Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Politik Dan Keamanan Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Poso

Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Poso

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

POSO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Poso Dilantik dan diambil Sumpah dan Janjinya dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Anggota Panwaslu dilantik secara langsung oleh Ketua Panwaslu Kab. Poso Abdul Malik Saleh, S.Sos, M.Ap di saksikan secara langsung oleh Bupati Poso dan perwakilan Forkopimda. Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Poso, Senin (13/11/17).

Adapun tema yang diangkat yaitu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Pelantikan diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan, dan dirangkaikan dengan penandatanganan Berita Acara oleh Ketua Panwaslu Kabupaten dan perwakilan Anggota Panwaslu serta Pembacaan Fakta Integritas oleh Perwakilan Anggota Panitia Pengawas Pemilu.

Bupati Poso dalam membacakan sambutannya mengatakan diantaranya bahwa pelantikan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan penyelenggaraan Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Pelantikan ini menandai diterimanya kepercayaan dan mandat untuk melaksanakan tugas, fungsi serta tanggung jawab mengawal seluruh rangkaian tahapan pemilu mulai dari tahapan pendataan calon pemilih, pendataan penduduk, sosialisasi sampai kepada tahapan kampanye dan pencoblosan serta penghitungan suara. Pelantikan ini juga merupakan legalitas perangkat pengawasan Pemilukada. Lembaga Panwaslu memiliki peran dan posisi yang strategis. Tugas khusus dari panwaslu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu agar berjalan sesuai dengan amanat UU dan peraturan terkait lainnya.

Diakhir sambutannya Bupati Poso berpesan kepada para Panwaslu agar memiliki integritas pribadi yang handal dan memiliki integritas pribadi yang handal dan memiliki komitmen yang tangguh dalam melaksanakan tugas secara professional, tidak terombang ambing oleh bujukan materi, membangun koordinasi dan sinergitas lembaga lainnya dalam mendukung tugas panwaslu, dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam menyongsong Penyelenggaraan Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Ketua Panwaslu Kabupaten Poso dalam laporannya mengatakan bahwa Panwaslu Kecamatan akan melakukan pengawasan di Kecamatan pada Pemilu mendatang, Abdul berharap kepada para Anggota Panwaslu agar menjaga solidaritas sesama anggota dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Turut Hadir dalam Pelantikan ini Anggota Forkopimda Poso, Anggota DPRD Kabupaten Poso, Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rombongan Bawaslu Propinsi Sulawesi Tengah, para Anggota Panwaslu Kabupaten, serta undangan lainnya. //ca’/pul