Kam10192017

Last update12:46:39 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera Program Keluarga Harapan

Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera Program Keluarga Harapan

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri acara Penyerahan secara Simbolis Kartu Keluarga Sejahtera Program Keluarga Harapan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Dilaksanakan di halaman PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Poso (31/07/2017). Didampingi oleh KADIS Sosial, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kabid dari Dinas P&K, Kabag Humas & Protokoler, Kabag Hukum dan Camat Poso Kota Utara serta dihadiri oleh masyarakat penerima manfaat serta staf BRI Cabang Poso.

Wakil Bupati Poso melalui sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah akan mengucurkan bantuan Keluarga Harapan kepada masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Dalam upaya pencegahan berbagai hal negatif yang dapat terjadi dilingkungan keluarga dan masyarakat, sehingga diharapkan dengan adanya bantuan ini, maka Rumah Tangga bisa memenuhi kebutuhan keluarga yang paling mendesak, sehingga harus digunakan sebaiknya dan harus pandai memilih kebutuhan mana yang harus diprioritaskan. Bantuan ini akan diberikan per tiga bulan dengan jumlah 500.000 rupiah. Jika tidak ditarik untuk kebutuhan maka dapat menjadi tabungan yang sewaktu-waktu bisa diambil melalui ATM. Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si kembali mengingatkan bahwa anak adalah tulang punggung, dimasa datang merekalah yang akan meneruskan tumbuh dan kembang Daerah dan Negara kita. Jadi anak semestinya menjadi fokus utama keluarga untuk memenuhi kesehatan dan pendidikannya agar menjadi anak yang siap menghadapi perkembangan jaman. Mengakhiri sambutannya Wakil Bupati Poso berharap semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi penerimanya. Selanjutnya penyerahan buku rekening dan jumlah bantuan yang akan diterima.


Kepala BRI Cabang Poso Syafrudin menyampaikan bahwa Bank BRI merupakan salah satu Bank yang dipercaya oleh Pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Kartu Keluarga Sejahtera. Program Keluarga Sejahtera dimaksudkan untuk memberikan bantuan Sosial baik tunai maupun non tunai kepada masyarakat kurang mampu sebagai penerima manfaat. Penerima manfaat diharuskan untuk membuka buku rekening, sehingga dana bantuan dapat ditransfer langsung ke masing-masing penerima tanpa harus antri menunggu giliran pembayaran dan dapat menarik dana dengan ATM yang bisa dilakukan dimana saja. Tujuan penggunaan rekening agar lebih memudahkan dalam penyaluran bantuan. BANK BRI telah membuat sejumlah 1.171 kartu ATM untuk Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan sebanyak 8.709 kartu ATM untuk Kecamatan lainnya. Bagi desa yang belum tersedia ATM, Bank BRI menyediakan sebanyak 55 Agen Briling dan akan terus ditambah, diharapkan nantinya di setiap desa tersedia 1 Agen Briling. Agen Briling pada prinsipnya menyerupai ATM yang dapat melakukan transaksi tarik tunai, tabungan, transfer, pembelian pulsa listrik maupun pulsa telepon. Dioperasikan oleh orang yang ditunjuk oleh Bank BRI dengan beberapa syarat tertentu. Biasanya terdapat di toko yang ada di desa. Bank BRI membuka kesempatan untuk menjadi Agen Briling di desa karena akan menambah penghasilan bagi para pelakunya.
Penyerahan bantuan ini diperuntukan untuk peninkatkan gizi keluarga dan pendidikan anak . Tidak bisa digunakan untuk hal yang lain. Bank BRI juga akan mengeluarkan Kartu Tani, sehingga Petani dapat meningkatkan hasil pertanian dengan produk yang maksimal, sehingga menambah pendapatan. Dengan cara ini, tidak akan bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk meraup keuntungan terlebih terhadap pengadaan saprotan bersubsidi. //ca’/pul