Jum05262017

Last update12:19:57 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Politik Dan Keamanan

Politik dan Keamanan

Tatap Muka Pangdam XIII Merdeka Bersama Tiga Unsur Pilar Se-Kabupaten Poso

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri acara tatap muka Pangdam XIII Merdeka bersama tiga unsur pilar se-wilayah kabupaten poso bertempat di gedung torulemba rumah jabatan bupati poso, selasa 09/05/17. Acara tatap muka ini dihadiri oleh Aster Kasdam Kol. Inf. Theo Kawatu, Kasmin Kasdam Mayor Inf. Iman, Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf. Moh. Saleh Mustafa, Dansatgas Operasi Tinombala, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Poso, Dansatgas Marinir Tinombala, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Camat, lurah serta kepala desa se kabupaten poso.

Dalam sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan peran strategis tiga unsur pilar desa (Kades, Babinsa dan Babikamtibmas) agar selalu bersinergi dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan tugas mulia lainnya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah desa masing-masing dan ketiga unsur pilar ini merupakan ujung tombak pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat karena itu kerjasama dan komunikasi yang terjalin harmonis akan sangat berdampak luas untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat desa didalam mewujudkan kesejahteraan. Darmin Agustinus Sugilipu juga mengatakan melalui dialog dan tatap muka akan lebih intens lagi dalam memahami tugas mulia dari tiga pilar desa dan menjadi bahan evaluasi bersama agar lebih meningkatkan peran serta seluruh stakeholder yang ada di desa untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan sosial kemasyarakatan secara umum. Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan terimah kasih kepada Pangdam XIII Merdeka yang telah memberi perhatian khusus bagi masyarskat tana poso guna menata kehidupan yang lebih baik kedepan, kita yakin dan perrcaya bila jajaran TNI/Polri serta pemerintah daerah maupun manunggal dengan rakyatnya niscaya tidak ada kekuatan apapun yang menghancurkan NKRI.

Sementara itu Pangdam XIII Merdeka Mayjend. TNI Gani Warsito menyampaikan bahwa ini merupakan nawacita dari delapan agenda prioritas pemerintah salah satunya menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, membangun indonesia dari pinggiran dan memperkuat daerah-daerah desa dalam kerangka negara indonesia. Diakhir arahannya Mayjend. TNI Gani warsito mengharapkan kedepannya tiga pilar menjadi garda terdepan penggerak kemajuan bangsa menuju indonesia yang mandiri, berdaulat dan bermartabat.//ca’/pul

alt

alt

altalt

Rapat Kunjungan Kerja PANSUS III DPRD Kabupaten Sigi

  WAKIL BUPATI POSO, Ir. Samsuri, M.Si menghadiri Rapat Kunjungan Kerja PANSUS III DPRD Kabupaten Sigi di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Poso Kamis, 30/3/17. Rapat ini bertujuan membahas tentang : Penegasan tapal batas Wilayah Kabupaten Poso dengan Kabupaten Sigi dan Penegasan status kependudukan masyarakat yang bermukim di wilayah Dongi-dongi. Hadir dalam rapat ini, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRD Kabupaten Poso, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sigi beserta anggota PANSUS III dan Staf Ahli DPRD Kabupaten Sigi, Asisten I PEMDA Poso, SKPD terkait, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sekcam Lore Utara, Dinas P&K, Sekretaris KESBANG, Sekwan Kabupaten Poso serta seluruh wartawan.

  Menjawab maksud dan tujuan dari PANSUS III Kabupaten Sigi WAKIL BUPATI Ir. Samsuri, M.Si menegaskan bahwa mengenai tapal batas sebagaimana di dukung oleh pemaparan anggota DPRD Poso dan anggota DPRD Sigi bahwa sejak tahun 2012 masalah tapal batas sudah selesai dan diakui bahwa Dongi-dongi masuk dalam Wilayah Kabupaten Poso ditandai dengan penanaman tapal batas dengan kode Sintuwu Maroso. Adapun mengenai status masyarakat di Dongi-dongi yang terdiri dari 581 KK berKTP Sigi dan 115 KK berKTP Poso, WAKIL BUPATI POSO menegaskan sebagai mana ketentuan perundang-undangan mengenai batas Wilayah,maka seluruh masyarakat harus berKTP dan menjadi warga masyarakat Kabupaten Poso. Selanjutnya memgenai hal-hal lain yang mendasar, seperti status sekolah SD yang bangunannya adalah milik PEMDA Sigi dan sebagian juga dibangun oleh PEMDA Poso harus dibicarakan secara kekeluargaan oleh kedua Pemerintah Kabupaten. Sebagai salah satu aset Daerah Kabupaten Poso, Dongi-dongi harus menjadi prioritas penanganan demi meratanya Pembangunan di Wilayah Poso dalam meraih Adipura.//ca’/pulalt

Wabup Hadiri Perayaan Hut Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55 di Kabupaten Banggai

  Wabup Poso Ir, Samsuri, M.Si menghadiri perayaan Hut Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Lapangan Mutiara Luwuk Kabupaten Banggai Rabu, 29/3/2017. Peringatan Hut pol pp dan satlinmas tersebut mengusung tema peningkatan peran satuan polisi pamong praja dan satuan perlindungan masyarakat dalam menjaga kemajemukan masyarakat daerah.

 Sebelum tiba di tempat acara, Wabup menyempatkan hadir di tengah-tengah satuan pol pp dan damkar kabupaten Poso memberikan semangat, dukungan dan arahan agar utusan satuan ini yang turut dalam kegiatan hut tersebut tetap menjaga kekompakkan, disiplin serta kredibilitas satpol PP dan Satuan Damkar Kabupaten Poso membawa nama harum daerah sintuwu maroso tercinta.//ca'/pul

altalt

Bupati Poso melepas Pasukan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Poso

 Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu melepas secara langsung Pasukan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Poso dalam rangka mengikuti upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-67 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-55 Tingkat Provinsi Tahun 2017 di Luwuk Kabupaten Banggai bertempat di halaman kantor Bupati Poso, jumat 24/3/17.

  Dalam sambutannya Darmin Agustinus Sigilipu mengharapkan para personil utusan yang mewakili daerah agar tetap menjaga nama baik daerah kabupaten poso dengan menunjukkan sikap disiplin yang tinggi, kerjasama tim yang solid, barisan yang teratur dan rapih, murah seyum dan sikap terpuji lainnya dan perlu diingat jumlah personil yang berangkat sama dengan jumlah personil yang pulang kembali ke poso. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Asisten Administrasi Umum Setdakab Poso Drs. Joksan Lakukua, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Poso selaku komandan Apel Sriayu Utami, S.Sos, MT, para pejabat dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso dan undangan lainnya.//ca’/pulaltalt

Kunjungan Kerja Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tana Toraja

  Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Suharto Kandar, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Poso M. Ari Pamungkas, SH.MH, pagi tadi, jumat 3/3/17, menerima kedatangan Kunjungan Kerja Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tana Toraja Andarias Tadan, SE bersama Rombongan Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Tana Toraja lainnya dalam rangka konsultasi implementasi pelaksanaan Alokasi Dana Desa di Kabupaten Poso. Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan cendera mata oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tana Toraja Andarias Tadan, SE. Bertempat di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, turut hadir dalam kegiatan, Komisi 1 Anggota DPRD Kab. Poso Dewa Nyoman Ariebowo dan Yus Ama, para SKPD terkait, Camat Poso Pesisir Muchlis Saing, SH serta Kepala Desa bersama Sekretaris Desa Lanto Jaya.
   Menurut Andarias Tadan, SE, Kabupaten Poso sebagai tempat tujuan studi banding karena poso merupakan daerah percontohan pengelolaan ADD yang baik. Hal ini dibuktikannya bahwa penyaluran ADD di desa lanto jaya secara administrasi dan pertanggungjawaban berjalan baik tanpa ada penyimpangan dana yang disalurkan dari pusat. Selain itu Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan terima kasih atas kunjungan Komisi 1 DPRD Kabupaten Tana Toraja ke Kabupaten Poso khususnya di desa lanto jaya. Hal lainnya disampaikan bagaimana mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten poso agar dapat di kenal, seperti pariwisata di tana toraja yang sudah dikenal oleh dunia. //ca’/pul

altalt

SERTIJAB DANDIM 1307 POSO

  BERTEMPAT DIAULA DANDIM 1307 POSO, KAMIS 2 FEBRUARI 2017 DILAKUKAN SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KODIM 1307 POSO, LETKOL INF. RIAN HANANDI, S.SOS DANDIM 1307 POSO (YANG LAMA) KEPADA LETKOL INF. DODY TRIYO HADI, S.SOS  SELAKU DANDIM 1307 POSO (YANG BARU). TURUT HADIR PARA ANGGOTA FORUM KOORDINASI PIMPINAN DAERAH KABUPATEN POSO,ANGGOTA DPRD POSO,TOKOH MASYARAKAT, TOKOH AGAMA, TOKOH ADAT, PEMUDA DAN TOKOH PEREMPUAN KABUPATEN POSO.

  BUPATI POSO DARMIN AGUSTINUS SIGILIPU SELAKU PIMPINAN DAERAH, HADIR DAN MEMBERIKAN SAMBUTAN.BUPATI POSO BERSAMA MASYARAKAT KABUPATEN POSO BAHKAN SELURUH STAKEHOLDER DIDAERAH INI MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA BAPAK LETKOL INF. RIAN HANANDI YANG TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DAN PENGABDIAN DI TANA POSO DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.


  UCAPAN SELAMAT DATANG DIBERIKAN KEPADA BAPAK LETKOL INF. DODY TRIYO HADI, S.SOS SELAKU DANDIM 1307 POSO YANG BARU OLEH BUPATI POSO SERTA MENARUH HARAPAN, SEMOGA TUGAS DAN PENGABDIAN DANDIM 1307 POSO YANG BARU NANTINYA DAPAT TERUS BERSINERGI DENGAN PEMERINTAH DAERAH BAHKAN SELURUH STAKEHOLDER DAN  KOMPONEN MASYARAKAT SINTUWU MAROSO POSO SEHINGGA TETAP MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI MAYSARAKAT KABUPATEN POSO  DALAM SUASANA SEJUK, AMAN, DAMAI DAN TENTRAM SEBAGAI WILAYAH  TERRITORIAL BAGIAN DARI NKRI HARGA MATI./ca'/pul

alt

alt

WABUP POSO IRUP PADA APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN TINOMBALA 2016

Poso_Apel gelar pasukan operasi lilin tinombala yang digelar Kepolisian Resort Poso berlangsung khidmad di Halaman Kantor Polres Poso Kamis, (12/22/16) dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Poso Ir, Samsuri, M.Si.

altalt

Gelar pasukan ini diikuti sejumlah pasukan dari kesatuan TNI, Polisi, Brimob, Pol PP, Dishub Poso, anggota Senkom, Satuan penanggulangan bencana Poso, Pramuka dan tim kesehatan.

Wabup dalam membacakan amanat  tertulis Kapolri antara lain mengatakan bahwa apel yang dilaksanakan tersebut sebagai pengecekan akhir kesiapan pasukan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017 baik pada aspek personil, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsure terkait.Di samping itu Kapolri juga menyampaikan dinamika kehidupan nasional yang terjadi beberapa bulan terakhir menunjukkan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi baik inter maupun antar agama, menjadi lebih konplekskarena kejadian tersebut berlangsung ditengah suasana peningkatan suhu politik akibat pilkada serentak 2017.

Berbagai hal tersebut menjadi tantangan tugas bagi polri dan seluruh elemn terkait.Lanjut Kapolri, peningkatan aktifitas masyarakat tersebut harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan melalui operasi lilin 2016 yang berlangsung selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2016 sampai dengan 1 Januari 2017, dilakukan dengan cara mengedepankan  prepentif yang didukung kegiatan intelejen, serta penegakan hukum secara tegas dan professional.Mengakhiri sambutannya Kapolri Drs, M. Titio Karnavian, M.A, Ph.D. menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam apel gelar pasukan operasi lilin 2016 “Semoga pengabdian yang kita laksanakan ini akan menjadi catatan amal ibadah saudara /saudari sekalian dihadapan Tuhan Yang Maha Esa” harapnya. 

Bela Negara Untuk Pelajar

Dalam upaya menangkal paham radikalisme dari dari dalam dan luar negeri serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan wawasan berkebangsaan.

Kodim 1307 Poso memberikan materi Bela Negara kepada seribuan anak pelajar dari sekolah menengah pertama dan atas di Kabupaten Poso di Gedung Torulemba rumah jabatan Bupati Poso, pada Kamis (11/08/16).

Didalam penjelasannyaa Dandim 1307 Poso Letkol. Ryan Hanandi memaparkan bahaya oleh paham baru yang belum tentu baik untuk kesatuan Negara Republik Indonesia. Selain itu Dandim meminta para pelajar untuk mengenal potensi daerahnya sendiri dengan mengenal dan mengetahui kekayaan alam daerah serta menjaga lingkungan sekitar dan yang ada terkandung didalamnya.

Selain mengangkat isu radikalisme, pihak TNI juga mengungkapkan Narkoba dan Miras adalah musuh bangsa yang harus diperangi bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat. "selain radikalisme, narkoba dan miras juga salah satu yang bisa jadi penyebab penghancur masa depan" tegas dandim 1307 Poso.

Upaya ini dilakukan pihak TNI kepada para pelajar yang akan menjadi duta pembawa pesan ke masa depan indonesia agar tetap terjaga keutuhannya dari segala macam ancaman.

alt

Kunjungan Pansus RUU Tindak Pidana Terorisme di Poso

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memberikan Sambutan dalam acara Pertemuan Pansus RUU Tindak Pidana Terorisme bersama Pemda dan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda Se-Kabupaten Poso di Gedung Torulemba Rujab Bupati Poso. Dalam Pertemuan ini di bagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama antara Pansus bersama SKPD Terkait, sesi kedua antara Pansus dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Se-Kabupaten Poso. Dalam Pertemuan ini membahas tentang paham radikalisme dan bagaimana cara mencegahnya tanpa mendiskreditkan agama tertentu. (Kamis 21/7/2016).

altalt

alt

KUNKER PANGDAM 7 WIRABUANA DI POSO : BUMI SINTUWU MAROSO POSO YANG PLURAL NAN DAMAI

Bumi Sintuwu Maroso adalah bumi yang damai dan mempunyai sejarah panjang tentang masyarakatnya yang plural dengan keragaman suku, budaya dan istiadatnya. Keragaman tersebut adalah Anugerah dari Yang Maha Kuasa yang harus kita cari persamaannya sehingga kita tunjukkan kepada dunia bahwa daerah Poso ini adalah daerah yang aman, damai, sentosa dan sejahtera. Hal tersebut diungkapkan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti di Lapangan Desa Tabalu Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso Sabtu, 4/06 saat membuka kegiatan Operasi Territorial TNI Tahun 2016 di Kabupaten Poso.Pandam juga menjelaskan tujuan kegiatan operasi territorial TNI yakni ada dua yaitu, pembangunan fisik dan mental. Lanjut dikatakan Pangdam bahwa pembangunan fisik dengan percetakan sawah baru, rehab rumah, jamban sehat dan lain-lain, kegiatan pembangunan mental dengan ceramah-ceramah wawasan kebangsaan dan pencerahan lainnya dibidang kesehatan, kesadaran hukum dan ketertiban masyarakat.Sementara itu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya menjelaskan bahwa keberadaan TNI tidak saja melaksanakan fungsi-fungsi pertahanan dan keamanan tetapi dalam proses pembangunan TNI juga turut memberi partisipasi secara nyata bagi kesejahteraan masyarakat. karya bakti TNI melalui program kegiatan Satgaster TNI-AD “sintuwu maroso” merupakan bukti nyata bahwa peran TNI juga memberi kontribusi positif bagi percepatan pembangunan khususnya di wilayah pedesaan.Lanjut Bupati, upaya dan kerja keras di lakukan selama ini adalah untuk membangun kembali citra kabupaten poso serta mengangkat harkat dan martabat masyarakat kabupaten poso, untuk bisa sejajar dengan masyarakat daerah lain, sehingga program dan prioritas untuk mempercepat pembangunan di bumi sintuwu maroso tercinta ini, menuju kabupaten poso yang cerdas (ceria, elok, rapih, damai, adil dan sejahtera.)Dalam kegiatan pembukaan Opster TNI Angkatan Darat 2016 di Poso pesisir diserahkan sembako gratis dengan dimeriahkan atraksi marawis dari kesatuan Marawis TNI, Tari Motaro-Taro dari Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Poso serta ceramah agama dari Ketua MUI Kabupaten Poso H. Arifin Tuamaka, S.Ag, MM.

alt

Menkopolhukam RI Kunjungi Poso

Menkopolhukam membahas tiga agenda penting, seperti program deradikalisasi, masalah narkoba, dan penjelasan tentang program penggunaan dana desa. Menurut Luhut, program deradikalisasi tetap harus dimaksimalkan, mengingat adanya kelompok sipil bersenjata pimpinan Santoso yang masih berada di hutan.
Untuk masalah narkotika, Luhut juga meminta aparat dan pemerintah daerah untuk terus melakukan sosialisasi hingga ke tingkat bawah."Harus dilakukan mengingat narkotika merupakan ancaman serius," Tegasnya.
            Sementara dalam sambutannya Bupati Poso Darmin A.Sigilipu antara lain mengatakan  bagi pemerintah  daerah kabupaten poso bersama masyarakat kunjungan ini sangat berarti dan memiliki makna tersendiri, betapa seriusnya perhatian Pemerintah Pusat Kepada Daerah Kabupaten Poso. Sehingga kunjungan ini memberikan spirit dan penguatan kepada Pemerintah Daerah  bersama masyarakat kabupaten poso yang multi etnis dan beraneka suku, agama dan ras. "Melalui pencerahan yang disampaikan bapak menteri kepada masyarakat kabupaten poso tentu akan lebih membuka wawasan kebangsaan  dan semangat patriotik sebagai anak bangsa yang cinta tanah air dan negara Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945", kata bupati Poso.

alt

alt

Kemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Poso terpilih resmi diumumkan di DPRD Poso

  Dengan  dikeluarkannya keputusan KPU Poso nomor 34/kpts/kpu.pso-024.433149/i/2016  tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati poso tahun 2015, maka sesuai mekanisme dan aturan yang ada  pihak DPRD mengumumkan pemenang pemilukada sebagai syarat prosedural dalam pengusulan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati yang akan disampaikan kepada  mendagri melalui gubernur.”  Kata Pj. Bupati Poso Drs, S.Songgo, MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plh. Sekab Ir, Isnain T H. Karim, MPM, M.Si pada acara siding istimewa DPRD Poso dengan agenda pengumuman hasil penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati poso terpilih periode 2016-2021 di Gedung DPRD Poso Selasa, 26/1 yang dibuka langsung Ketua DPRD Poso Ellen Ester Pelealu, SE.          Lanjut bupati, selaku pihak pemerintah daerah Kabupaten Poso menyerahkan sepenuhnya usulan penetapan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih sesuai mekanisme yang berlaku dan mengharapkan  agar proses pelantikan dapat berjalan  aman dan lancar sesuai mekanisme yang ditetapkan pemerintah pusat.         

  Dalam kesempatan itu juga dikemukakan  bupati bersama masyarakat Kabupaten Poso menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Bapak Darmin Agustinus Sigilipu dan Bapak Ir, Samsuri, M.Si yang telah ditetapkan KPU Poso sebagai pemenang dalam pilkada 2015 yang lalu. Karena menurut bupati kemenangan tersebut adalah kemenangan seluruh masyarakat Kabupaten Poso yang telah menghormati dan menjunjung tinggi nilai demokrasi yang melahirkan pemimpin hasil pilihan masyarakat Poso yang akan membawa Negeri Sintuwu Maroso kearah yang lebih baik lagi, sejajar dengan kabupaten lainnya di Indonesia. Sidang Istimewa tersebut dihadiri langsung paslon bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021 Darmin Agustinus Sigilipu dan Ir, Samsuri, M.Si, Ketua DPRD Poso bersama segenap anggota DPRD Poso, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, para pejabat di lingkungan Pemda Poso, Pimpinan Parpol, Pimpinan BUMN/BUMD serta masyarakat Poso.

alt

Pj. Bupati Poso menggelar komprensi Pers dengan beberapa media

Setelah melakukan pencoblosan di TPS Satu Maliwuko Rabu, 9/12, penjabat Bupati Poso Drs, S.Songgo, MM (kanan baju putih dengan topi) menggelar komprensi pers dengan beberapa awak media lokal maupun nasional. Bupati antara lain mengatakan kesyukurannya atas  pelaksanaan pilkada di poso secara umum aman, lancar dan damai. Mc Poso/Rusman, Ronny

alt

Pj. Bupati Poso Coblos di TPS satu

Pj. Bupati Poso  Drs, S.Songgo, MM  (baju putih kanan) menunjukkan kertas suara yang telah dicoblos sebelum memasukkan ke kotak suara di TPS 1 Maliwuko Kecamatan Lage Kabupaten Poso Rabu, 9/12. Mc Poso Rusman/Ronny

alt

Penjemputan Kapolri dan Panglima TNI RI di Bandara Kasiguncu Poso

Penjabat Bupati Poso Drs,  S. Songgo, MM bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso  menerima kunjungan resmi para petinggi keamanan RI antara lain Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantiyo, Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti dan perwira tinggi lainnya di Bandara Kasiguncu Poso Selasa, 17/11. Mc Poso/Rusman/Rustam

altalt

Bakamla Tingkatkan Peran Kapal Patroli Kamla Dalam Mengawal Kapal Ikan Indonesia di ZEE Indonesia

Jakarta, 4 November 2015 – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia meliputi luas perairan 3,2 juta km2 dengan panjang garis pantai ±81.000 km serta luas ZEE Indonesia yang mencapai 2,7 juta km dengan panjang garis ZEE ±14.000 km. Kondisi dan letak geografis Indonesia menjadikan negara ini memiliki kekayaan akan sumber daya laut yang sangat melimpah, tentunya hal ini akan berdampak kepada keamanan dan keselamatan di laut karena timbulnya beragam masalah.

Wilayah Indonesia yang sebagian besar merupakan perairan, menjadikan laut sebagai mata pencaharian bagi masyarakat pesisir Indonesia yang mayoritas adalah nelayan. Penjagaan dan pemeliharaan potensi kekayaan laut akan menciptakan laut yang aman dan nyaman untuk nelayan Indonesia dalam mencari mata pencahariannya. Dengan laut yang aman diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat nelayan.

Di dalam Inpres No. 15 tahun 2011 tentang perlindungan nelayan, Presiden menginstruksikan beberapa kementerian dan beberapa lembaga non kementerian saling berkoodinasi untuk memberikan perlindungan kepada nelayan. Dari salah satu instruksi Presiden tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ditugaskan untuk mengkoordinasikan kebijakan terkait dengan pemberian jaminan kepastian dan perlindungan hukum bagi nelayan serta mengkoordinasikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah penangkapan ikan secara melawan hukum, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (Illegal, Unreported, Unregulated Fishing) dan penangkapan ikan yang merusak (destructive fishing) di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Dari instruksi Presiden pada Inpres No. 15 tahun 2011 ini, Bakamla hadir dengan beberapa usulan untuk menjaga keamanan dan keselamatan para nelayan Indonesia di dalam mencari mata pencahariannya. Adanya beberapa kasus kapal ikan Indonesia yang diusir pada saat mengambil ikan oleh kapal ikan asing di daerah perairan Indonesia, menjadi salah satu konsentrasi bagi Bakamla untuk menangani masalah ini. Selain itu apabila dilihat lebih dalam, kecenderungan kapal ikan Indonesia hanya melaut di dalam perairan Indonesia saja sedangkan ZEE  Indonesia  dipenuhi  oleh  kapal-kapal  ikan  asing. Hal  inilah  yang  mendorong  Bakamla

dalam menggagas bahwa perlu ditingkatkannya peran kapal patroli kamla untuk mengawal kapal-kapal ikan Indonesia sampai ke wilayah ZEE. Dengan adanya pengawalan tersebut diharapkan wilayah ZEE  Indonesia dengan seiring berjalannya waktu dapat dipenuhi dengan kapal-kapal ikan Indonesia. Sehingga kekayaan sumber daya laut Indonesia benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia itu sendiri bukan oleh warga asing.

Tentang BAKAMLA RI
BAKAMLA RI atau Badan Keamanan Laut Republik Indonesia dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan Perpres No. 178 Tahun 2014 tentang Bakamla. Bakamla bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia. Serta berfungsi dalam menyusun kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan, melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran, menyinergikan dan memonitor pelaksanaaan patroli perairan oleh instansi terkait, memberikan dukungan teknis dan operasional kepada instansi terkait, memberikan bantuan pencarian dan pertolongan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, dan melaksanakan tugas lain dalam sistem pertahanan nasional.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Laksma Maritim Widodo Eko Prihastopo
Plt. Karo Humas Bakamla RI
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia
Tel: 021-3519999 ext. 220
HP: 08112121986
Website: www.bakamla.go.id

Pemda Poso Cegah Isu SARA Meluas

Pihak pemerintah Kabupaten Poso melalui Badan Kesbangpol mengadakan pertemuan bersama tokoh agama, tokoh pemuda, organisasi, dan pihak TNI-Polri, Rabu (22/7/15) di markas Kodim 1307 Poso. Pertemuan ini dilakukan sebagai upaya menjaga keamanan yang ada serta mengantispasi terhadap adanya perkembangan isu terkait peristiwa yang terjadi di kabupaten Tolikara,Papua.

Dalam pertemuan tersebut para tokoh agama dan masyarakat di poso meminta pada pihak keamanan agar segera mengusut tuntas kasus ini dan bersepakat untuk bersama-sama menjaga perdamaian yang sudah ada di bumi sintuwu maroso, serta tidak mudah terprovokasi isu dari luar yang merugikan dan mencerderai perdamaian di Poso.

klik 2 x pada gambar untuk memperbesar

 

Wakil Konsulat Amerika Serikat Surabaya Kunjungi Poso

Wakil Konsulat Amerika Serikat Surabaya kunjungi Poso yang disambut dan diterima adat pekasiwia di rumah jabatan Bupati Poso, Drs. Piet Inkiriwang. sebelumnya 2 wakil AS ini berkeliling Kota Poso serta melihat-lihat langsung pembangunan yang sedang berjalan, seperti pembangunan Poso City Mall dan peningkatan kelas Bandara Kasiguncu Poso. Dalam kesempatan ini mereka menyampaikan rasa kagum terhadap pesatnya perkembangan pembangunan di Poso setelah daerah ini pernah dilanda konflik horizontal.

klik 2x pada gambar untuk memperbesar

 

 

 

Acara Lepas Sambut Danyonif 714 sintuwu Maroso Poso

Wakil Buapti Poso, Ir. T. Samsuri menghadiri Acara Lepas Sambut Danyonif 714 sintuwu Maroso Poso, dari Letkol Inf. Sandi Kamidianto kepada Mayor Inf. Kris Bianto.

 

klik 2x pada gambar untuk memperbesar

HUT Bhayangkara 69 di Poso

Bupati Poso, Drs. Piet Ingkiriwang, selaku Inspektur Upacara pada HUT Bhayangkara ke-69 tengah memeriksa pasukan apel peringatan HUT bhayangkara di mapolres Poso, pada hari Rabu (1/7/15).

 

klik 2x pada gambar untuk memperbesar

Bantuan Wapres

Dalam rangka pengamanan daerah Kabupaten Poso, Wakil Presiden H. Jusuf Kalla melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, dalam hal ini di wakili oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs. S. Songgo, MM, menyerahkan bantuan bahan makanan (Logistik) kepada TNI, yang diterima oleh Danyon 714 Sintuwu Maroso Poso Letkol Sandi Kamidianto,senin 20 April 2015 di Bataliyon 714.altalt