Rab10182017

Last update12:46:39 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PERTANIAN PETERNAKAN PERKEBUNAN KETAHANAN PANGAN Pertanian Padi Ciherang di Pantangolemba Poso Pesisir Selatan di Panen

Padi Ciherang di Pantangolemba Poso Pesisir Selatan di Panen

  • PDF
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya
Dandim 1307 Poso  Letkol Inf. Ryan, S,Sos bersama wakil Bupati Poso Ir, Samsuri, M.Si Kajari Poso Nur Taman, SH dan sejumlah pejabat lainnya dari kabupaten maupun dari kecamatan melaksanakan panen perdana padi Ciherang yang telah genap masa petiknya di areal persawahan Desa Pantango Lemba Kecamatan Poso Pesisir Selatan Sabtu 16/05.

Panen perdana tersebut merupakan kegiatan yang dilangsungkan Koramil  wilayah Poso Pesisir dan Kodim 1307 Poso dengan penetapan wilayah program binaan Upsus (Upaya Khusus)  peningkatan  produksi padi, jagung dan kedelei (pajala) di wilayah kodam VII  Wirabuana sejak bulan Januari 2015 yang lalu.

Dalam sambutannya Dandim menyebutkan program yang telah dilaksanakan bersama rakyta/masyarakat tersebut merupakan wujud kepeduliaan TNI kepada warga masyarakat didalam membantu meningkatkan kesejahteraannya melalui sector pertanian. “ Program ini merupkan upaya TNI di seluruh Wilayah NKRI  sebagai bentuk kepeduliaan kepada warga masyarakat dibidang pertanian dan perkebunan” Katanya.

Menurut Dandim benih yang sengaja dipilih sebagai variatas unggulan adalah jenis ciherang yang bisa dipanen selama kurang lebih seratus hari dengan hasil sekitar 7 ton per hektar. Sehingga hal ini membantu para petani didalam meningkatkan hasil produksi padinya sehingga perekonomiaan masyarakat tani dapat meningkat signifikan.

Wabup Poso Ir, Samsuri, M.Si mengapresiasi program yang telah dijalankan pihak TNI yang tentunya sejalan dengan visi misi pemerintah daerah kabupaten Poso yang memilih sector pertanian dan perkebunan sebagai salah satu ikon dan prioritas pembangunan di wilayah ini. Karena itu melalui sambutan selaku mewakili Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang, MM menyampaikan ungkapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak TNI dan masyarakat Desa Pantango Lemba yang sudah mengikuti program tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomiaan masyarakat tani pada khususnya dan peningkatan perekonomiaan masyarakat Kabupaten Poso pada umumnya.

Kegiatan Panen Perdana yang berlangsung di areal persawahan tersebut ditandai dengan pemotongan padi varietas ciherang oleh Dandim 1307 Poso, Wabup Poso, Kajari Poso, Polsek Poso Pesisir Selatan, Kepala Bulog/Dolog wilayah Poso,  Danramil, Camat serta Ketua Kelompok Tani Pantango Lemba yang disaksikan masyarakat tani Desa PantangoLemba.