Sen01222018

Last update02:08:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Hari Ulang Tahun Desa Peura Ke-129

Hari Ulang Tahun Desa Peura Ke-129

alt
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 3
  • Selanjutnya
Dihari yang sama dengan waktu yang berbeda, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri acara Ramah Tamah Natal, Reuni dan Peringatan Hari Ulang Tahun Desa Peura Ke- 129, Rabu (27/12/17). Di dampingi Anggota DPRD Kabupaten Poso Fraksi Golkar, Syarifudin Odjobolo, Kepala-kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Camat Pamona Puselemba dan para undangan (8 Desa dan 3 Kelurahan) Serta dihadiri oleh masyarakat Desa Peura dan desa tetangga. Dengan mengusung tema Madago-dago Po Mberata. Reuni to Peura, (Reuni Orang Peura) dilangsungkan bertepatan dengan HUT Desa Peura.
Ketua Panitia Tanel Siolemba, BA melalui Laporannya, kegiatan dimulai pukul 08.00 sejak pagi hari sampai saat ini. Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan berupa olah raga, kesenian dan sarasehan dengan judul "Peura dulu, Sekarang dan yang akan datang". Hasil sarasehan yang telah dilakukan, akan diserahkan kepada Bupati Poso dalam bentuk laporan.
Bertepatan dengan gelaran ini, masyarakat desa Peura dapat bertemu dan saling melepas kerinduan baik masyarakat yang ada di desa, maupun mereka yang telah merantau, begitu juga yang menjadi pucuk pimpinan saat ini di Kabupaten Poso adalah Putera terbaik desa Peura. Hal ini harus dijadikan motivasi, bahwa desa Peura dapat melahirkan orang-orang terbaik untuk Indonesia. Peura mempunyai arti maju bergeser karena situasi dan kondisi yang ada pada saat itu dan tidak memungkinkan untuk menetap, sehingga mereka berpindah. Jadi filosofi yang dimaknai dari arti ini adalah menjadi orang atau masyarakat yang maju demi perubahan ke arah yang lebih baik. Selanjutnya di tampilkan tarian torompio dari putera puteri desa Peura. Melalui sambutan yang disampaikan oleh kepala desa Peura Agrein Solitan, beberapa hal yang disepakati dalam rapat desa yang diantaranya mengupayakan Sumber Daya Manusia yang ada berkembang sesuai dengan tuntutan jaman agar mampu untuk mensejajarkan desa Peura dengan desa lainnya di Indonesia, menjadi desa maju dan mandiri. Dengan bantuan Pemda besar harapan masyarakat agar program-program yang ada di desa bisa terealisasi dan tujuan akhirnya adalah kesejahteraan untuk seluruh masyarakat.

Gloria Tobondo, SE Camat Pamona Puselemba juga menyampaikan sambutannya yang menitikberatkan pada tujuan pemerintah Kecamatan, teristimewa melalui rencana pembangunan jangka menengah untuk tercapainya Kecamatan yang masyarakatnya Cerdas dan bersinergi dengan pemerintah. Desa Peura adalah desa tertua dikecamatan Pamona Puselemba, oleh karena itu pembangunanya juga diharapkan bisa maju sebagaimana desa atau kelurahan lain yang ada di sekitarnya. Selanjutnya Tarian Motaro yang dibawakan oleh anak-anak SD Peura.

Dalam sambutannya, Bupati Poso Darmin A Sigilipu menyampaikan beberapa hal menyambung apa yang telah disampaikan oleh kepala desa Peura, mengenai masalah jalan masuk dari Kelurahan Sangele menuju ke desa Peura dalam masa kepemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Poso sudah merupakan rencana yang telah diawali dengan membangun sekitar 1 KM jalan desa Peura. Diharapkan jalan akan ter aspal sampai tembus ke Desa Pendolo. Patut disyukuri, karena jalan yang telah ada berkualitas hot mix dan tahun depan akan dilanjutkan lagi sampai telah teraspal jalan dari Sangele menuju desa Peura. Masalah signal, Pemda Kabupaten Poso sudah berkoordinasi dengan Telkom dan akan dipertimbangkan karena ada patokan dasar bagi Telkom untuk memperluas jaringan Telepon. Rencananya Pemda Kabupaten Poso kedepan, akan membuat akses jalan yang menghubungkan antara desa satu dengan desa lainnya yang ada disekitaran Danau Poso, diharapkan Pariwisata Kabupaten Poso akan kembali bergeliat, tumbuh dan mekar. Imbasnya plus bagi masyarakat,karena akan ada peningkatan ekonomi, sehingga harus dijaga dan dilestarikan untuk keberlanjutannya dan selalu menjaga stabilitas dengan teruslah menyebarkan damai dan kasih.

Bupati Poso Darmin A Sigilipu mengatakan, bahwa kegiatan ini menjadi lebih bermakna karena bertepatan dengan Natal, damai sukacita yang dirasakan lebih hikmat karena bertemu dengan sanak saudara dan teman yang merantau dan datang untuk bersama berkumpul merayakan Natal dan reuni. Agar selalu terjalin komunikasi dan hubungan erat antar sesama warga Peura baik yang ada di desa maupun yang berasal dari tanah rantau. Perlu kerjasama seluruh pihak dan masyarakat agar tercipta kualitas masyarakat yang CERDAS dalam seluruh aktifitas kehidupannya. Peran masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung dan menjaga agar pembangunan Insfrastruktur terus terbangun, berkembang dan dapat dinikmati untuk waktu yang tidak terbatas. Kemudahan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Poso terhadap masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya perlu dikembangkan. Hasil kreatifitas masyarakat akan diakomodir dengan mendatangkan konsumen, sehingga hasil yang dibuat akan laku terjual. Reuni to Peura, ibarat meminum air dingin yang segar ditengah padang gurun yang panas. Pertemuan yang terjadi dari sekian lamanya kita berpisah, meringankan sedikit beban kerinduan. Sehingga suasana yang terjadi saat ini, hampir menyerupai waktu dulu saat bersama kita menjemput impian. Reuni akbar to Peura yang dilaksanakan adalah reuni bagi seluruh orang Peura dengan tidak terbatas pada angkatan, sehingga yang hadir berasal dari seluruh tingkatan umur.

Menutup sambutannya, Bupati Poso mengajak seluruh anggota reuni agar bukan hanya suasana melepas rindu yang terjadi, namun dari reuni ini ada imbas positif yang harus diaktualisasikan untuk menjadikan Peura menjadi desa yang lebih maju. Hal ini juga yang menjadikan motivasi bagi Bupati Poso untuk melayani masyarakat melalui tanggung jawab yang diemban sebagai Pimpinan Daerah. Rangkaian kegiatan ini dapat terwujud karena partisipasi seluruh masyarakat desa Peura didukung oleh perangkat desa dan kecamatan, gol yang menjadi tujuan akhir akan mnjadi bahan evaluasi oleh Pemda Kabupaten Poso. Mari menjadi masyarakat yang cinta damai dan terus menebarkan Kasih, untuk terwujudnya kehidupan yang aman dan sejahtera. Dilanjutkan dengan penyerahan mobil operasional untuk BUMDES Peura, selanjutnya Bupati Poso mempersembahkan sebuah lagu karya anak Peura sebagai hadiah ulang tahun dan meniup lilin sebagai pertanda ketambahan usia Desa Peura. //ca’/pul