berbenah menapak hari esok yang cemerlang.
Kegiatan ini berjalan dengan meriah dan sukses, meskipun ditengah guyuran hujan yang deras, antusias masyarakat, peserta devile dan para penari masal tetap semangat. Dalam kegiatan ini ditampilkan juga beberapa lomba diantaranya lomba solo dan penobatan putra-putri ongga bale tahun 2017. //ca’/pul