Sen12112017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Politik Dan Keamanan Di HUT Ke-72 TNI Di Poso, TNI Berhasil Bebaskan Sandera

Di HUT Ke-72 TNI Di Poso, TNI Berhasil Bebaskan Sandera

alt

​Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya tanggal 5 Oktober, adalah merupakan Pelestarian Tradisi, Nilai Juang dan Memupuk Kebanggaan serta Jiwa Korsa TNI.Peringatan HUT TNI Ke-72, tanggal 5 Oktober 2017 se-Sulawesi Tengah, dipusatkan dilapangan Alun-alun Sintuwu Maroso, Poso.


Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilupu bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan amanat Panglima TNI dalam upacara HUT TNI Ke-72 di poso.Adapun tema HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 yaitu, “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur”.

Tema tersebut bermakna bahwa TNI bertujuan merefleksikan niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk selalu berbuat dan berkarya lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI.

Usai seluruh prosesi upacara, dilanjutkan dengan beberapa aksi, teatrikal, tari, dan parade defile dari Tiga (3) Matra TNI bekerjasama dengan partispasi warga dan pihak Pemda Poso.

Unsur dari pihak dari Kepolisian pun dilibatkan dalam aksi parade defile. Kegiatan HUT TNI di poso berlangsung meriah, warga masyarakat berbondong-bondong datang menyaksikan aksi-aksi yang ditunjukan oleh para prajurit TNI. Yang paling ditunggu-tunggu adalah aksi para pasukan elit TNI dari satuan Gultor Kopassus saat membebaskan seorang sandera dari para teroris. Pasukan elite TNI ini turun dari helikopter tempur dengan kecepatan tinggi. Puncaknya pasukan TNI berhasil menyelamatkan dan menghancurkan tempat penyenderaan dengan bom.

“Wah menarik sekali pertunjukan ini. Saya datang bersama anak saya yang masih SD, kami merasa terhibur. tapi kaget juga tadi, saat adegan bom meledak” ujar Jumiati (34) warga Gebangrejo.

Upacara peringatan HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 ini ikut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Danrem dan Wakil 714, Kapolda Sulawesi Tengah, Danlanal Palu, Wadan Kalakops Tinombala, para petinggi TNI dari 5 kodim di Sulawesi tengah yakni, Kodim 1305 Buol Toli-Toli 1306 Donggala, Kodim 1308 Luwuk Banggai, Kodim 1311 Morowali dan Kodim 1307 Poso, selaku tuan rumah, Para Perwira Satgas Tinombala, Kapolres Poso, Ketua dan Wakil DPRD Poso, Muspida, Muspika, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, serta para tamu undangan dari dalam dan luar daerah Poso.

Serangkaian kegiatan juga telah dilakukan oleh aparat TNI untuk memperingati HUT TNI ke- 72 yang dipusatkan di Poso, Yakni mulai dari penanaman pohon eboni, fun bike, yang digelar bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, hingga bakti sosial dan sunatan massal.

Pada Rabu (/10/17) kemarin, kegiatan dimulai dari ziarah nasional di taman makam pahlawan (TMP) Poso pada pukul 07.00 Wita. Kegiatan dilanjutkan pembekalan, dengan topik pembahasan cara berpikir suprarasional, di Aula Batalyon 714/Sintuwu Maroso, dilanjutkan dengan anjangsana ke panti asuhan, dan Korp Raport kenaikan pangkat bagi prajurit TNI, yang digelar di lapangan Batalyon 714/Sintuwu Maroso, di kelurahan Ranononcu.

Menurut Kapenrem 132/Tadulako, Mayor Inf Dedy Afrizal, di pilihnya Poso menjadi lokasi puncak perayaan HUT TNI ke 72 di Sulawesi Tengah, adalah berdasarkan kondisi Poso saat ini yang sudah kondusif. "Ini menunjukkan kondisi Poso sudah aman," ujarnya.

Dalam keterangannya, Dedy Afrizal menyebutkan acara HUT TNI ke 72 kali ini melibatkan sekitar 3.000 pasukan TNI dari tiga matra, yakni TNI AD, AL, dan AU.