Sen12112017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PERTANIAN PETERNAKAN PERKEBUNAN KETAHANAN PANGAN Pertanian Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan dan Lomba Cipta Menu Kabupaten Poso

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan dan Lomba Cipta Menu Kabupaten Poso

  • PDF
alt

.

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka kegiatan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan dan Lomba Cipta Menu Kabupaten Poso, Rabu (15-11-2017). Dengan mengusung Tema Menggerakan Kader Pangan Dalam Menyukseskan Gerakan Masyarakat Sehari Sekali Tanpa Nasi Sehat (GEMAS SETANASE) Berbasis Pangan Lokal Menuju Poso Cerdas. Hadir dalam acara ini, FKPD Kabupaten Poso, Wakapolres Poso, Rektor Unsimar, Danramil Poso Kota, Kapolsek Poso Kota, Kepala-Kepala OPD (Kepala Bappeda, Kepala Badan Keuangan dan Aset, Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan KB), Kepala Kantor Statistik Kabupaten Poso, Camat dari 19 Kecamatan, Peserta Lomba Cipta Menu dan tamu undangan lainnya.


Laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Ambrosius Tokare, M.Si. menjadi tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyiapkan Pangan Sehat bagi masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan pada saat ini, mencakup Sidang Dewan Ketahanan Pangan dan Lomba Cipta. Menu beragam bergizi berimbang dan aman,
Permasalahan pangan tidak hanya karena keterbatasan sumber pangan, sehingga penanganannya membutuhkan koordinasi berbagai pihak termasuk penerapan kebijakan pembangunan di Kabupaten Poso. Mencukupi kebutuhan pangan masyarakat yang berbasis sumber daya lokal merupakan tujuan utama dari Dewan Ketahanan Pangan dan mensejahterakan petani sebagai pelaku ketahanan pangan.
Akses masyarakat terhadap pangan relatif tidak merata karena masih ada masyarakat yang menkonsumsi raskin, konsumsi masyarakat Kabupaten Poso belum termasuk dalam kategori beragam, Bergizi dan Berimbang. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan pemanfaatan pekarangan sebagai media tanam bagi terpenuhinya gizi keluarga.

Sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Poso yang diwakili oleh Wakil Ketua Marie Posundu Tungka, menyampaikan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Poso yang selalu bersinergi dengan TP PKK dalam mensukseskan beragam kegiatan yang mempunyai tujuan mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan yang diantaranya Pangan Lestari yang menjadi tolak ukur bagi pemantapan Ketahanan Pangan. Masyarakat harus diberi penyadaran bahwa konsumsi pangan jangan hanya berfokus pada nasi, namun banyak sumber pangan lokal yang dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Menurut Wakil Bupati Poso dalam sambutannya, dengan mengurangi konsumsi beras dan terigu dengan memanfaatkan pangan lokal. Maka ketersediaan pangan dimasa mendatang akan lebih menjanjikan. Peran pemangku kebijakan untuk kedaulatan pangan. Lanjut Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dihimbau juga kepada para pemilik warung dan rumah makan untuk mendukung program Pemerintah sehari sekali tanpa nasi sehat dengan menyajikan pangan lokal yang dapat menggantikan nasi, sehingga dengan menggerakkan keadaan ini secara serempak, maka niscaya masyarakat nantinya akan terbiasa dengan pola makan ini.
Sehari tanpa makan nasi maksudnya bahwa dalam 3 kali makan sehari diupayakan sekali makan tanpa nasi dan menggantinya dengan makanan pokok lainnya.

Menutup kegiatan, Wakil Bupati Poso mengunjungi Stan lomba cipta menu sebanyak 19 Kecamatan dan mencicipi produk olahan para ibu-ibu PKK Kecamatan.
Berdasarkan hasil penilaian, Kecamatan yang mendapatkan juara pertama adalah dengan jumlah nilai 2135 No 17 (Poso Kota Selatan), Peringkat Kedua dengan Jumlah Nilai 2090 No 09 (Pamona Barat) dan juara 3 Jumlah Nilai 2025 no 10 (Poso Pesisir Utara). Poso makin Cerdas dengan Pangan Beragam, Bergizi dan Berimbang, Keanekaragaman Pangan Yang Sehat dan Tersedia Cukup Menjadi Dambaan Setiap Insan Untuk Membangun Poso. //ca’/pul