Kam10192017

Last update12:46:39 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PERTANIAN PETERNAKAN PERKEBUNAN KETAHANAN PANGAN Pertanian Pencanangan Kampung Durian Kabupaten Poso

Pencanangan Kampung Durian Kabupaten Poso

  • PDF
alt
alt
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 4
  • Selanjutnya

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si secara resmi mencanangkan kampung durian kabupaten poso program peningkatan penerapan teknologi pertanian/perkebunan tahun 2017 di desa kuku kecamatan pamona utara ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan dengan penanaman durian secara perdana dan diikuti oleh Dandim 1307 poso Letkol. Inf. Dody Triyo Hadi, S.Sos, Wakil Ketua DPRD kabupaten Poso, Suharto Kandar, SE bersama anggota, serta diikuti pejabat lainnya yang diprakarsai oleh dinas pertanian kabupaten poso. 26/09/17. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para kepala OPD terkait kabupaten poso tim kajian akademis kampung durian, unsur tripika kecamatan pamona utara, kepala desa kuku Christian Galamba bersama warga masyarakat desa kuku dan undangan lainnya.

Dalam laporan kepala dinas pertanian kabupaten poso Ir. Heningsih. E. G. Tampai, M.Si mengatakan bahwa penetapan desa kuku sebagai pusat pengembangan agribisnis durian atau kampung durian didasari bahwa kawasan ini terdapat beberapa durian unggulan lokal poso dan spesifik yang tidak berada di kawasan lain karena memiliki jenis-jenis durian yaitu durian boba, durian nona, durian woyo, durian nangka dan durian gaja. Ir. Heningsih. E. G. Tampai, M.Si juga katakan bahwa persiapan pencanangan kampung durian ini telah melakukan beberapa kegiatan awal diantaranya survey lokasi bersama kepala desa kuku dan aparat desa serta warga masyarakat, pertemuan dengan para universitas sintuwu maroso poso terkait dengan penyusunan study kelayakan, identifikasi lokasi plasma nutfah durian berada di desa kuku serta pengadaan durian unggulan lokal asal poso. Diakhir laporannya Ir. Heningsih. E. G. Tampai, M.Si akan memprogramkan jalan usaha tani dan pembangunan saung atau dikenal dengan bahasa poso kandepe sehingga kawasan ini akan menjadi tempat yang mendukung sektor pariwisata di kabupaten poso.

Sementara ditempat yang sama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya mengatakan pencanangan kampung durian berusaha mendorong pengembangan produksi hortikultura khususnya komoditas durian dengan kualitas terbaik di kabupaten poso yang dipolopori dari desa kuku kecamatan pamona utara menjadi salah satu model pembangunan kawasan sentra pertanian yang berbasis sgtibisnis yang dihsrapkan dapat menjadi peluang pemasaran yang tinggi sehingga dapat menguntungkan bagi masyarakat desa. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan pengembangan kawasan agribisnis komoditas durian di desa kuku adalah langkah tepat karena kondisi agroklimat yang mendukung potensi lahan yang ada masih cukup luas untuk pengembangan budi daya durian sehingga kedepan kawasan ini menjadi sentra durian di kabupaten poso. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si berharap agar mendukung pencanangan kampung durian khususnya jajaran OPD dinas pertanian, Bapelitbangda, dinas koperasi, UKM dan Perdagangan, badan pemberdayaan masyarakat desa, badan ketahanan pangan, dinas pariwisata, badan penanaman modal dan pelayanan izin terpadu, pihak unsimar dan stakeholder lainnya untuk secara bersama-sama mewujudkan kampung durian demi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.//ca’/pul