Sen01222018

Last update02:08:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Peringatan Hari Nusantara dan Bela Negara Ke-69

Peringatan Hari Nusantara dan Bela Negara Ke-69

alt

Upacara setiap tanggal 17 bulan berjalan dilingkup Pemda Kabupaten Poso dirangkaikan dengan Peringatan Hari Nusantara dan Bela Negara Ke-69 Tahun dilaksanakan dilapangan Maroso Poso, Senin 19/12/17. Upacara ini diikuti oleh seluruh ASN yang ada di Kabupaten Poso, perwakilan dari TNI (Kodim, Batalyon dan Marinir), anggota Polres Poso, BRIMOB, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), para mahasiswa dan dihadiri juga oleh kepala-kepala OPD lingkup Pemda Kabupaten Poso. Mendampingi Bupati Poso, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Ketua DPRD Kabupaten Poso, Wakapolres Poso, mewakili KODIM 1307 Poso, Danlanal serta Ketua Pengadilan Negeri Poso.
Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan kepada kelompok usaha masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Pemberian bantuan ini sejumlah masing-masing Rp. 25 juta kepada 5 kelompok binaan yaitu pada kelompok pembuatan Abon Ikan dari Desa Labuan, kelompok kue bolu "Gita" dari desa Tambaro, kelompok kue ranggina "Sindintowe" dari desa Patiwunga,kelompok kue "Andin's Story" dari desa Owini, serta kelompok Kripik "Mombine" dari desa Masamba.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.
Melalui sambutannya menyampaikan, bahwa perlu peningkatan Nasionalisme bagi kita semua terlebih bagi ASN. Memang tidak bisa disamakan dengan TNI POLRI dalam urusan kedisiplinan mengikuti upacara namun sebagai warga negara yang telah menerima kemerdekaan, seharusnya menunjukkan sikap Nasionalisme dengan setidaknya disiplin mengikuti upacara. Penghormatan kepada sang merah putih harus dengan sikap sempurna. Bendera merah putih harus kita jaga dengan jiwa dan raga, karena perjuangan untuk mengibarkannya bukan suatu hal mudah dan sebentar sampai menjadikan Indonesia merdeka seperti sekarang ini, membutuhkan pemahaman tinggi akan arti Nasionalisme. Bersatu padu dalam rasa Kebangsaan untuk berdaulatnya Negara kita. Olehnya sejak dini, marilah kita secara bersama untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme dengan cara sekecil apapun NKRI merupakan Harga Mati dan Harus Kita Bela Demi Indonesia Yang Mandiri.

Sebagai ASN yang merupakan karyawan negara, telah banyak kemudahan yang diberikan negara bagi kita. Selayaknya kita juga harus memberikan yang banyak bagi negeri ini. Teristimewa bagi Kabupaten Poso agar maju pembangunanya dan sejahtera masyarakatnya. Hidup akan indah apabila hak dan kewajiban bergerak bersamaan secara adil. Kedisiplinan adalah satu kewajiban yang harus kita laksanakan untuk poso yang lebih baik. //ca/pul