Sen12112017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PENDIDIKAN KESEHATAN DAN TRANSPORTASI Kesehatan Pelaksanaan Sosialisasi GERMAS Tingkat Kabupaten Poso

Pelaksanaan Sosialisasi GERMAS Tingkat Kabupaten Poso

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Pelaksanaan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat kabupaten poso tahun 2017 yang diprakarsai dari dinas kesehatan kabupaten poso, dilaksanakan di banua mpogombo torulemba poso, kamis (16/11/17.) Dibuka secara langsung oleh wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si, dihadiri kepala dinas kesehatan kabupaten poso dr. N. Taufan Karwur, tim dari germas terpadu tingkat I provinsi sulawesi tengah Alfina A. Deu, SKM, M. K, sekaligus memberikan materi.

Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, ungkap dr. Marwan Neno, M.Kes selaku ketua panitia. Disamping itu, dr. Marwan Neno, M.Kes juga katakan bahwa germas melakukan berbagai macam kegiatan diantaranya melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. Pada tahap awal germas melakukan aktifitas fisik 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. Germas diharapkan dapat membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Sementara wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, bahwa germas merupakan langkah pemerintah secara nasional dalam rangka menyadarkan secara prefentif untuk mencegah penyakit menular dan tidak menular kepada masyarakat khususnya di wilayah-wilayah daerah. Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan dengan sosialisasi germas dapat meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat sehingga masyarakat menjadi tahu, mau dan mampu untuk berperilaku sehat dalam upayah meningkatkan kualitas hidup. Diakhir sambutannya wakil bupati poso ir. Samsuri, M.Si mengingatkan.kepada seluruh peserta sosialisasi diantaranya para OPD, camat, lurah, kepala desa, tim penggerak PKK kabupaten poso Yang sempat hadir saat ini, dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya didalam pelaksanaan kegiatan Germas demi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan kita bersama untuk kabupaten poso cerdas dimasa yang akan datang. //ca’/pul