Kam02222018

Last update12:37:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home

Rapat Koordinasi Perencanaan Pemberdayaan Koperasi Dan UMKM Se-Provinsi Sulawesi Tengah

  • PDF
alt
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 3
  • Selanjutnya

Rapat koordinasi perencanaan pemberdayaan koperasi serta pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-provinsi sulawesi tengah tahun 2018 di kabupaten poso dibuka secara resmi oleh asisten administrasi ekonomi, pembangunan dan kesra provinsi sulawesi tengah Dr. Ir. Bunga Elim Somba., M.Sc bertempat di gedung wanita poso, kamis (08/02/17).

Kegiatan Rakor tersebut dihadiri oleh kasubag rencana dan program bidang ekonomi dan industri kementerian koperasi dan UKM RI M. Irsan Ali,.SE., M.Ap dan kasubag pemantauan program kementerian koperasi dan UKM RI Fitara Anandita Tito dengan prosesi penjemputan tari motaro dan pemasangan siga serta tali bonto didampingi wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si, asisten administrasi ekonomi, pembangunan dan kesra provinsi sulawesi tengah Dr. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc, kepala dinas koperasi UMKM provinsi sulawesi tengah Drs. Asmawir. Hi. Suti, MM, sekretaris dinas koperasi UMKM provinsi sulawesi tengah Drs. Imran dan kepala dinas koperasi UMKM kabupaten poso Rama Tandawuya, dan juga dilakukan penyerahan cendera mata dari pemerintah daerah kabupaten poso oleh wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si kepada kasubag rencana dan program bidang ekonomi dan industri kementerian koperasi dan UKM RI M. Irsan Ali, SE., M. Ap dan kasubag pemantauan program kementerian koperasi dan UKM RI Fitara Anandita Fito serta asisten perekonomian, pembangunan dan kesra provinsi sulawesi tengah Dr. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc disaksikan seluruh kepala OPD kabupaten poso, para kepala dinas yang membidangi koperasi dan UMKM se-sulawesi tengah serta peserta Rakor dan undangan lainnya.

Kepala dinas koperasi dan UMKM provinsi sulawesi tengah Drs. Asmawir. Hi. Suti, MM selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, adapun maksud dan tujuan kegiatan rakor ini dilaksanakan adalah sebagai sarana berbagai informasi dalam pengusulan dan penyusunan program kegiatan di tahun depan sehingga terwujudnya sinergitas dan sinkronisasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota melalui pengelolaan pembangunan berbasis potensi kewilayahan dalam rangka menciptakan koperasi dan UMKM yang berdaya saing. Drs. Asmawir. Hi. Suti, MM juga katakan, jumlah peserta 77 orang terdiri dari kepala dinas, sekretaris, kepala bidang yang membidangi koperasi dan UMKM serta kepala sub bagian perencanaan program dinas koperasi dan UMKM se-provinsi sulawesi tengah.

Sementara Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutan tertulis Bupati Poso menyampaikan, melalui rakorda yang dilaksanakan pada saat ini menjadi salah satu upaya dan solusi didalam mengantisipasi serta menghadapi tantangan global persaingan-persaingan bidang ekonomi khususnya masyarakat sulawesi tengah yang saat ini banyak dilirik investor dari dalam negeri maupun luar negeri, oleh karena itu rakorda yang dilaksanakan tingkat provinsi sulawesi tengah ini berusaha membangun komitmen dan kerjasama seluruh dinas yang membidangi koperasi, perdagangan dan perindustrian serta UMKM yang ada di wilayah sulawesi tengah, sehingga ada sinkronisasi pembinaan serta regulasi yang menjadi pedoman bersama seluruh stakeholder dibidang koperasi dan UMKM didalam mengambil langkah dan sikap yang menguntungkan dan memajukan daerah masing-masing. Ir. Samsuri, M.Si diakhir sambutannya mengharapkan, agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses sesuai yang diharapkan bersama sehingga kedepan daerah sulawesi tengah dapat menjadi kiblat dan pilot project bidang-bidang usaha ekonomi dan koperasi yang mensejahterakan seluruh masyarakat, dan ucapan terimah kasih beliau juga sampaikan kepada pihak pemerintah daerah provinsi sulawesi tengah yang selalu memberikan peluang dan kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan berskala regional maupun nasional bahkan internasional sebagai salah satu upaya mengenalkan kabupaten poso daerah yang cerdas (ceria, elok, ramah, damai, adil dan sejahtera.

Ditempat yang sama gubernur sulawesi tengah dalam sambutan tertulis yang dibacakan asisten administrasi ekonomi, pembangunan dan kesra Dr. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc menyampaikan, melihat jumlah koperasi di sultemg hingga tahun 2017 sebesar 2.350 unit, koperasi yang aktif mencapai 1.416 unit, untuk keperasi yang berkualitas sebanyak 7 unit sedangkan jumlah UMKM sebesar 708.719 unit dan telah menyerap tenaga kerja sebanyak 40.866 orang dengan jumlah tersebut dinas koperasi dan UMKM diharapkan menjadi salah satu bidang yang potensial untuk dapat menyerap tenaga kerja, namun demikian masih terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian kita mulai dari banyaknya koperasi dan UMKM yang tidak berkembang bahkan tidak aktif atau mati, dengan kondisi seperti ini yang masih memiliki keterbatasan dengan berbagai permasalahan baik pada kelembagaan usaha maupun permodalan, hal ini telah membatasi ruang gerak. Dr. Ir. Bunga Elim Bomba, M.Sc mengatakan hal ini terletak pada keterbatasan SDM dalam mengelolah koperasi dan UMKM, kurang mantapnya pelaksanaan manajemen, terbatasnya akses informasi, terbatasnya penerapan teknologi dan sempitnya lingkup dasar, oleh karena itu hendaknya diantisipasi dengan program pengembangan SDM melalui berbagai kegiatan diklat, bintek maupun koordinasi.

Diakhir sambutan tertulis gubernur sulawesi tengah beliau mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan oleh kementerian koperasi dan UKM RI karena telah memberikan dana alokasi khusus (DAK) non fisik kepada provinsi sulawesi tengah, dana ini diperuntukan untuk membangun SDM melalui pelatihan ketrrampilan dan bimbingan teknis serta penghargaa 5 terbaik dalam pengelolaan DAK tahun 2017, bantuan yang diberikan diharapkan benar-benar menjadi motor penggerak ekonomi di sulteng khusunya kabupaten/kota untuk dapat membangun dan menggali potensi-potensi yang ada untuk pengembangan koperasi dan UMKM.

Disela waktu istirahat wakil bupati poso, kasubag rencana dan program bidang ekonomi dan perindustrian, kasubag pemantauan program kementerian koperasi dan UKM RI, asisten administrasi, pembangunan dan kesra provinsi sulawesi tengah, kepala dinas koperasi dan UMKM provinsi sulawesi tengah, kepala dinas koperasi dan UMKM kabupaten poso, para OPD, peserta Rakor dan undangan lainnya menyaksikan tarian kreasi dari sanggar seni silondaya, dan dilanjutkan dengan peninjauan pameran UKM kabupaten poso salah satunya hasil produksi kopi poso, teh, kain motif poso, kripik pisang, asesoris terbuat dari kayu hitam eboni dan produksi olahan lainya. //ca’/pul