Sen01222018

Last update02:08:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PERIKANAN KELAUTAN DAN KESEHATAN HEWAN Perikanan Bantuan Excavator Untuk Poso Pesisir

Bantuan Excavator Untuk Poso Pesisir

  • PDF
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri acara penyerahan bantuan 1 unit Excavator bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan di desa Bega Kecamatan Poso Pesisir, pada  Ssenin (08/01/18).

Penyerahan Bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan 1 (satu) Unit Excavatordiserahkan kepada Koperasi "Azat Perkasa Membangun" di Desa Bega Kecamatan Poso Pesisir.


Dalam sambutan yang disampaikan oleh Camat Poso Pesisir, bahwa selama ini bantuan bagi Kecamatan Poso Pesisir terlebih di desa Bega sangat jauh dari harapan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup.

menurutnya dengan adanya bantuan ini, terjawab sudah keinginan masyarakat Poso Pesisir terlebih yang berusaha dibidang budidaya perikanan, selama ini didominasi oleh budidaya ikan bandeng.ini dikarenakan masalah pemasaran, hingga maka para pengusaha tambak beralih ke udang jenis pamane. "Dari segi ekonomi sangat menguntungan karena dijual dengan harga 50.000/Kg dan pembelinya datang ditempat. dengan adanya bantuan ini, tentu masalah penyiapan lahan tambak akan lebih mudah karena menggunakan alat berat dan masyarakat sangat berterima kasih atas bantuan ini"jelasCamat Poso Pesisir.


Menurut Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Poso, Poso patut bersyukur karena bisa mendapatkan alat ini yang tentunya dapat digunakan untuk mempercepat pengolahan lahan bagi budidaya tambak. Ada kriteria bagi penerima bantuan yang diharapkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) diantaranya adalah alat ini dapat digunakan dengan baik dan harus memiliki tempat garasi buat excavator agar kendaraan ini tidak terkena langsung oleh hujan dan panas, sehingga kendaraan ini bisa bertahan lama. Dengan memaksimalkan penggunaan kendaraan ini, maka tidak menutup kemungkinan kedepan Poso akan mendapatkan lagi bantuan yang sama lagi bagi Kecamatan lain.


Sementara Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya menyebukan bantuan ini bisa diperoleh berkat usaha dan kerja keras. Sebagaimana maksud dari pengadaan alat ini, dengan melihat potensi Kecamatan Poso Pesisir yang besar untuk budidaya tambak ikan dan udang, maka para petani tambak akan lebih mudah dalam penyediaan lahan. Karena dengan alat ini, akar-akar kayu yang besar yang dapat mengganggu perkembangan ikan dan udang bisa dibersihkan dengan mudah, begitu pun untuk pembuatan lahan tambak yang baru.Selain menghemat anggaran, para petani ikan juga dapat menghemat waktu, proses pengerjaannya akan lebih cepat dari sebelumnya.


Bupati Poso pun berharap agar alat ini dirawatdenganbaik serta dapat digunakan secara berkelompok dan harus untuk kesejahteraan masyarakat khususnya Kecamatan Poso Pesisir. Sebelum menutup rangkaian acara, Bupati Poso menyerahkan kunci exavator kepad ketua Koperasi yang langsung diberikan kepada operator untuk dihidupkan dan memastikan semua bagian kendaraan berfungsi dengan baik.

Hadir dalam kegiatan ini, para Kepala OPD, unsur Tripika Kecamatan Poso Pesisir, Camat, Danramil, Kapolsek, kepala-kepala desa diwilayah Poso Pesisir, pengurus dan anggota koperasi Azat Perkasa Membangun serta masyarakat Desa Bega Kecamatan Poso Pesisir.//ca’/pul