Kam10192017

Last update12:46:39 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Rencana Pembangunan UPTD Perbibitan Ternak Sulawesi Tengah

Rencana Pembangunan UPTD Perbibitan Ternak Sulawesi Tengah

Bertempat di Ruang Kerja Kantor Bupati, Bupati Poso menerima kunjungan kerja rombongan Dinas Pertanian Propinsi Sulawesi Tengah, (19/9/17). 

Menurut laporan hasil Survey yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Propinsi Sulteng bersama Tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Poso, Padang penggembalaan yg potensial di sulteng terdapat di 2 Kabupaten, yaitu Morowali dan Poso. 


Kabupaten Poso yang saat ini mendapat prioritas pengembangan karena mempunyai prospek yang lebih baik, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Terletak disekitar jalan trans Poso - Napu tepatnya berada di desa Watutau. 


Kabupaten Poso sudah diusulkan ke Kementrian Pertanian untuk menjadi lokasi penggembalaan ternak, dan sekitar 500 Ha dipersiapkan untuk areal peternakan sapi dengan biaya sekitar 3,5 M. Sapi indukan akan diberikan kepada tiap kelompok untuk menjadi modal dan harus dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. 
Menurut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Propinsi Sulawesi Tengah Nahyun Biantong yang didampingi Sekretaris bersama staf, merupakan alasan non teknis yang menjadikan desa Watutau menjadi padang penggembalaan karna Lembah Napu, sangat melimpah pakan ternak karena terdiri dari areal padang yang sangat luas. 
Kadis Perkebunan dan Peternakan Propinsi dalam kesempatan ini sangat mengharapkan kerja sama Pemda Kabupaten Poso agar kegiatan ini mendapat persetujuan sehingga hal yang menyangkut legalitas bisa disiapkan sebelum realisasi. 


Menurut 
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, setahun lalu ada kunjungan dari Kementrian Pertanian di dampingi oleh Pangdam dan Danrem. Dari Kementrian menyarankan untuk membuat proposal, hal ini langsung ditindaklanjuti oleh Bupati Poso dan sudah diserahkan kepada Pangdam. 

Bupati Poso, sangat mendukung kegiatan ini, karena dibalik semuanya itu, mempunyai tujuan utama yaitu untuk kesejahteraan rakyat. Pertemuan ini dihadiri oleh Kadis Pertanian Kab Poso bersama Staf, Kepala Bappeda Kab Poso dan Kabag Hukum. 

Mengakhiri pertemuan ini, Bupati Poso mengharapkan kepada semua pihak, baik Propinsi, Kabupaten dan masyarakat untuk menerapkan Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan krja nyata. Agar yang menjadi program dapat berjalan baik serta sesuai tujuannya.