Jum09222017

Last update02:01:09 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Forum Koordinasi Peningkatan Peran Masyarakat Terhadap Perkembangan Kebudayaan/Kesenian

Forum Koordinasi Peningkatan Peran Masyarakat Terhadap Perkembangan Kebudayaan/Kesenian

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi kegiatan Forum Koordinasi Peningkatan Peran Masyarakat Terhadap Perkembangan ebudayaan/Ksenian daerah Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Poso tahun 2017 yang diprakarsai oleh badan kesatuan bangsa dan politik daerah Provinsi Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Poso di aula Alugoro Poso, pada  Rabu (23/08/17).

 Acara diawali dengan laporan panitia Ansar. R. Yotomarwani, SH kepala bidang ketahanan ekonomi, seni budayaan kemasyarakatan dan agama provinsi sulawesi tengah menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan forum komunikasi peningkatan peran kebudayaan/kesenian di daerah kabupaten poso yaitu meningkatkan peran masyarakat terhadap perkembangan kebudayaan/kesenian
sebagai salah satu nilai kebangsaan guna terciptanya kelestarian kesenian di daerah sehingga dapat mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal di tengah tingginya arus globalisasi untuk mempertahan nilai kebudayaan/kesenian di masyarakat. Ansar. R. Yotomarwani, SH juga katakan bahwa peserta kali ini dari unsur masyarakat dan instansi pemerintah kabupaten poso.

Sementara dalam sambutan gubernur sulawesi tengah dibacakan langsung bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan dengan maraknya arus globalisasi informasi yang masuk ke indonesia akan berdampak positif maupun berdampak negatif terutama dalam bidang kebudayaan karena semakin terkikisnya nilai-nilai budaya yang karena pengaruh budaya asing masuk kenegara kita, oleh karena itu untuk meningkatkan ketahanan budaya bangsa maka pembangunan nasional bertitik tolak dari upaya pengembangan kesenian yang mampu melahirkan nilai tambah kultural, disinilah awal dari kekayaan budaya dan modal sosial kultural masyarakat. Darmin Agustinus Sigilipu juga katakan bahwa sulawesi tengah kaya akan budaya yang diwariskan secara turun temurun, tradisi yang menyangkut aspek kehidupan dipelihara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari kepercayaan lama adalah warisan budaya yang tetap dipelihara dan dilakukan dalam beberapa bentuk dengan berbagai pengaruh moderen serta pengaruh agama karena banyak kelompok etnis tersebut yang merupakan kekhasaan yang harmonis dalam masyarakat.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu juga mengharapkan kepada masyarakat agar dapat berperan dalam mempertahankan serta mengembangkan kebudayaan yang dimiliki baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang, yang berdaya saing dan bernilai jual karena dengan nilai budaya yang unggul dapat meningkatkan industri pariwisata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah obyek-obyek wisata, disamping dapat dijual atau dipromosikan, kekayaan budaya juga diharapkan nilai-nilai budaya yang menjadi kearifan lokal disuatu daerah dapat menfilter budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan adat istiadat kita. Diakhir sambutannya Darmin Agustinus Sigilipu berpesan kepada saudara-saudara peserta agar dalam kegiatan forkom dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan semaksimal mungkin sehingga bisa menggali atau menumbuhkembangkan kembali kearifan lokal dalam rangka penguatan karakter bangsa berdasarkan nilai-nilai pancasila. 

Hadir Dalam kegiatan tersebut asisten administrasi pemerintahan dan kesra setdakab poso M. Ari Pamungkas, SH, MH, kepala dinas pariwisata, ekonomi dan kreatif kabupaten poso Drs. Josep Magido, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten poso Dr. Drs. Jhon Yus Madoli, M.Si, kepala bapelitbangda kabupaten poso Suratno, SP, M.Si, Dr. Cristian Tinjabate, M.Si.selaku pembawa materi, para peserta dan undangan lainnya.