Sab08192017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya HUT Desa Sangginora Ke- 77

HUT Desa Sangginora Ke- 77

alt

Kampung Waroe merupakan sebuah Kampung yang di huni oleh sebagian warga suku Pebato, seiring dengan berkuasanya Kolonial Belanda diwilayah Pebato maka warga Waroe dipaksa untuk meninggalkan kampung halamanya. Exodus warga Waroe yang mencari tempat untuk bermukim, mereka menemukan tempat yang dirasa cocok untuk dijadikan sebagai pemukiman yang bernama Poencu (Pindah/Bergeser) yang merupakan Tanah Ulayat. Pada tanggal 06 Juli 1940 Kampung Sangginora disahkan menjadi Desa definitif. Nama Sangginora diambil dari salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh ditepi aliran sungai Puna yang konon akarnya berkhasiat menyembuhkan penyakit sampar yang menyerang masyarakat pada masa itu. Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua, menghadiri HUT Desa Sangginora Ke- 77 Tahun 2017, bertempat di depan Kantor Desa Sangginora Kecamatan Poso Pesisir Selatan Kabupaten Poso, kamis (06-07-2017). Dimulai dengan acara penyambutan, Plt. Sekda Kabupaten Poso diiringi dengan tarian menuju tempat acara bersama Camat Poso Pesisir Selatan, Danramil, Kapolres serta Ketua Penggerak PKK Kecamatan Poso Pesisir Selatan dan disambut secara adat Pekasiwia.

Selanjutnya Ibadah syukur yang dipimpin oleh Pdt. Frans Untundjepa, Sth. Selanjutnya sambutan kepala Desa Sangginora Yusia Panjopu, SP. Menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas waktu yang sudah diberikan kepada masyarakat Sangginora untuk menghadiri HUT Desa dan merupakan kebanggan bagi masyarakat karena bisa merayakan Bersama Bupati Poso yang diwakili oleh Plt. Sekda Kabupaten Poso hari bersejarah bagi masyarakat Desa Sangginora. Secara Geografis, luas wilayah Desa Sangginora 18.589 Km dengan jumlah penduduk 880 Jiwa. Laki-laki 446 Jiwa dan Perempuan 434 Jiwa dengan Jumlah KK 254.

Melalui sambutan Bupati Poso yang disampaikan oleh Plt. Sekda Kabupaten Poso menyampaikan selamat atas HUT Desa Sangginora yang ke- 77, sudah banyak perubahan yang terjadi di Desa Sangginora dari segi Pembangunan, dan akan terus melanjutkan Pembangunan di Desa ini agar kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dengan merata. Kerjasama saling bahu membahu seluruh elemen masyarakat harus terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan bersama yaitu membangun Kabupaten Poso sehingga slogan CERDAS akan terwujud secara nyata. Disela-sela sambutaan Bupati Poso yang dibacakan oleh Plt Sekda Kabupaten Poso, menghimbau bagi masyarakat Wajib mengibarkan bendera Merah Putih selama bulan Agustus dan harus dibuat sebaik mungkin terlebih harus kuat. Upacara Kemerdekaan RI tahun ini harus bernuansa merah Putih. Mengakhiri sambutan Bupati Poso oleh Plt. Sekda Kabupaten Poso diajarkan yel-yel Kabupaten Poso yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat sebagai salah satu ciri masyarakat Poso. Jika Pemberi salam menyampaikan Selamat Pagi, Siang, Sore atau malam maka yang mejawab harus mengatakan pagi, siang, sore atau malam sebanyak 3 kali dan diakhiri dengan kalimat Maroso secara tegas. Hal ini menjadi salah satu ciri khas bagi masyarakat Poso untuk penyemangat. Selanjutnya oleh panitia dibacakan nama-nama Kepala Desa Sangginora sejak Tahun 1940 s/d sekarang dan memberikan piagam penghargaan, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi Dasa Wisma yang berhasil memenangkan lomba kebersihan lingkungan.