Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Penyuluhan Bahasa Indonesia Di Media Publik Bagi Instansi Pemerintah Dan Swasta Sekabupaten Poso

Penyuluhan Bahasa Indonesia Di Media Publik Bagi Instansi Pemerintah Dan Swasta Sekabupaten Poso

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Balai Bahasa Sulawesi Tengah mengadakan penyuluhan bahasa indonesia di media publik bagi instansi pemerintah dan swasta sekabupaten poso, dibuka secara resmi Bupati Poso yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua, bertempat di aula hotel 77 poso, 16/10/17.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah diwakili oleh koordinator pengajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA) Dr. Herawati, SS, MA, Kepala Bagian Hukum Dan HAM Setdakab Poso Eske Sonora, SH, para pesuluh dan undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis kepala balai bahasa sulawesi tengah yang dibacakan koordinator pengajaran BIPA Dr. Herawati, SS, MA menyampaikan bahwa bangsa indonesia terdiri atas beribu suku bangsa yang menjalin hubungan bilateral dengan negara lain. oleh sebab itu sudah sepatutnya kita utamakan penggunaan bahasa indonesia, kita lestarikan bahasa daerah tetapi tetap kita pelajari bahasa asing. Dr. Herawati, SS, MA juga mengatakan bahwa berdasarkan undang-undang republik indonesia nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan terutama dalam pasal 36 ayar 3-4 "bahasa indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan atau bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau pemukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi yang didirikan atau dimiliki oleh warga negara indonesia atau badan hukum indonesia". Diakhir sambutannya Dr. Herawati mengatakan pemartabatan bahasa indonesia bukan hanya tanggung jawab balai bahasa sulteng sebagai lembaga kebahasaan di daerah, melainkan juga tanggung jawab pemerintah daerah agar bahasa indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan melestarikan bahasa daerah, terutama bahasa daerah yang ada di kabupaten poso sebagai lambang jati diri kedaerahan agar tetap lestari dan tidak terancam punah.

Sementara ditempat yang sama Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso dalam sambutan tertulis Bupati mengatakan penggunaan bahasa indonesia dengan baik dan benar dalam media luar ruang perlu didukung dengan kemampuan berbahasa indonesia para pejabat, staf atau karyawan pemerintah dan swasta sehingga perlu bekerja sama dalam hal peningkatan kompetensi berbahasa indonesia, bukan hanya bagi pejabat melainkan juga bagi seluruh staf atau karyawan pemerintah dan swasta yang ada di kabupaten poso. Diakhir sambutannya Drs. Joksan Lakukua mengatakan kegiatan penyuluhan bahasa indonesia merupakan momen yang sangat penting untuk menimbah ilmu kebahasaan, terutama penggunaan bahasa di media luar ruang baik bahasa indonesia, bahasa daerah maupun bahasa asing.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari Balai Bahasa Sulawesi Tengah, diserahkan langsung oleh Dr. Herawati, SS, MM kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang secara langsung diterima oleh Drs. Joksan Lakukua. //ca’/pul