Sab08192017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya HUT Desa Pendolo Ke-108

HUT Desa Pendolo Ke-108

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Acara puncak Hari Ulang Tahun Yang Ke-108 Desa Pendolo mengangkat tema "Bersama Membangun Desa". Dengan Semangat Hari Ulang Tahun Desa Pendolo Ke-108 Tahun 2017, Mari Bersama - sama Bergandengan Tangan Membangun Desa Demi Terwujudnya Masyarakat Yang Sehat, Sejahtera, Mandiri dan Berkeadilan, sebagai sub tema pada kegiatan ini. Senin, (31/07/2017). Kepala dinas Perhubungan, Kepaladinas Pemberdayaan dan Keluarga Berencana, Camat Pamona Selatan, Camat Pamona Tenggara, Danramil, Kapolsek, Ketua Penggerak PKK Kepala - kepala Desa lingkup Kecamatan Pamona Selatan, ikut mendampingi Wakil Bupati Poso. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh warga masyarakat Desa Pendolo, mantan Kepala Desa Pendolo R. Ladjeba, Tokoh Agama, Majelis Adat, Tokoh Pemuda, Ketua dan anggota BPD, LPM, para Pendeta dari Denominasi Gereja, para pewarta cetak maupun elektronik serta para undangan.

Ketua Panitia Jemi Rangian menyampaikan 5 Juli adalah tanggal bersejarah bagi Desa Pendolo, karena pada tanggal tersebut kisah Desa Pendolo bermula. Pelaksanaan acara ini dimaksudkan untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan dalam membangun nilai-nilai budaya serta memberi semangat baru untuk bersama membangun desa dalam bingkai Sintuwu Maroso sebagaimana juga yang tertuang dalam Visi Misi Pemdes Pendolo. Panitia pelaksana dipilih dalam Forum Musyawarah Desa dan ditetapkan oleh Kades Pendolo. Jenis lomba yang dilaksanakan pada HUT kali ini meliputi Bola Kaki, Bola Voli Putra dan Putri yang diikuti oleh 9 peserta sebagaimana jumlah RT yang ada dan telah dilaksanakan sejak tanggal 20 s/d 28 Juli 2017, lomba kuliner yang sudah terlaksana saat ini dan Lomba Kebersihan dan Keindahan Lingkungan yang terlaksana pada tanggal 24 s/d 27 Juli 2017. Selanjutnya disajikan Pagelaran Seni Musik Tradisional 'Karawitan' yang dipersembahkan oleh anak-anak SMP 1 Pamona Selatan, Abram Darma Badilo, S.Pt mewakili masyarakat Desa Pendolo menyampaikan rasa syukur yang tak terkira karena kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Terima kasih kepada Pemda Kabupaten Poso atas kesediaan untuk menghadiri acara ini, dan kedepan Masyarakat Desa Pendolo akan terus mendukung setiap kebijakan Pemda Kabupaten Poso untuk membangun Poso kearah yang lebih baik. Dilanjutkan dengan penampilan Tari Ende Asli dan Musik Karambangan. Kepala Desa Pendolo Jon Agus Melubu menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa terlaksana atas partisipasi seluruh masyarakat Desa Pendolo yang telah berlelah untuk mensukseskan acara ini.

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa ditengah kesibukan yang padat, adalah suatu keharusan untuk terus bekerja bagi seluruh warga masyarakat, dan pada saat ini bertemu kembali dengan masyarakat Desa Pendolo untuk menghadiri langsung HUT Desa Pendolo yang ke-108. Wakil bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam memeriahkan hari besar bagi desanya tercinta, dengan menggelar hajatan besar. Pendolo adalah desa yang terletak di pinggiran danau poso dan memiliki potensi pariwisata yang harus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat, potensi hasil danau yang merupakan sumber protein bagi keluarga harus dikelola dengan baik agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita. Sumber daya alam yang melimpah, serta potensi pertanian yang sekiranya jika dikelola dengan lebih baik maka pasti akan memberikan hasil yang menggembirakan, menambah PAD desa dan Kabupaten serta akan meningkatkan kesejahteraan warga. Desa Pendolo merupakan desa yang tengah bergerak maju terhadap pemenuhan hajat hidup masyarakat. Sudah banyak hal yang menunjukkan bahwa desa Pendolo telah banyak mengalami perubahan. Danau yang merupakan ciri desa Pendolo harus dijaga dan dipelihara dengan tidak mengotori dengan membuang sampah dan mengelola hasil danau harus sesuai ketentuan. Masyarakat Desa Pendolo memiliki inovasi dan kreatifitas tinggi, hal ini juga menjadikan kekuatan bagi desa untuk maju dan dapat memaknai dinamika penduduknya dengan pembangunan yang berkualitas dan merata. Selamat HUT Ke - 108 Desa Pendolo, Semakin Maju dan Sejahtera.

Pemukulan gong oleh Wakil Bupati Poso menutup seluruh rangkaian acara kemudian perkunjungan ke sejumlah 9 stand sesuai jumlah RT yang ada di Desa Pendolo. Penyalaan dan peniupan lilin serta pemasangan kembang api menambah kemeriahan acara. //ca’/pul