Sel12122017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pendidikan PEMBUKAAN PENTAS SENI BUDAYA PELAJAR KABUPATEN POSO 2017

PEMBUKAAN PENTAS SENI BUDAYA PELAJAR KABUPATEN POSO 2017

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Poso (Tentena)_Pembukaan kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, yang dihadiri oleh Plt. Setdakab Poso Drs. Joksan Lakukua yang mewakili Bupati Poso sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dr.Drs. John Yus Madoli,Msi, Camat Pamona Puselemba Gloria Tobondo,SE dan unsur tripika yang bertempat di lapangan Pamona Puselemba Tentena, 27 Juli 2017.
Bupati Poso dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Drs. Joksan Lakukua Mengatakan Pemda Kabupaten Poso menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso yang telah merancang serta melaksanakan kegiatan yang begitu positif ini khusunya dikalangan para Pelajar dalam menyambut dan memeriahkan Hut Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun 2017, Pentas seni Budaya antar Pelajar yang dilaksanakan dalam rangka Hut Kemerdekaan RI yang ke-72 di Kabupaten Poso merupakan ajang unjuk prestasi dalam bidang seni dan budaya bagi para pelajar poso, sehingga ajang ini dapat dimanfaatkan seluru pelajar untuk menunjukan prestasi yang dapat membanggakan bagi anak-anak kita, sekolah bahkan nama baik daerah. Masih diacara yang sama lanjut dikatakan bahwa proses pengenalan kesenian dan budaya lokal melalui ajang lomba seperti ini tentu sangat efektif dikarenakan para pelajar langsung melihat, menyaksikan dan mengenal kesenian daerahnya yang telah diwariskan oleh leluhur, agar apa yang telah ada sejak dulu ini tidak terlupakan begitu saja karena tergusur oleh peradaban jaman yang serba canggih, sebagaimana yang kita lihat sekarang ini dimedia-media elektronik,cetak,internet dan lainnya sungguh sangat memperihatinkan dimana anak-anak bangsa telah banyak yang terjerumus kedalam lembah hitam narkoba,pelecehan seksual,seks bebas dan tindak kriminal yang melibatkan anak-anak.
Dalam sambutannya Bupati Poso juga berharap dan berpesan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu langkah yang preventif dan strategis dalam membina generasi muda kita untuk terus beraktifitas dan berkreasi dalam hal positif serta berguna bagi masa depannya. Olehnya itu Pemda Poso sangat mendukung dan merespon kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar ini sebagai salah satu wujud kecintaan kita kepada Bangsa dan Tanah Air Indonesia,maka dari itu kegiatan yang positif seperti ini harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya sebagai salah satu filter yang membentengi kesenjangan waktu anak agar tidak terjerat kasus-kasus kriminal yang begitu marak akhir-akhir ini.
Kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso ini khusunya Bidang Kebudayaan bertujuan untuk menumbuhkan minat para pelajar yang ada diposo untuk mengenal seni budaya yang ada diposo serta mencintai budaya lokal dan dapat mengukir prestasi dalam bidang seni budaya ditingkat daerah maupun Internasional.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Seni dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Poso yang juga Ketua Panitia Pentas Seni Budaya Pelajar Neni Hartati Ruutanan, Sp.d, MM mengatakan melalui kegiatan Pentas Seni Kebudayaan Pelajar ini merupakan sebuah ajang untuk memperkenalkan seni dan budaya kepada anak-anak kita serta menggali potensi bakat-bakat seni yang belum terekspos keluar, kegiatan yang diikuti oleh pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA yang ada diKabupaten Poso selama dua hari dimana kegiatan ini menampilkan berbagai macam seni dan budaya seperti Tari Torompio dan penampillan busana daur ulang dari limbah rumah tangga yang di tampilkan oleh anak SMA, Tari Moende yang dibawakan oleh anak SD dan SMP serta karnaval busan bahan daur ulang, serta kegiatan Sarasehan yang bertemakan “Bahasa Pamona Sebagai Identitas” akan berlangsung selama satu hari yang diikuti oleh Mahasiswa, Tokoh Adat,tokoh Masyarakat,Guru-guru seni dan Karang taruna yang berjumlah 60 orang peserta.Kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar ini juga dimeriahkan oleh paduan suara dari anak-anak SMA Pamona Puselamba vokal grup anak SMP serta penampilan solo dari anak SD Pamona selatan,dan ditutup denga acara foto bersama. //ca’/pul