Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PENDIDIKAN KESEHATAN DAN TRANSPORTASI Pendidikan

Pendidikan

Peringatan Hari Anak Nasional

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri peringatan hari anak indonesia sekaligus mengukuhkan forum anak daerah sintuwu maroso kabupaten poso periode 2017-2019 yang ditandai dengan penyamatan Pin dan pemasangan selempang kepada ketua forum anak daerah sintuwu maroso kepada Diana Margaret Sigilipu dan diikuti siswa-siswi pengurus lainnya yang diprakarsai oleh dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten poso, bertempat di gedung PGRI kabupaten poso, hadir dalam kegiatan tersebut kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi sulawesi tengah Hj. Sitti Norma Mardjanu, SH, M.Si, MH, para kepala OPD kabupaten poso, ketua tim penggerak PKK selaku bunda Paud kabupaten poso Ny. Indah Sri Setyowati Samsuri, SH, ibu guru pendamping besama siswa-siswi serta undangan lainnya.
Dalam laporan sekretaris dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten poso Dra. Crisnawati Limbong selaku ketua panitia menyampaikan, peringatan hari anak nasional diperingati setiap tanggal 23 juli tetapi karena satu hal dan lain hal kabupaten poso baru dapat dilaksanakan hari ini tanggal 26 oktober 2017, walau sedikit keterlambatan tidaklah mengurangi makna atas kepedulian pemda poso terhadap anak agar tumbuh berkembang secara optimal.
Sementara wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan sikap dan perilaku anak, karna tekonolgi sebagai alat yang memudahkan akan tetapi juga membawa ancaman bagi anak jika penggunaannya tidak dilakukan secara bijak. Olenya itu wakil bupati poso mengatakan, ini semua harus ada peran orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan dan pemahaman terhadap anak sangat perlu dilakukan sesering mungkin, jangan biarkan anak kita terjerumus dalam modernisasi yang salah persepsi sehingga hanya menjadi korban kemajuan zaman.
Olehnya itu wakil bupati Ir. Samsuri, M.SI katakan, dengan adanya pembentukan wadah forum anak daerah kiranya menjadi tempat bagi anak-anak kita untuk menghalau berbagai tantangan modernisasi dengan aktivitas positif dan bermanfaat, baik untuk mengasah bakat dalam meningkatkan prestasi-prestasi yang digemari anak-anak.
Diakhir sambutannya Ir. Samsuri, M.SI mengharapkan melalui peringatan hari anak nasional yang dirangkaikan dengan pembentukan forum anak daerah menjadi momen penting kebangkitan dan tekad bulat bagi para pengurus didalam memberikan pembinaan dan pembentukan karakter anak yang berakhlak, beriman dan berimtek guna menyongsong masa depan yang gemilang.
Sementara Diana Margaret Sigilipu yang baru saja dikukuhkan sebagai ketua forum anak daerah sintuwu maroso kabupaten poso menyampaikan sudah ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya diantaranya melaksanakan bazar, mengikuti pertemuan forum anak nasional yang diikuti oleh seluruh forum anak daerah dari seluruh provinsi selama lima hari di pekanbaru provinsi riau dan peringatan puncak hari anak nasional yang dihadiri oleh presiden RI, serta mengikuti pertemuan forum anak daerah seprovinsi sulawesi tengah selama tiga hari di palu dan peringatan puncak hari anak nasional tingkat propinsi di palu yang dihadiri oleh menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI.
Disamping itu Diana Margaret Sigilipu memohon kiranya pemda poso dalam hal ini bupati dan yang membidangi forum anak daerah yaitu dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten poso dapat membantu dan menyiapkan tempat untuk ruang sekretariat sehingga dalam melaksanakan pertemuan atau rapat di luar jam sekolah maupun di luar jam kantor tidak lagi dilaksanakan di ruang terbuka di depan rumah jabatan wakil bupati poso tepatnya dibawah pohon yang rindang melainkan dilaksanakan diruang tertutup
Diana Margaret Sigilipu diakhir sambutannya berharap, kepada teman-teman yang dikukuhkan agar bekerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan kita yaitu membantu pemda poso menjadi kota layak serta nemperjuangkan hak-hak anak dalam proses pembangunan yaitu hak bermain, hak pendidikan, hak perlindungan, hak atas nama, hak mendapatkan makanan, hak kebebasan, hak kesehatan, hak rekreasi, hak kebangsaan dan hak untuk berperan dalam pembangunan, anak perlu diilindungi jika tidak mereka akan terjerumus pada kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika ataupun pernikahan dini.

Dan acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi sulawesi tengah Hj. Sitti Norma Mardjanu, SH, M.Si, MH kepada kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten poso drg. Urip Heriyanto, M.Kes, dan pemberian hadiah kepada beberapa siswa-siswi yang sudah menjawab pertanyaan dari panitia dengan benar yang secara langsung pertanyaan dibacakan wakil bupati poso, ketua tim penggerak pkk selaku bunda paud, kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi sulawesi tengah dan kabupaten poso. //ca’/pul

altaltalt

Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Kabupaten Poso

Diskusi kelompok terpumpun "Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Kabupaten Poso" secara resmi dibuka oleh Plt. Sekertaris Daerah (Sekda) Drs.Joksan Lakukua bertempat diruang Pogombo, senin 09/10/17.

Dalam sambutannya Plt. Sekda mengharapkan keterlibatan semua stakeholder dan pemangku kepentingan, baik pemerintah, praktisi pendidikan maupun orang tua dan masyarakat untuk ikut andil memajukan dunia pendidikan. LPMP ( Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ) sebagai wakil pemerintah dari unit pelaksana teknis kementerian pendidikan dan kebudayaan yg berkedudukan di provinsi bertugas untuk membantu dalam bentuk supervisi, bimbingan, arahan, Saran dan Bantuan teknis guna mencapai Standard nasional yaitu " Standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar PTK, standar pengelolaan, standar sarana prasarana dan standar pembiayaan. Kegiatan dilanjutkan degan pemaparan dari tim LPMP Sulteng  DR. Manna, M.Pd, Ibu DR. Heriwanty, Ibu DR. Risnu, yang di ikuti oleh MKSS SD, SMP, SMA wilayah Poso kota. //ca’/pul

Pelepasan Peserta Konfrensi Kerja Provinsi (Konkerprov) Dan Kontingen Porseni Pgri Kabupaten Poso

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua melepas secara resmi peserta konfrensi Kerja provinsi (Konkerprov) dan Kontingen Porseni PGRI Kabupaten Poso Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017 menuju Bungku Tengah Kabupaten Morowali, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Poso, 07/08/17. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dr. Drs. Yus Madoli, M. Si, Ketua PGRI kabupaten Poso Drs. Kornelis Kayori, M.Pd beserta Anggota, rombongan konkerprov dan kontingen porseni PGRI kabupaten poso.

Dalam sambutan Bupati Poso yang dibacakan langsung Plt. Sekdakab poso Drs. Joksan Lakukua mengharapkan melalui konfrensi yang diikuti anggota PGRI kabupaten poso agar dapat menyuarakan aspirasi anggota PGRI kabupaten poso yang telah dibicarakan dalam konkerkab PGRI kabupaten, agar mutu guru dan pendidikan di daerah kabupaten poso semakin berkualitas dan berdaya saing. Joksan Lakukua juga menitip pesan agar kontingen Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) PGRI yang akan berangkat untuk mengukir prestasi membawa nama baik daerah kabupaten poso dan juga tentunya membawa nama PGRI kabupaten poso di tingkat provinsi, dan selalu jaga kekompakan tim dalam setiap lomba yang diikuti maupun diluar lomba, mari tunjukkan kepada tim kabupaten lain bahwa PGRI poso adalah tim yang kompak dan solit serta mampu memberikan yang terbaik disetiap jenis perlombaan yang diikuti. Diakhir sambutannya Drs Joksan Lakukua mengharapkan semoga utusan peserta konkerprov dan kontingen porseni PGRI kabupaten poso dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk memajukan PGRI poso serta dapat meraih prestasi yang membanggakan dalam lomba porseni PGRI yang diikuti.

Sementara Dalam laporan Sudarman, S.Pd, MM selaku ketua kontingen porseni PGRI kabupaten poso mengatakan adapun lomba yang dipertandingkan adalah bulu tangkis, tenis meja, bola volly, senam.PGRI, menyanyi solo, lomba tari kreasi daerah , melukis, seni baca Al-Qur'an, kreatifitas pembelajaran dan paduan suara, dan jumlah peserta konkerprov PGRI dan kontingen porseni PGRI kabupaten poso adalah 174 orang termasuk official, pimpinan rombongan dan peninjau. //ca’/pul

altalt

Sosialisasi Kearsipan Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka secara resmi kegiatan sosialisasi kearsipan dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso, bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso, 07/08/17. Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso Dr. Wangi Ntowe Tundugi, M.pd, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Proivinsi Sulawesi Tengah selaku nara sumber Yudiawati Vidiana W, SKM, M.Kes dan peserta sosialisaai kearsipan.

Dalam sambutan Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan bahwa kearsipan sangat perlu dan penting dilakukan oleh seluruh instansi sebagai bahan bukti yang sewaktu-waktu diperlukan untuk memperkuat sejarah, memperkuat data dan fakta sebenarnya dan diharapkan kepada para peserta agar dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya sampai selesai untuk memahami sepenuhnya tentang kearsipan itu sendiri sehingga dapat diaplikasikan dalam lingkungan kantor masing-masing. Ir. Samsuri, M.Si juga harapkan agar dalam sosialisasi para peserta dapat aktif berpartisipasi memberikan sharing pendapat, tanggapan dan pertanyaan seputar masalah kearsipan agar sosialisasi ini dapat berlangsung dinamis dan menarik untuk diikuti bersama. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan kepada pemateri atau nara sumber agar dapat menyampaikan dengan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami para peserta sehingga maksud dan tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini dapat kita semaksimal mungkin.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso Dr. Wangi Ntowe Tundugi, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan adapun kegiatan sosialisasi kearsipan dilaksanakan sebagai salah satu fungsi dan wujud pembinaan kearsipan dan memberikan pemahaman dan pemaknaan umum agar dapat terlaksana secara terpadu, sistimatis dan komprehensif. Dr. Wangi Ntowe Tundugi, M.Pd juga mengatakan bahwa melalui sosialisasi kearsipan, kita wujudkan penyelenggaraan kearsipan yang profesional, efesien dan akuntabel guna tersediannya informasi yang mendukung penyelenggaraan pemerintah daerah.

Yance Sambouw, S.Pd selaku panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan sosialisasi kearsipan tahun 2017 diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari staf masing-masing organisasi perangkat daerah serta dari kecamatan poso kota bersaudara dan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 7 s/d 8 Agustus 2017. //ca’/pul

alt

Pelantikan Pengurus Daerah HIMPAUDI Kabupaten Poso 2016-2020

Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi Propinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Mansyur, MM resmi melantik Pengurus Daerah Himpaudi Kabupaten Poso masa bhakti 2016-2020, di Aula Kantor Bappeda Poso, Senin (28/11).Pelantikan yang berdasarkan surat keputusan PW Himpaudi Propinsi Sulawesi Tengah nomor: 024/PW-HIMPAUDI/2016 mengangkat Hj. Maysura A.Pakaya,S.Sos,M.Si sebagai ketua pengurus daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Poso masa bhakti 2016-2020 menggantikan Hj. Jein Urip Pangkey yang sebelumnya sebagai ketua Himpaudi Poso.Wakil Bupati Poso Ir Samsuri,M.Si saat pelantikan mengatakan, dengan dilantiknya pengurus yang baru ini tentunya akan membawa perubahan pelaksanaan program Himpaudi Poso kedepan, khususnya dalam bidang pendidikan anak usia dini.

altalt

Apalagi tantangan pendidikan saat ini dengan pengaruh global kemajuan teknologi komunikasi informasi yang menerpa hampir semua sektor, sehingga interaksi antar individu kebanyakan terjadi melalui media sosial yang semata-mata hanyalah mengikuti tren jaman yang hakikatnya kurang mengikat tali silaturahmi.Mengingat pengaruh peran media televisi dan media informasi lainnya yang sering dikonsumsi anak-anak khususnya usia dini, Wabup berpesan agar tenaga pendidik harus lebih profesional serta mendapat dukungan orang tua anak jika berada di rumah masing-masing, sehingga ajaran mulia yang telah ditanamkan guru di sekolah tidak terkontaminasi dengan ajaran yang didapatkan dari berbagai tayangan yang tidak sesuai dengan umur dan perkembangan psikologis anak-anak

. “Kepada guru dan orang tua anak (pengurus yang dilantik) agar benar mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing sesuai jabatan, agar pendidikan anak usia dini di Kabupaten Poso semakin baik, berkualitas, dan berdaya saing,” jelas Wabup dalam sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Sementara itu Ketua Himpaudi Poso yang baru saja dilantik Hj. Maysura A.Pakaya,S.Sos,M.Si dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantik pengurus dan dirinya sebagai ketua masa bhakti 2016-2020, ini dapat dijadikan momen sangat berharga bagi pengurus Himpaudi Poso untuk menata kinerja organisasi dimasa mendatang yang diperlukan sinergitas semua elemen yang terkait.Olehnya dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada kita sebagai pengurus Himpaudi yang tak lain merupakan wadah penghimpun para pendidik dan tenaga kependidikan, Ketua Himpaudi Poso Maysura A.Pakaya mengharapkan, agar harus berperan aktif dan mempunyai andil yang sangat besar dalam rangka pembentukan watak karakter anak didik sebagai generasi penerus bangsa, “Marilah kita melaksanakan program Himpaudi dengan sungguh-sungguh dengan kreatifitas/inovasi, serta meningkatkan koordinasi dengan semua lini organisasi dan mengutamakan kegiatan-kegiatan yang bersifat prioritas untuk pendidikan anak,” harap Hj. Maysura A.Pakaya kepada seluruh pengurus Himpaudi Poso yang baru saja dilantik

BUPATI BUKA DIKLAT PIM IV LINGKUP PEMDA POSO

  Empat puluh pejabat eselon IV Lingkungan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mengikuti Pendidikan Latihan Kepemimpinan Tingkat IV di Gedung Diklat ASN Maliwuko Poso Senin, 25/1. Kegiatan tersebut dibuka langsung Pj. Bupati Poso Drs, S.Songgo, MM ditandai dengan pemasangan atribut tanda peserta kepada perwakilan dua orang peserta diklat.

  Dalam sambutannya, bupati mengapresiasi pelaksanaan diklat pim IV sebagai salah satu upaya peningkatan profesionalisme para pejabat eselon IV selaku pemimpin operasional program kegiatan  di instansinya masing-masing. Karenanya, menurut bupati pejabat eselon IV ini wajib mengikuti Diklat pim IV pola baru sesuai aturan dan pedoman dari LAN. Sehingga diharapkan melalui diklatpim IV dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan handal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta mampu memimpin para bawahannya dengan baik.

  Dalam laporan panitia, diklat pim IV tersebut  berlangsung selama kurang lebih 90 hari dengan system pola baru, materi dalam kelas, laboratorium lapangan (di instansi masing-masing) serta study banding ke daerah lain yang dianggap lebih maju penyelenggaraan pemerintahannya.Turut hadir dalam kegiatan pembukaan diklat tersebut Kepala Badan Diklat ASN Provinsi Sulawesi Tengah, Kaban Diklat ASN Poso Drs, Berlin Matoneng, M.Pd, serta beberapa pejabat pemda lainnya. Sekian…(berita doc. Humas Pemda Poso @)

altalt