Sel12122017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA Pilihan Wisata Wisata Alam Pemda Poso Siap Sambut Wisatawan Saat Gerhana Matahari Total

Pemda Poso Siap Sambut Wisatawan Saat Gerhana Matahari Total

alt
Sebagai salah satu kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT). Pemerintah Daerah Kabupaten  Poso melalui Kepala Dinas Pariwisata, Putra Botilangi menjelaskan jika fenomena alam ini akan menjadi pemandangan yang sangat langka dan diharapkan mampu menyedot kunjungan wisatawan di Poso baik lokal atau mancanegara.

Berdasarkan hasil penelitian BMKG ,Tolal Solar Eclipse atau GMT yang diperkirakan akan terjadi pada 9 maret 2016 dan melewati Poso selama 2 menit 40 detik.

“Kami akan segera mempersiapkan diri atas wisatawan yang akan datang menyaksikan gerhana matahari total. Pihak Pemerintah Sulawesi Tengah melalui Dinas Pariwisata Provinsi pada Selasa (3/11) telah melakukan rapat koordinasi dengan Pemda Kabupaten yang akan dilalui, salah satunya Poso” jelas Kepala Dinas Pariwisata, Putra Botilangi.

Khusus untuk Kabupaten Poso, dengan sisa waktu 4 bulanan lebih, pihak Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata Poso telah menyiapkan seluruh persiapan menyambut GMT dengan melokasikan dan menyiapkan hotel serta titik pemantauan untuk mengamati langsung GMT di wilayah Bada Kecamatan Lore Selatan dan sekitaran Danau Poso ,Tentena Kecamatan Pamona Puselemba.

Wilayah Tentena dipilih karena memiliki danau poso serta pesona wisata alam lainnya. Pun wilayah Bada dan Lore memiliki hamparan padang rumput yang sangat luas yang terletak di dataran ketinggian diantara lembah pegunungan nan asri. Selain itu di wilayah Lore juga tempat tersebar ratusan patung batu peninggalan zaman megalitikum serta keunikan sumberdaya alam hayatinya. Kedua wilayah di poso ini diharapkan bisa menjadi nilai tambah wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena alam gerhana matahari total.

Tolal Solar Eclipse atau GMT diperkirakan akan bisa diamati di Indonesia pada 9 maret 2016 mendatang, yang hanya akan melewati wilayah Palembang (dengan lama 1 menit 52 detik), Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palngkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).