Kam02222018

Last update12:37:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Pembukaan MTQ Ke-27 Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2018

Pembukaan MTQ Ke-27 Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2018

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Pembukaan MTQ Ke-27 Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2018 dibuka secara resmi oleh wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si sekaligus melantik dewan hakim bertempat di gedung wanita poso, mengusung tema "Dengan MTQ kita tingkatkan kualitas amalan nilai-nilai kandungan Al-Quran dalam membangun sumber daya manusia yang berkarakter dan bermartabat menuju kabupaten poso.yamg cerdas", sementara sub tema "Dengan MTQ kita tingkatkan kualitas nilai-nilai amalan kandungan Al-Quran dalam berbangsa dan bernegara menuju kabupaten poso yang cerdas untuk meraih adipura", pada Rabu malam (31/01/18).


Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan.kecintaan kita kepada Al-Quran dan Baginda Nabi Muhammad SAW sehingga pelaksanaan MTQ perlu dilaksanakan, menebarkan kedamaian, kecintaan dan persaudaraan antar sesama umat beragama dan antar umat beragama, melaksanakan syiar melalui kajian kandungan Al-Quran untuk menghasilkan generasi yang islami dan cinta pada Al-Quran sehingga ajang ini terjalin tali silaturahmi seluruh komponen bangsa dalam menciptakan kabupaten poso yang damai adil dan sejahtera menuju kota cerdas dan meraih adipura serta dapat menghasilkan anak bangsa yang berkualitas dan unggul dalam membaca dan menguasai ayat-ayat Al-Quran untuk membawah nama harum kabupaten poso.

Menurut Rusna Mangun, SE, M.Si selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta khafilah MTQ ke-27 tahun 2018 tingkat kabupaten poso.diikuti 14 kecamatan yaitu kecamatan.pamona puselemba,, kecamatan pamona selatan, kecamatan pamona timur, kecamatan lore utara, kecamatan poso pesisir selatan, kecamatan.poso pesisir utara, kecamatan poso kota, kecamatan.poso kota utara,.kecamatan poso kota selatan, kecamatan lage, kecamatan lore tengah, kecamatan lore selatan. kecamatan lore timur dan kecamatan.pamona timur dengan jumlah peserta dan affisial 143 orang.

Sementara sambutan kementerian agama kabupaten poso dibacakan langsung oleh Hj. Siti Nurnaimah, M.Pdi mengatakan, melalui MTQ kali ini kita dapat membangkitkan keteladanan di masyarakat dan dapat mengobarkan semangat persahabatan dalam bingkai islam yang rahmatan lil'alamin, prinsip dan pesan perdamaian serta nilai-nilai karakteristik terangkum secara lengkap di dalam Al-Quran yang menjadi pedoman hidup umat islam dan sumber daya manusia yang dimiliki,

Hj. Siti Nurnaimah, M.Pdi juga katakan, bahwa dari Al-Quran kita mendapat banyak inspirasi untuk membangun tatanan dunia yang lebih aman, damai, adil.dan harmonis sebagamana cita-cita kita bersama dalam membangun masyarakat poso yang "cerdas", ceria karena kecerdasan performance kita, elok karena kecerdasan emosional kita, ramah karena kecerdadan akhlak kita, damai karena kecerdasan sosial kita, adil.karena kecerda intelektualitas hukum.dan penerapannya setta sejahtera karena kecerdadan ekonomi kita.

Sementara ditempat yang sama wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutan tertulis bupati poso menyampaikan kegiatan MTQ merupakan agenda rutin setiap dua tahun baik pemerintahan di tingkat pusat maupun tingkat daerah sehingga kabupaten poso melaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka menjaring para qori dan qori'ah yang selanjutnya akan mengikuti.MTQ tingkat provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan maret di kabupaten morowali.

Beliau juga mengharapkan, para khafilah kabupaten poso dapat meraih hasil yang menggebirakan, karena itu dengan MTQ yang dilaksanakan kali ini dapat memilih dan menyeleksi betul.para khafilah yang akan berlomba di tingkat provinsi, disamping itu pemerintah daerah kabupaten poso sangat merespon dan mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan serta kegiatan keagamaan sebaga salah satu bentuk.pembinaan.SDM, dan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita baik selaku qori maupum qori'ah serta penonton yang mendengarkan lantunan kalam ilahi yang dibacakan oleh para peserta lomba.

Diakhir sambutan bupati poso, Ir. Samsuri, M.Si katakan, bahwa kegiatan MTQ merupakan salah satu bentuk syiar islam yang rahmatan lil'alamin sehingga lebih memantapkan ukhuwa islamiyah maupun ikhuwa wataniyah untuk mendorong terpelihsranya kerukunan antar umat beragama di kabupaten poso menuju masyarakat cerdas meraih piala adipura Insya Allah.

Disela-sela istirahat wakil.bupati poso.dan undangan lainnya disuguhi dengan.tari jepeng kreasi dari sanggar seni silondaya dan nasyid dari Madrasah Ibtidaiyyah Al-Ikhlas Sayo.

Pembukaan MTQ ke-27 tingkat kabupaten poso tahun 2018 tersebut, ditandai dengan pemencetan tombol mimbar khafilah oleh wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten poso, rektor unsimar poso Kisman.Lantang, SE, M.Si, Ketua MUI kabupaten poso Hi.Arifin Tuamaka, S.Ag, MM serta ketua panitia Rusna Mangun, SE, M.Si dan disaksikan ketua Komda Alkhairat Poso, ketua FKUB kabupaten poso Hi..Supu Runa, S. Sos, para kepala OPD, pimpinan instansi vrrtikal, BUMN/BUMD, tokoh agama, para camat, lurah, para imam masjid sekabupaten.poso, pimpinan majelis ta'lim.kekabupaten poso bersama anggota, para peserta khafilah MTQ, serta undangan lainnya.