Jum11242017

Last update12:49:03 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PENDIDIKAN KESEHATAN DAN TRANSPORTASI Kesehatan Sosialisasi Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik

Sosialisasi Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik

alt

Bupati Poso yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Isnain T. Hi. Karim, M.PM, M.Si membuka secara resmi Sosialisasi Gerakan satu Rumah Satu Jumantik( Juru Pemantau Jentik) di Kabupaten Poso,Ruang Pogombo Kantor Bupati poso, kamis 04/05/17.
Dalam sambutannya Bapak Bupati Poso memberikan apresiasi mengenai kegiatan jumantik yang sangat perlu untuk menggiatkan Gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan metode 3M Plus. Partisipasi seluruh lapisan masyarakat dan peran serta keluarga perlu terus ditingkatkan untuk melakukan pemantauan, pemeriksaan, dan pemberantasan jentik, tuturnya.

Upaya pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Poso, terus dilakukan oleh pemerintah setempat. Ini bisa dilihat dari program Dinas Kesehatan (Dinkes) Poso yang akan melakukan Pelatihan kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik).
“Jentik itu merupakan bakal nyamuk, yang membawa virus penyakit yang bisa berjangkit pada manusia tergigit olehnya. Sehingga, jika kesadaran warga untuk senantiasa menjaga lingkungan ini bisa terus di dorong. Maka otomatis resiko terserang penyakit dapat di minimalisir,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Poso,Taufan Karwur
Untuk melakukan pelatihan kader Jumantik, Taufan mengatakan kalau pihaknya akan melakukan komunikasi dengan seluruh pemerintah desa dan Kelurahan yang ada di Wilayah Kabupaten Poso.“Kita akan bekerja sama dengan pemerintah desa se Kabupaten Poso untuk mempersiapkan calon Kader jumantik, yang nantinya akan di bekali dengan pengetahuan tentang, pencegahan dan penanggulangan lingkungan lewat pelatihan. Dan setelah itu akan di terjunkan kelapangan,” terangnya.
Meski demikian juga mengakui, kalau apapun upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah pada intinya tergantung pada masyarakat.“Pilihannya ada pada masyarakat, jika ingin sehat, maka lewat program ini muda-mudahan ada kerjasamanya yang baik untuk mengimplementasikanya di lingkungan tempat tinggalnya,” tutupnya,//ca’/pul