Sel08222017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA Pilihan Wisata Wisata Alam Poso Telah Bersiap Diri Sambut Gerhana Matahari Total

Poso Telah Bersiap Diri Sambut Gerhana Matahari Total

Sebagai salah satu titik wilayah yang dilantasi Gerhana Matahari Total (GMT), Pemerintah Kabupaten Poso sudah mempersiapkan diri untuk menyambut peristiwa fenomena alam ini. Salah satunya dengan memusatkan pusat observasi pemantuan di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara serta persiapan penyambutan lainnya.


Desa Kalora Poso Pesisir Utara dipilih setelah melalui proses penilitian dari beberpa peniliti dari Institut Tekhnologi Bandung. Desa ini menjadi titik koordinat dimana gerhana matahari total akan terlihat selama hampir 3 Menit. Sebagai fenomena alam yang terjadi setelah 350 tahun lalu ini sangat dinantikan oleh warga lokal maupun dari luar.

 Pihak pemerintah melalui Dinas Pariswisata Poso pun telah melakukan sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat yang tinggal di sekitar titik pusat lokasi tentang peristiwa ini. Warga di Poso pun sangat antusias menantikan fenomena alam yang akan terjadi pada 9 maret nanti.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Poso, Putera Botilangi dirinya sudah menyurati semua pihak pengelola hotel dan penginapan untuk bersiap menyambut tamu dari luar Poso yang datang.

“Para wisatawan asing kini sudah berdatangan. Mereka rata-rata sudah berada di Kepulauan Togean. Nanti sehari sebelum gerhana terjadi mereka akan ke Poso” jelas Putera saat meninjau (25/02/16) pusat lokasi pemantuan gerhana matahari total di desa Kalora. Dirinya juga mengaku ada 100 rumah warga di desa Kalora yang layak dan disediakan untuk dijadikan homestay bagi para tamu yang datang.

 Sementara itu pihak penyelengara akan membagikan ribuan kacamata khusus untuk melihat secara langsung proses terjadi GMT.Untuk menyambut gerhana matahari total, di Desa kalora diadakan acara Festival Adat Kawaniy yang berarti menyambut kegelapan. 

Selain Poso beberapa wilayah di Sulawesi Tengah juga akan dilintasi gerhana, namun poso sendiri sebagai wilayah yang yang mempunyai durasi yang terlama bersama luwuk, yaitu 2 menit 40 detik.