Sen12112017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Pertemuan Koordinasi Kegiatan Pengendalian HIV/AIDS

Pertemuan Koordinasi Kegiatan Pengendalian HIV/AIDS

alt

Bupati Poso membuka secara resmi kegiatan HIV/AIDS Bertempat di Aula Pogombo kantor Bupati Poso, pada Selasa (28/11/17).


Dalam sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengingatkan Kasus HIV/AIDS di Indonesia Khususnya di kabupaten Poso cenderung meningkat.

Lanjut dikatakan Bupati bahwa penilaian HIV/AIDS mempunyai implikasi luas terhadap pembangunan kesehatan, Politik, ekonomi sosial budaya, Etika, agama Dan hukum sehingga perlu dilakukan langkah langkah strategis sebagai upaya pengendalian serta dukungan Dan penghargaan atas hak hak pribadi pengidap HIV bersama dengan keluargannya. Untuk itu ditetapkannya Komisi Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS di kabupaten Poso sehingga terjalin koordinasi Dan integrasi program.


Bupati juga sangat menyayangkan, Infeksi HIV/AIDS di Poso cenderung meningkat pada dua tahun terakhir berkaitan dengan bertambah banyaknya hubungan seksual Yang tidak terlindungi yaitu TAHUN 2016 sebanyak 15 Kasus HIV Dan 12 Kasus AIDS, ditahun 2017 ditemukan Kasus HIV sebanyak 17 Kasus Dan AIDS sebanyak 16 Kasus Dan Kasus kematian sebanyak 26 persen, disamping itu masih banyak Yang belum terlaporkan sedangkan kelompok beresiko tinggi.


Bupati berharap melalui pertemuan ini ada upaya upaya untuk menjaga Dan menanggulangi berbagai Penyakit Yang dimaksud Secara terpadu, terkoordinasi, berkesinambungan dibawah koordinasi Komisi Penaggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Poso.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan Dan tanya jawab oleh sekretaris KPA provinsi Sulteng. Acara ini Turut dihadiri oleh kirim Kodim 1307 poso, kepala Titan klas II B Poso, ketua penggerak kab. Poso, BNN, Dan seluruh OPD.