Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel

Panen Raya Varietas Mekongga Desa Tonusu

  • PDF
alt
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu diwakili Asisten Administrasi ekonomi dan pembangunan setdakab poso Ir. Hi. Isnain T. H. Karim, MPM, M.Si membuka secara resmi panen raya benih varietas mekongga yang diprakarsai oleh dinas pertanian kabupaten poso bertempat di desa tonusu kecamatan pamona puselemba, 25/10/17. Hadir dalam kegiatan panen raya staf ahli menteri pertanian RI bidang perdagangan dan hubungan internasional masalah upsus Dr. Ir. Mat Syukur, M.Sc, kepala balai pengkajian teknologi pertanian (BPTP) balitbangtan sulawesi tengah Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt, MP, Kasdim 1307 poso Mayor Inf. Moh. Ikbal, unsur muspika kecamatan pamona puselemba, para kepala desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
Dalam laporan kepala BPTP balitbangtan Sulteng Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt, MP, menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan indek pertamanan (IP) sawah oleh badan litbang pertanian. Dikatakan pula kegiatan lain di kabupaten poso adalah uji multi lokasi jagung hibrida bima uri 19 dan bima uri 20 di kecamatan lore timur desa napu, uji multi lokasi sistim tanam jagung legowo super berbasis organik di kecamatan poso pesisir. Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt, MP, juga katakan kegiatan litbang merupakan destinasi inovasi teknologidan hasil pembicaraan bupati poso dan menteri pertanian yang berkomitmen membangun pertanian di kabupaten poso. dan kegiaran panen raya ini di dukung oleh dinas pertanian kabupaten poso, penyuluh, TNI, petani, tokoh adat, tokoh agama dan pemerintah setempat.
Semetara dalam sambutan terulis kepala dinas pertanian kabupaten poso dibacakan sekretaris dinas pertanian Ir. Rita Pontoh, M.Si mengharapkan dengan adanya demplot benih varietas mekongga akan melahirkan kajian rekomendasi yang nantinya bisa diaplikasikan untuk mendorong peningkatan produktivitas padi di kabupaten poso serta menjamin ketersediaan panen yang sangat dibutuhkan oleh petani serta memberikan kontribusi nyata dalam perbaikan mutu benih dan bukan tidak mungkin wilayah ini dapat menjadi daerah sentra benih yang berkualitas.
Sementara di tempat yang sama bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutan tertulis dibacakan asisten administrasi ekonomi dan pembangunan setdakab poso Ir. Hi. Isnain T. H. Karim, MPM, M.Si menyampaikan panen raya padi varietas mekongga merupakan kebijakan inovasi daerah dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan dan merupakan rangkaian inovasi pangan untuk daya saing bangsa di bidang pangan hal ini ditunjukan untuk meningkatkan penyediaan pangan daerah. Diakhir sambutannya Ir. Hi. Isnain T. H. Karim, MPM, M.Si berharap kegiatan panen raya ini dapat menjadi ajang penyebaran inovasi teknologi pertanian baik yang dihasilkan oleh badan litbang pertanian sehingga teknologinya dapat berkembang lebih luas di masyarakat khususnya para petani yang ada di pedesaan.
Sementara staf ahli menteri pertanian RI bidang perdagangan dan hubungan internasional masalah upsus Dr. Ir. Mat Syukur, M.Sc dalam arahan singkatnya menyampaikan kegiatan ini merupakan program nawacita presiden dimana program ini merupakan salah satu sumber benih untuk peningkatan kesejahteraan bagi para petani yang ada di wilayah kabupaten poso. //ca'/pul
//ca'/pul