Kam06292017

Last update06:27:24 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home WISATA

Artist

Penutupan Pesona Budaya Dan Pariwisata Dan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Penutupan Pesona Budaya Dan Pariwisata Dan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2017 yang dilaksanakan di kabupaten poso berlangsung dengan hikmat, tertib dan aman, dalam kegiatan tersebut ditampilkan atraksi parade budaya daerah dari kabupaten buol dan atraksi parade lagu daerah yang dikolaborasikan dengan tari dan musik tradisional dari kabupaten poso dan juga dimeriahkan oleh artis ibu kota beby zu, ayi aidol junior dan isak malewa, bertempat di lapangan sintuwu maroso poso, jumat malam 12/05/17, kegiatan pesona budaya dan pariwisata dan pekan olah raga pelajar daerah ke-XVI tingkat provinsi sulawesi tengah dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Wadan Kolaops Tinombala Kol. Inf. Lubis, dan Satgaspur TNI tinombala Kol. Inf. Purba, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, kepala dinas pariwisata provinsi sulawesi tengah H. Ardiansyah, S.Pd, M.Si, para pimpinan OPD kabupaten/kota terkait se sulawesi tengah, instansi vertikal, BUMN/BUMD, pemerhati seni budaya dan olah raga, tokoh adat, tokoh pemuda, organisasi perempuan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para peserta kontingen kabupaten/kota se sulawesi tengah bahkan seluruh warga masyarakat kabupaten poso dengan antusiasnya menyaksikan penutupan kegiatan tersebut.

Sementara Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu secara langsung membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan pemerintah provinsi sulawesi tengah sangat bangga akan kesuksesan penyelenggaraan ajang seni budaya dan POPDA yang dilaksanakan di bumi sintuwu maroso kota poso yang telah memberikan kesan dan prestasi yang membanggakan, hal ini sejalan dengan tema yaitu pesona budaya merajut kebersamaan membangun pariwisata berdaya saing agar sulawesi tengah lebih maju, mandiri dan mampu berdaya saing disemua bidang termasuk seni budaya dan bidang olah raga. Darmin Agustinus Sigilipu juga mengatakan dengan berakhirnya pesona budaya dan pariwisata serta POPDA telah memberikan ruang bagi masyarakat untuk terus berkarya , berpartisipasi dalam menuangkan kreativitasnya,memberikan yang terbaik pada pesona budaya dan pariwisata juga diajang POPDA sudah tentu diberikan penghargaan dan kiranya dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bagi yang belum meraih terbaik atau juara itu bukan suatu kegagalan akan tetapi sebagai motivasi untuk lebih giat lagi berlatih sebab kekecewaan itu hanya membuat kemunduran semangat kalian untuk berkarya, jadikan kegagalan itu sebagai sumber semangat agar mau berbuat, memperbaiki kesalahan karena kuncinya adalah belajar dan berlatih.


Penyerahan piagam penghargaan berupa plakat dan bonus dari pemerintah provinsi sulawesi tengah dalam hal ini dinas pariwisata provinsi sulawesi tengah diserahkan langsung oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu , Wakil.Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, wadan kolaops tinombala kol. inf. Lubis, dansatgaspur TNI tinombala kol. inf. Purba, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso dan kepala dinas pariwisata provinsi sulawesi tengah H. Ardiansyah, S.Pd. M.Si kepada kabupaten/kota yang telah turut berperan pada suksesnya kegiatan pesona budaya dan pariwisata ke-XVI tingkat provinsi sulawesi tengah tahun 2017 dan penyerahan piala bergilir gubernur sulawesi tengah yang diserahkan langsung bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu kepada kontingen kota palu sebagai juara umum POPDA ke-XVI tingkat provinsi sulawesi tengah tahun 2017, dan penyerahan piagam penghargaan dan bonus kepada pemenang film pendek dari beberapa komunitas, sekolah dan universitas yang ada di kabupaten poso yang disponsori oleh rumah katu juara 3 diraih oleh pamona present dari tentena, juara 2 diraih oleh multi media inside dari poso pesisir dan juara 1 diraih oleh poltekes production dari poso kota. kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bendera pataka oleh gubernur sulawesi tengah yang diwakili bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu kepada kabupaten toli-toli sebagai tuan rumah pelaksanaan pekan olah raga pelajar daerah ke-XVII tingkat provinsi sulawesi tengah tahun 2018. //ca’/pulaltaltalt

PEMBUKAAN PESONA BUDAYA DAN PARIWISATA DAERAH DAN PEKAN OLAH RAGA PELAJAR DAERAH (POPDA) KE XVI SE-SULAWESI TENGAH TAHUN 2017

Pembukaan pesona budaya dan pariwisata daerah dan pekan olah raga pelajar daerah (POPDA) ke XVI se sulawesi tengah tahun 2017 dibuka secara langsung Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Moh. Arif Latjuba ditandai dengan pemukulan gong oleh Kementerian Pariwisata RI Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata, Dadang Rizki Ratman yang dilaksanakan di kabupaten poso berlangsung dengan lancar, aman, tertib dan meriah bertempat di lapangan sintuwu maroso, pada Rabu (10/05/27).

altaltaltaltalt


Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di kabupaten poso yang telah menginjakan kaki di bumi sintuwu maroso untuk melihat keindahan panorama alam dengan berbagai destinasi wisatanya yang sudah terkenal di dunia seperti danau poso yang eksotik, padang marari yang indah, wilayah dataran lore yang dikenal dengan seribu patung megalit, taman anggrek bancea dengan anggrek hitamnya, pantai pasir siuri, air terjun saluopa yang bertingkat-tingkat, wisata laut dan pemancingan lalanga dan masih banyak lagi yang lainnya apalagi ditambah dengan keramahan orang-orang poso yang sudah dikenal dengan zaman peradaban warisan budaya masa lalu yang selalu menganggap tamu adalah raja yang harus dihormati dan dilayani dengan baik, penuh keramahan dan sopan santun.


Bupati Poso juga mengatakan bahwa kegiatan kali ini juga dirangkaikan bersamaan dengan pekan olah raga pelajar daerah (POPDA) se-sulawesi tengah dimana merupakan salah satu pilar pembinaan olah raga yang akan melahirkan atlit-atlit berbakat dan berprestasi ditingkat daerah maupun nasional.


Diakhir sambutannya Bupati Poso menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh partisipan dan pemerintah daerah provinsi sulawesi tengah yang memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kabupaten poso untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan dua kegiatan se-sulawesi tengah sekaligus.

Bupati Poso Melepas Pawai Karnaval Budaya Dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Ke-XVI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu secara resmi melepas puluhan kendaraan hias pada pawai dan karnaval budaya dan pariwisata sebagai rangkaian kegiatan Pesona Budaya dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah XVI tahun 2017 di Poso yang dirangkaikan dengan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-16  dilapangan Sintuwu Maroso Poso, Pada Selasa, ( 09/05/17).

Dalam Sambutannya Bupati menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum dan kesempatan bagi semua peserta untuk berpartisipasi memeriahkan dan mengikuti event dalam rangkaian promosi budaya dan pariwisata daerah dan POPDA ke-16 di Poso, selaku tuan rumah Bupati Poso memberikan apresiasi yang tinggi kepada para utusan kabupaten/kota, OPD, kelompok etnis, pelajar, para seniman, budayawan yang telah berkarya dengan maksimal untuk ikut serta memeriahkan dua rangkaian kegiatan ini.

Menurut Bupati Poso, keberhasilan suatu daerah dalam membangun pariwisata bukan hanya tugas pemerintah tetapi menjadi tugas dan peran dari semua pihak, sehingga dapat membuka ruang dan memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk berkarya dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat disektor pariwisata.

Menurutnya dengan moto “Sintuwu Maroso” yang dipadu dengan tema “Budaya Merajut Kebersamaan Membangun Pariwisata Berdaya Saing”, tidak akan dapat dilepas atau dipisahkan oleh siapapun demi kemajuan daerah yang kita cintai ini.

Sementara itu Kepala Dinas pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, H. Ardiansyah, .S.Pd, M.Si, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pawai Karnaval Budaya ini merupakan rangkaian materi dari Acara Pesona Budaya dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah ke-16.

Rencananya acara pekan budaya dan pariwisata ini di buka secara resmi pada Rabu pagi (10/5/17). Seluruh kegiatan dan olahraga dipusatkan di alun-alun Sintuwu Maroso Poso.

Pelepasan pawai karnaval budaya dan pariwisata dihadiri Pangdam XIII Merdeka Mayjen. TNI Ganip Warsito, Dansatgas Operasi Tinombala, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, ketua-ketua kontingen dan peserta pawai karnaval budaya dan pariwisata serta undangan lainnya.

.//ca’/pul

altaltaltalt

Peresmikan Obyek Wisata Bahari - Rumah Pemancingan Lalanga 1

  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama rombongan menggunakan kapal motor nelayan 2016-73 menuju lalanga 1 dalam rangka meresmikan obyek wisata bahari - rumah pemancingan lalanga 1 di desa tumora kecamatan poso pesisir utara kabupaten poso ditandai dengan penandatanganan prasasti pada hari sabtu 8/4/13, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Wakil Ketua DPRD kabupaten poso Suharto Kandar bersama anggota, komandan tempur khusus marinir M. Ali Wardana, Dansub Den Pom 1322 Poso I Gusti Nyoman Darmayasa, para pejabat dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso, unsur Tripika kecamatan poso pesisir utara serta warga masyarakat desa tumora. Wisata bahari ini berada di tengah laut dikelilingi oleh bebatuan karang sepanjang mata memandang yang merupakan salah satu spot mancing andalan yang berada di kabupaten poso dan secara geografis dan administratif wisata bahari ini berada di desa tumora kecamatan poso pesisir utara kabupaten poso.Rumah Pemancingan Lalanga1 ini dibangun dengan tujuan untuk memanjakan para pemancing-pemancing local maupun wisatawan para pemancing dari luar,sebagai tempat peristirahatan sekaligus tempat menikmati pemandangan bahari Lalanga 1 yang begitu indah.//ca’/pul

altaltaltalt

1 Abad Usia Desa Dulumai

  Masyarakat desa Dulumai merayakan Perayaan hari ulang tahun Desa Dulumai yang ke-100 tahun dengan sederhana namun hikmat bertempat di desa Dulumai , Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso Sabtu,14 januari 2017 yang di hadiri oleh Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu dan wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Kapolres Poso, para pimpinan SKPD, tokoh agama,tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

 Momentum hut ke-100 desa dulumai bagi kita semua tentunya menjadi refleksi kembali tentang sejarah perjuangan para pendahulu, nenek moyang dan leluhur kita yang telah mendirikan dan melestarikan perkampungan dulumai satu abad yang lampau sehingga masih dapat berdiri kokoh sampai sekarang ini.Perjalanan panjang sejarah yang telah dilalui pemerintah dan warga masyarakat desa dulumai menjadi catatan sendiri untuk dikisahkan kepada orang-orang luar, bahwa desa dulumai yang asri dan indah dengan dilatari panorama pesisir danau poso yang menakjubkan, menjadi daya tarik bagi siapa saja yang ingin mengunjungi desa dulumai untuk dijadikan salah satu tempat destinasi wisata di kabupaten poso. Untuk itu pemerintah daerah mengajak kepada warga masyarakat desa dulumai bersama seluruh stakeholder yang ada di desa ini untuk secara bersama-sama tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup sekitar danau poso agar ekosistem dan keindahan alam desa dulumai tetap terpelihara dengan baik. Pemerintah daerah terus berupaya mendorong peningkatan pendapatan masyarakat desa dulumai melalui sektor pariwisata sehingga masyarakat desa dulumai lebih sejahtera.

  Dalam sambutannya Bupati Poso menghimbau kepada masyarakat bersama pemerintah desa dulumai harus bersinergi dengan pemerintah daerah didalam mendukung berbagai program pembangunan dan kebijakan lainnya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang dimulai dari desa ke desa agar memberi kontribusi untuk mendongkrak pendapatan asli daerah kabupaten poso.

   Melalui perayaan hari ulang tahun desa dulumai ini, Bupati Poso mengajak kepada seluruh masyarakat desa dulumai pada khususnya serta masyarakat kecamatan pamona puselemba pada umumnya untuk terus memberikan kontribusi yang berharga bagi pemerintah daerah dengan terus mendukung kegiatan penyelenggaran pemerintahan, pembangunan dan kegiatan sosial kemasyarakatan, sehingga apa yang kita cita-citakan melalui program-program yang telah ditetapkan, dapat kita wujudkan bersama dalam waktu yang tidak begitu lama. Sehingga kabupaten poso cerdas dapat dinikmati seluruh masyarakat Kabupaten Poso./ca'/Pul

altaltalt

Penutupan Festival Pesona Danau Tektonik Poso ke-19 Meriah

altaltalt

Tentena_Selama empat hari panggung Festival Pesona Danau Tektonik Poso atau FDP ke-19 menampilkan berbagai atraksi sajian festival dengan kemasan menarik. Mulai dari pertunjukkan atraksi budaya, kesenian dan pertandingan olah raga disekitar Danau Poso dan telah menyita banyak pengunjung dari berbagai daerah.


Bahkan Penutupan Festival Pesona Danau Tektonik Poso yang berlangsung Sabtu Malam (5/11/16) di Lokasi FDP tepian Danau Poso Tentena oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang diperkirakan dihadiri tidak kurang dari 10 ribuan penonton memadati area festival sejak siang hari.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menutup kegiatan tersebut memuji dan mengapresiasi seluruh kerja panitia serta masyarakat dan stakeholder lainnya yang turut berpartisipasi mensukseskan penyelenggaraan festival yang paling meriah sepanjang pelaksanaan fdp di Poso. Bupati juga mengungkapkan sukses pelaksanaan fdp memberikan gambaran bahwa Daerah Poso memiliki potensi budaya dan kesenian serta destinasi obyek wisata yang indah dan mengagumkan bisa dekemas sebagi paket wisata menarik untuk dipasarkan di dunia Internasional.

Kemeriahan penutupan festival juga ditandai dengan pesta kembang api, pelepasan lampion, serta hiburan artis ibu kota. Turut hadir dalam penutupan festival tersebut Wakil Bupati Poso Ir, Samsuri, M.Si bersama ibu,  Ketua DPRD Poso Ellen Ester Pelealu, SE, rekan FKPD Poso, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan wanita serta beberapa tamu dari Jakarta, Palu dan Kabupaten tetangga lainnya

FDP XIV Dibuka Secara Resmi ; Diharapkan Jadi Momentum Kebersamaan Warga Poso

Ribuan masyarakat dari berbagai pelosok Kabupaten Poso membanjiri arena pembukaan Festival Danau Poso (FDP) XIX di Kota Tentena, Tepian Danau Poso, Sulawesi Tengah, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi pada hari Selasa (2/11/16).


Pembukaan FDP XIX ini sempat tertunda hampir satu jam karena hujan deras mengguyur kota wisata tersebut, namun masyarakat yang datang dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Poso tetap antusias menanti dan mengikuti seluruh rangkaian acara pembukaan yang berlangsung sampai malam hari.


Masyarakat yang datang dihibur oleh penampilan sejumlah artis dan grup band dari ibukota seperti Mita Talahatu dan NTT Voice. Rencananya pada malam penutupan Once Mekel, Iis Dahlia, Evi Masamba, Mitha Talahatu, glenn Fresly serta artis lokal akan menghibur warga pada Sabtu (5/11/16) malam nanti.


Sejumlah Pejabat dan tokoh hadir dalam acara pembukaan FDP XIX antara lain Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti dan istri serta Ahmad Kalla, adik kandung Wapres Jusuf Kalla, Danrem 132/Tadulako Kol Inf. Muh Saleh Mustafa, Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudi Sufahriadi serta Bupati Poso Darmin A. Sigilipu. 


Gubernur Sulteng dalam sambutannya mengapresiasi FDP dengan mengatakan bahwa FDP XIX ini akan membantu mengambangkan potensi seni dan budaya serta kekayaan pariwisata Poso.Acara pembukaan tersebut kemudian diomeriahkan dengan pesta kembang api dan pelepasan ribuan lampu lampion dan dan acara dero bersama, sebuah tari massal lambang persahabatan dan persaudaraan masyarakat Poso.


Selama FDP, akan digelar berbagai lomba permainan tradisional, penampilan seni dan budaya dari berbagai kecamatan, lari marathon, pameran dan promosi produk serta potensi wisata daerah serta pemilihan putra-putri wisata Poso.

PNS Poso Diminta Sukseskan FDP XIX

Kegiatan Festival Pesona Danau Tektonik Poso atau Festival Danau Poso (FDP) yang ke-19 yang dibuka pada hari Rabu (2/11/16) nanti, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan citra Poso sebagai Kota Cerdas dapat lebih meningkat. Rencananya kegiatan festival kali ini akan dihadiri beberapa menteri Kabinet Jokowi. Hal tersebut diungkapkan Wabup Poso  saat Apel bersama di Lingkup Pemda Poso Senin, (31/10/16).Karenanya, wabup meminta kepada pns dan seluruh masyarakat untuk menyambut hajatan bertaraf nasional ini dengan membersihkan lingkungan masing-masing serta memasang umbul-umbul dalam rangka menyemarakkan FDP tahun ini.

Dalam apel tersebut wabup juga mengingatkan para PNS tidak melupakan tugas rutin seperti persiapan penyusunan RKA Tahun 2017 (Rencana Kegiatan Anggaran) dengan memasukan visi misi yang sesuai RPJMD dengan program-program unggulan dan prioritas strtegik. di bidang pariwisata, ekonomi kreatif, perhubungan dan lain-lain.Wabup optimis penyusunan RKA2017 dapat disusun secepatnya sesuai dengan jadwal waktu yang ditentulkan karena Pemda Poso memiliki para sarjana di bagian program penyusan anggaran dan kegiatan di masing-masing SKPD." Penyusuna RKA 2017 saya yakin dapat tepat waktu meskipun kita disibukkan kegiatan fdp selama sepekan, karena kita memiliki para sarjana yang mampu menyusun program dan kegiatan di lingkup skpd masing-masing". Kata Wabup. Lanjutnya, penyusunan RKA 2017 nantinya harus berpedoman pada aturan hukum yang berlaku dan tidak bias dari apa yang telah ditetapkaan dalam RPJMD.


Sementara, menurut Kepala Bagian Humas Pemkab Poso, Leonard Nelloh, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi dipastikan menghadiri acara Festival Danau Poso (FDP) XIX yang akan dilaksanakan di Kota Tentena, Tepian Danau Poso, Sulawesi Tengah, pada 2-5 November 2016."Menpora dipastikan akan hadir di acara FDP untuk melepas peserta lari marathon yang akan dilaksanakan pada 4 Oktober, dan juga membuka secara simbolis semua kegiatan yang menyangkut olahraga di arena FDP, meski sebagian sudah selesai digelar," ujarnya.

Menurut Leo, kegiatan olahraga selama FDP merupakan olahraga tradisional masyarakat Poso seperti lomba lari menggunakan sepatu dari tempurung kelapa, dan lomba lari menggunakan pakende, alat pengangkut barang yang terbuat dari kayu dan dihela oleh sapi). 
FDP XIX dijadwalkan dibuka Gubernur Sulteng Longki Djanggola pada Rabu (2/11) pukul 15.00 Wita di arena FDP Kota Tentena, yang didahului dengan parade peserta.
FDP kali ini akan menjadi yang terbesar sepanjang pelaksanaan FDP selama ini yang diharapkan akan memperkenalkan Poso yang indah, aman dan tenteram untuk dikunjungi para pelancong guna menikmati obyek-obyek wisata serta pengusaha untuk menanam modal.

Pesan Damai Warga Poso Dari Rumah Katu

Satu lagi kreasi anak muda Poso yang menggelar Festival Rumah Katu di Obyek Wisata Alternatif Rumah Katu Kelrauahan Madale Poso, pada Jumat (19/8/16) yang di hadiri bahkan dibuka langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu sekaligus meresmikan Diving Club Poso. 

Berbagai kegiatan anak muda Poso digelar dalam Festival Rumah Katu Poso tersebut antara lain pagelaran musik, dance, standup comedy, rekreasi pantai, diving, snockling, pameran fotografi dan lain-lain.menarikanya semua pertunjukan yang disuguhkan adalah partisipasi dari seniman-seniman yang datang dari Palu dan daerah lain. 

Bupati Poso Darmin Agustinus dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kreativitas anak-anak muda Poso. "Saya sangat merespon dan mengapresiasi kreativitas anak muda Poso yang mau berbuat positif untuk kemajuan daerah ini" Ungkap bupati dalam sambutannya.Bupati juga mengajak seluruh satakeholder daerah ini untuk berkreasi dan berinovasi di berbagai bidang sehingga Kabupaten Poso yang Cerdas cepat terwujud. "Seperti yang ditunjukkan para pemuda Poso di Festival Rumah Katu ini adalah hal positif yang mendorong peningkatan arus kunjungan wisata di Kabupaten Poso." Terangnya.

Ketua Panitia, Andi Lamoa dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakannya Festival Rumah Katu di Poso sebagai ajang untuk menunjukkan kepada dunia luar bahwa Poso layak untuk didatangi bagi semua orang.Kegiatan partisipasi di rumah katu ini berlansung 2 hari.