Rab10182017

Last update12:46:39 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA Pilihan Wisata Wisata Budaya FESTIVAL BUDAYA DAERAH POSO KE V RESMI DIBUKA

FESTIVAL BUDAYA DAERAH POSO KE V RESMI DIBUKA

Wakil Bupati Poso Ir T. Syamsuri, MSi membuka Festival Budaya Daerah Poso yang ke-5 di Lokasi Wisata Danau PosoTentena Kecamatan Puselemba Kabupaten Poso Jumat, 21/10/11.Festival Tahunan Tingkat Kabupaten Poso yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Poso ini diikuti 19 Kecamatan dengan memperlombakan berbagai budaya dan kesenian lokal poso.

Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang, MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan wabup T. Syamsuri menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen budaya dan kesenian dari seluruh  kecamatan yang ada di poso.
Menurut bupati pelaksanaan Festival ini merupakan pelestarian budaya sekaligus menjadi wahana hiburan bahkan dapat menjadi alat pemersatu dalam menjalin keakraban dan rasa persaudaraan dari berbagai elemen masyarakat yang tercermin dalam berbagai lomba budaya yang dipertandingkan.
“Disamping itu diharapkan dari ajang ini dapat menarik minat pengunjung wisata dari luar poso, sehingga kedepan perayaan festival ini bisa dirangkaikan dengan budaya padungku yang tentu lebih banyak menyita perhatian pengunjung untuk datang ke Tentena Poso ini,” ujar wabup menambahkan sambutan tertulis bupati poso.
Sementara itu Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Poso Amir Kiat, SH dalam sambutannya yang penuh semangat mengatakan bahwa pelaksanaan Festival Budaya Poso  mencoba mengangkat kembali budaya leluhur lokal poso yang sudah mulai pudar akibat pergeseran zaman dan kemajuan teknologi informasi.
“Sehingga diharapkan melalui ajang FBD menjadi momen kebangkitan kembali budaya poso sebagai tuan rumah dinegerinya sendiri. Disamping itu FBD yang memilih tempat pelaksanaan di tepian Danau Poso Tentena meupakan kota kecil sebagai kota kultur budaya, kota wisata dan kota pendidikan juga akan dilaksanakan Festival yang lebih besar yakni Festival Danau Poso pada tanggal 28 Oktober mendatang.” Ujar mantan Anggota Perhimpunan Wisata Indonesia ini.
Kadis juga menambahkan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah tahun ini menjadi daerah tujuan wisata yang ke-22 dengan landmark Danau Poso yang terletak di Tentena Poso. Sehingga hal tersebut lebih memacu pemerintah daerah kabupaten poso khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk lebih aktif mempromosikan  dan mengelola serta menata obyek-obyek wisata dan budaya poso lainnya yang begitu banyak tersebar di negeri sintuwu maroso.
Hal senada juga di katakan Kabag Humas Poso Darmanto WD, S. Sos bahwa Festival Budaya Daerah Poso yang ke-5 merupakan ajang pelestarian budaya poso melalui berbagai lomba seni dan budaya lokal poso yang diselenggarakan dari tanggal 21 Oktober s/d 24 oktober 2011.
Disamping itu Kabag Humas selaku Jubir Pemda Poso menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi langsung maupun tidak langsung dalam ajang tersebut.
 “ Melalui kesempatan ini atas nama pemerintah daerah kabupaten poso kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder dalam penyelenggaraan kegiatan ini terutama kepada pihak panitia, keamanan TNI/Polri serta masyarakat setempat yang mendukung suksesnya acara ini,” ucap mantan Camat Pamona Selatan ini kepada pers.
Acara pembukaan FBD tersebut semarak dengan berbagai atraksi Tari Kolosal, Moende serta pengumuman pemenang Defille kontingen yang direbut Kecamatan Puselemba sebagai juara satu, Kecamatan Pamona Selatan dan Tenggara ditempat kedua serta Lore Barat diurutan ketiga.
Selain Masyarakat hadir dalam pembukaan festival tersebut forum kordinasi pimpinan daerah Kabupaten Poso, Anggota DPD RI utusan Sulawesi Tengah DR Silviana Pandegiro, MTh, Sekab Poso Drs, Amdjad Lawasa, MM,Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE, MM, Para pejabat pemda poso lainnya, para Anggota DPRD Poso, seluruh camat sekabupaten poso, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta seluruh kontingen.