Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pendidikan

Pendidikan

GIRL AMBASSADORS FOR PEACE IN POSO

The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia bekerja sama dengan The Global Network of Women Peacebuilders (GNWP), Division for Applied Social Psychology Research (DASPR) & Celebes Institute mengumpulkan sejumlah Pelajar / Siswi Sekolah Menengah Atas se- Kabupaten Poso untuk menjadi Duta Perdamaian Khusus Perempuan di Tana Poso yang juga nantinya akan mewakili Kabupaten Poso ke ranah Internasional. Kegiatan yang digelar dari tanggal 14 sampai dengan 18 November 2017 ini mengambil tempat di Hotel Kartika Poso dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si.

Sekilas tentang AMAN Indonesia adalah merupakan jaringan Muslim dan non Muslim baik individu maupun institusi di Asia. AMAN Indonesia bekerja untuk mempromosikan keadilan dan perdamaian, termasuk pemberdayaan masyarakat, dialog antar umat beragama, serta advokasi atas hak-hak asasi manusia dan perempuan. Adapun yang menjadi fokus dari AMAN Indonesia adalah masalah Hak Asasi Manusia (HAM) & Kesetaraan Gender. Mengingat latar belakang peristiwa yang pernah terjadi di Poso, menjadi pusat perhatian dari AMAN Indonesia untuk bekerja bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso untuk mencetak Duta-Duta Perdamaian di Tana Poso sehingga nantinya Poso dapat menjadi Daerah Percontohan dimana terbukti masyarakatnya mampu untuk bangkit kembali dari peristiwa masa lalu serta dapat membawa benih-benih Kedamaian dimana pun berada.

Peningkatan Life Skill pada Perempuan & Remaja Putri serta Orientasi Pelatihan & Kontrak Belajar Perempuan & Remaja Putri merebut kembali media untuk perdamaian & kesetaraan gender merupakan beberapa contoh Program Kegiatan yang akan dijalani oleh Calon-Calon Duta Perdamaian dalam masa Training ini. Para Peserta juga diwajibkan untuk dapat menguasai Keterampilan Berbahasa Inggris karena nantinya mereka juga akan berinteraksi dengan Duta-Duta Perdamaian dari Negara lain. //ca’/pul

alt

alt

Wisuda Sarjana Angkatan Ke-24 Dan Dies Natalis Ke-31 Unsimar Tahun 2017

Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso kembali meluluskan 542 wisudawan angkatan ke-24 dan dies natalis ke-31 tahun 2017. Kegiatan dilangsungkan di Lapangan Futsal GOR Puselemba mulai pukul 09.00 wita (31/10/17). Rincian jumlah wisudawam hari ini yakni Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi 25 Orang, Prodi Peternakan 19 Orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Biologi 79 Orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 25 Orang, Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 189 Orang, Fakultas Teknik Prodi Teknik Sipil 61 Orang, Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum 63 Orang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Adm. Negara 81 Orang. Dengan demikian lulusan Universitas Sintuwu Maroso secara keseluruhan, mulai wisuda pertama sampai dengan wisuda XXIII hari ini sebanyak 5.546 orang. sedangkan jumlah mahasiswa aktif sampai dengan tahun akademik 2017/2018 sebanyak 2.586 orang.
Untuk kelulusan ke-24 ini, Unsimar kembali melahirkan delapan wisudawan terbaik dengan IPK tertinggi diberikan piagam penghargaan oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Rektor Unsimar Kisman Lantang, SE, M.SI dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) yakni dari Fakultas Pertanian Ferawati IPK 3,93 program studi agroteknologi, Aprilman Tarakolo IPK 3,69 program studi peternakan, Fakultas Ekonomi Usman IPK 3,81 program studi manajemen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ami Mulyani IPK 3,92 program studi pendidikan biologi, Nurlianti Malusi IPK 3,90 program studi bahasa inggris, Fakultas Tehnik Mirnawaty Ratta IPK 3,91 program studi tehnik sipil, Fakultas Hukum Hendra Sakti IPK 3,81 program studi ilmu hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Fiantri Mowidu IPK 3,92 program studi ilmu administrasi negara.

Rektor Unsimar Kisman Lantang, SE, M.Si kembali menaruh pesan, kiranya menjadi seorang sarjana yang bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi semata, melainkan juga memiliki karakter dan bermartabat, jadilah sarjana yang tidak sombong, angkuh, dan takabur dengan kesarjanaannya, akan tetapi perbanyaklah bersyukur dan bersujud dihadapan Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa), karena sesungguhnya ilmu yang anda peroleh amatlah sedikit dibandingkan dengan ilmu Allah SWT. Ingat bahwa, diatas langit masih ada langit lagi. karena itu sekali lagi saya ingin pesankan janganlah angkuh dan sombong terutama dihadapan orangtua ananda, karena sekalipun mereka tak pernah mengenyam pendidikan tinggi formal, tetapi mereka memiliki pengalaman yang sangat berharga dan patut diteladani.

Sementara Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso Putra Botilangi, SE, M.Si mengatakan, untuk peningkatan kualitas para dosen pengajar saat ini Universitas Sintuwu Maroso sedang menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di indonesia dan perguruan tinggi luar negeri dengan kerja sama ini diharapkan akan menunjang kegiatan akademik serta menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. kerjasama yang dilakukan diantaranya cambridge english language assassment, part of the university of cambridge uk dan beberapa univeritas lainnya.
Putra Botilangi juga katakan, Unsimar sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Sulawesi khususnya di Sulawesi Tengah yang hadir sejak tahun 1986 telah banyak melahirkan sarjana-sarjana dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan alhamdulillah, sebagian besar dari lulusan tersebut sudah banyak yang sukses berkarir baik di kantor pemerintahan maupun di kantor swasta dengan level top pimpinan, midle pimpinan dan karyawan-karyawati yang memiliki dedikasi serta integritas yang tinggi terhadap nusa dan bangsa.

Ditempat yang sama Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof. Andi Niartiningsih, MP katakan, ini pertama kali saya berada ditengah tengah para wisudawan wisudawati sintuwu maroso saya sudah kurang lebih 4 tahun saya berada di kopertis wilayah 9 sulawesi, kali ini sangat luar biasa, rasa penghargaan kami sampaikan kepada 542 wisaudawan wisudawati sesuai dengan bidang studi masing, semoga kedepan para lulusan wisudawan wisudawati dapat membanggakan kepada kita semua ,lebih luas lagi dapat membanggakan tana poso, 542 wisudawan wisudawati nantinya mungkin ada yang menjadi gubernur,bupati,bahkan menjadi menteri.
Saya juga ingin menyapa kepada orang tua dalam berperan untuk mencapai keberhasilan anak anaknya, kita harapakan doa yang tulus dari para orang tua sehingga kedepan putra putrinya dapat berhasil dan cita-citanya dan dapat memeberikan yang terbaik kepada tana poso, bangsa dan negara kita.

Sementara Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengatakan Suasana sukacita bangga dan bercampur haru menyelimuti perasaan kita semua khususnya para wisudawan dan pendampingnya karena secercah harapan masa depan yang cemerlang kini dalam genggaman para sarjana untuk meraih kesuksesan untuk diri sendiri keluarga masyarakat bangsa dan negara serta daerah tercinta. Sukses studi yang diraih pada hari ini bukanlah berarti puncak dari prestasi yang dicapai akan tetapi sukses hari ini merupakan tahapan sukses berikutnya yang sangat ditentukan oleh kesadaran eksistensi kita sebagai manusia terpelajar dan terdidik yang siap mengabdikan diri mengembang amanah untuk kesejahteraan bangsa dan negara serta daerah asal masing-masing wisudawan.
Disamping itu Darmin Agustinus Sigilipu juga katakan, sebagai orang yang berpendidikan akademik juga berkewajiban secara persuasif untuk memberikan pendekatan kepada masyarakat atas nama Pancasila dikemukakan sejumlah wisudawan dan wisudawati sebagian-sebagian diantara kalian kualitas kerja yang mencerminkan profesionalisme bukan justru sebaliknya sarjana hanya sekedar dimanfaatkan untuk perbaikan nasib sebagai pegawai negeri ke jenjang yang lebih tinggi tetapi pada kenyataannya tidak dapat berbuat apa-apa.
Diakhir sambutannya Darmin Agustinus Sigilipu mengingatkan bahwa satu minggu kedepan ada kegiatan sangat penting yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah, satu event yaitu Tour de Central Celebes (TdCC) yang dilaksanakan di 5 kabupaten yang ada di Prov. Sulawesi Tengah yang nantinya dimulai dari Kab. Tojo Una-Una Ampana kemudian finishnya di Kota Tentena di wilayah atau lokasi Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) kemudian dari kota Poso menuju ke Kabupaten Parigi Moutong yang rencananya pelaksanaannya dilaksanakan pada tanggal 6 - 8 November 2017.
Besar harapan saya ungkap Bupati Poso Darmin Agustinus Sugilipu, bersama dengan Bapak Gubernur Prov. Sulawesi Tengah untuk mendapat dukungan dari semua pihak baik itu masyarakat khususnya para mahasiswa Universitas Sintuwu Maroso dalam kegiatan ini ada dua event tambahan yang kami rancang dan juga sudah mendapat dukungan penuh dari mitra kerja pemerintah daerah yaitu DPRD Kabupaten Poso kita akan melaksanakan kegiatan FPDTP juga dilaksanakan pada tanggal 5 - 6 November 2017.
Siswa atau saudara-saudara kita yang pernah tinggal di Poso untuk melaksanakan Reuni Akbar di tanah Poso bagi mereka yang pernah tinggal di Poso yang pernah sekolah di Poso mulai tingkat TK SD SMP SMA pernah kuliah di Poso kita akan melaksanakan suatu kegiatan Reuni Akbar yaitu pada tanggal 4 dan tanggal 5 Untuk itu saya berharap Mari bersama-sama kita sukseskan karena event internasional ini yang pertama kali dilaksanakan di provinsi Sulawesi Tengah dan ini bisa membawa nama baik khususnya Kabupaten Poso di mata dunia. //ca’/pul

alt

altalt

Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Kembali Meluluskan 133 Wisudawan/wisudawati

Universitas Kristen Tentena (Unkrit) kembali meluluskan 133 wisudawan/wisudawati dan secara langsung Rektor Unkrit Amossius Rompolemba Andi Baso Maringgi, SP. M.Si mewisuda dengan rincian fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dengan 4 program studi sebanyak 77 orang, fakultas ekonomi dengan 2 program studi sebanysk 40 orang, fskultas pertanian dengan 1 program studi sebanyak 10 orang dan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dengan 1 program studi sebanyak 16 orang, dengan wisudawan/wisudawati terbaik tingkat fakultas/program studi adalah susanti walenta IPK 3,72 program studi manajemen masa studi 4 tahun, silvia matengku IPK 3,89 program studi pembangunan masa studi 4 tahun, Masrul Junianto Langganido IPK 3,82 program studi biologi masa studi 4 tahun, Novelin Rianita Lawasi IPK 3,83 program studi matematika masa studi 4 tahun, Fricilia Priska Natali Kolibu IPK 3,66 program studi bahasa inggris masa studi 4 tshun, Novita Yesi Ntada IPK 3,72 program studi PAUD masa studi 4 tahun, Seprianus Pereru IPK 3,90 program studi sosiologi pembangunan pedesaan masa studi 4 tahun dan Dedy Setiawan Toliansa IPK 3,35 program studi agribisnis masa studi 4 tahun. Wisuda sarjana angkatan V Unkrit tahun 2017 berlangsung di auditorium Jusuf Kalla Unkrit, senin 09/11-17, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen GKST Pdt. Omnesimus Lagatonda, M.Th, Ketua Majelis Sinode GKST Pdt. Jetroson Rense, M.Th, Kopertis Wilayah IX kepala seksi akademik kemahasiswaan kopertis wilayah 9 sulawesi Dr. H. Lusman, MM, senat universitas, wisudawan/wisudawati bersama orang tua dan undangan lainnya. 


Dalam sambutan Rektor Unkrit Amossius RAB Maringgi, SP.M.Si menyampaikan bahwa sejak berdirinya universitas ini pada tahun 2007 telah dihasilkan sarjana dari 4 fakultas sejumlah 660 orang, dan pada hari ini sebanyak 133 orang yang akan diwisuda tentunya akan menambah jumlah lulusan pada tahun ini sebanyak 793 orang, lulusan ini adalah wujud tanggung jawab dan karya Unkrit yang dipersembahkan bagi bangsa dan negara RI. "Sebagai wujud kepercayaan publik maka tahun ini kami telah menerima kunjungan Asesor Badan Akreditas Nadional yang telah melaksanakan akreditas eksternal terhadap prodi manajemen ekonomi pembangunan, pendidikan biologi, agribisnis dan selanjutnya tanggal 11 oktober 2017 akan dilaksanakan visitasi BAN PT terhadap prodi pendidikan anak usia dini" ungkapnya. Selain itu Amossius RAB Maringgi juga katakan prodi pendidikan matematika, bahasa inggris dan prodi sosiologi sedang dalam proses pengajuan reakreditas berbasis online dan tahun ini sedang mempersiapkan proses pengajuan akreditas instansi.


Sementara di tempat yang sama Wakil Bupati Poso dalam sambutannya menyampaikan sukses studi yang telah diraih saat ini bukanlah puncak dari presrasi yang dicapai, akan tetapi sukse hari ini merupakan tahap sukses beriikutnya yang sangat ditentukan oleh eksitensi sebagai manusia terpelajar dan terdidik yang siap mengabdikan diri mengemban amanah untuk kesejahteraan bangsa dan negara melalui bidang tugas masing-masing, sehingga ilmu yang dimiliki dapat dimanfaatkan dan diamalkan disekitar lingkugan bahkan untuk daerah dan bangsa kita sehingga bermanfaat bagi umat dan masyarakat. Ir. Samsuri, M.Si juga mengharapkan salah satu cara medapatkan nilai tambah tentunya mengikuti pendidikan formal seperti mengikuti pendidikan tingkat tinggi di universitas atau sekolah tinggi karena ilmu pengetahuan para wisudawan telah mempunyai segudang bekal hidup untuk mudah mendapatkan lapangan pekerjaan dengan mampu menjadi enterprenur didalam menciptakan peluang-peluang pekerjaan dan usaha sendiri, dan enterprenur bukan saja dimiliki kaum kapitalis yang memiliki modal besar tetapi kalian para wisudawan yang mampu mengusahakan sesuatu yang belum ada menjadi ada bahkan layak untuk dijual dan menciptakan sesuatu yang lebih menghasilkan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso ir. Samsuri, MSi menyampaikan ucapan terimah kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan materil maupun moril terhadap kemajuan dan perkembangan Unkrit yang saat ini telah mewisuda ratusan sarjana, semoga jerih payah saudara kiranya Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan balasan yang setimpal.


Sementara kopertis wilayah IX sulawesi kepala seksi akademik kemahasiswaan Dr. H. Lusman, MM dalam sambutannya menginformasikan bahwa diluar sana masih ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyelenggarakan pembelajaran kelas jauh yang sangat dilarang oleh pemerintah, bahkan ada perguruan tinggi yang menerima mahasiswa sebelum mendapatkan izin dari kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi, bahkan ada yang menyelenggarakan proses perkuliahan akademik tidak sesuai dengan peraturan akhirnya menyulitkan diri sendiri dalam kelulusan yang dihasilkan, dan apabila di sulawesi tengah atau di kabupaten poso ditemukan ada pengelola kelas jauh agar dilaporkan ke kopertis wilayah IX untuk diambil tindakan. Dr. H. Lusman, MM juga sampaikan dalam memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan tinggi, pilihlah perguruan tinggi yang berkualitas yang taat azas, perguruan tinggi yang berkualitas dan mempunyai komitmen seperti para wisudawan-wisudawati yang memilih Unkrit, yang 4 tahun lalu dan hari ini resmi menjadi wisudawan-wisudawat yang profedional, sebagai tanda penghargaan atas pengelolaan Unkrit, perguruan tinggi yang sehat dan berkualitas maka koordinator wilayah IX sulawesi tahun ini memberikan beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) kepada mahasisa Unkrit.

Seminar Kebangsaan "Tantangan Pendidikan Keindonesiaan dalam masyarakat majemuk"

Seminar Kebangsaan bertajuk Pendidikan Keindonesiaan dalam masyarakat majemuk berlangsung di poso dan dibuka resmi wakil Bupati Poso Ir, Samsuri Rabu, 27/09 di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso dihadiri Kepala Kementerian agama Kabupaten Poso, unsur FKUB Poso, TNI/Polri, para pendidik, Mahasiswa dan undangan lainnya.

"Didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara selalu berjalan di antara dua hal yang saling tarik menarik, yaitu konteks ideal keindonesiaan yang terdiri dari cita-cita luhur kemerdekaan berdasarkan nilai-nilai gotong royong dan konteks faktual perubahan sosial yang disebabkan oleh proses globalisasi dan kemajuan jaman." Wabup dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu ditengah peserta seminar. Karenanya, kita harus mampu menjawab dan menangkal tantangan-tantangan yang ada dengan memahami secara baik empat pilar kebangsaan yang sudah teruji sebagai alat pemersatu bangsa sejak dulu kala. (pancasila, uud 1945, nkri dan bhineka tunggal ika). Tegasnya.

Bagi pemerintah daerah kabupaten poso, seminar dengan tajuk tantangan pendidikan keindonesiaan dalam masyarakat majemuk merupakan seminar yang sangat penting dilaksanakan untuk menyegarkan kembali pemahaman dan pandangan ideologi didalam kehidupan berbangsa dan bernegara. karena masyarakat kabupaten poso hidup saling berdampingan dengan berbagai suku, budaya, etnis dan agama yang berbeda-beda. sehingga dengan seminar ini dapat merefleksikan kembali betapa pentingnya nilai-nilai harmonisasi dan toleransi antar sesama anak bangsa dan daerah di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara di bumi sintuwu maroso.
Seminar yang disponsori Jaringan antar iman Indonesia Kabupaten Poso tersebut menghadirkan pembicara Prof Thamrin Tamagola, DR.H.Najamuddin S.Ag, MPd dan Pdt.Dra Lies Sigilipu yang mengulas materi-materi aktual yang berkaitan dengan keindonesiaan, Pancasila, kebhinekaan dan kebangsaan. //ca’/pul

altalt

10 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 13 dan Gontor Putri Kampus 6 Ittihadul Ummah Poso

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri tabligh akbar dalam peringatan 10 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 13 dan Gontor Putri Kampus 6 Ittihadul Ummah Poso, bertempat di balai pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 13 Ittihadul Ummah Poso, kamis 14/09/17. Hadir dalam kegiatan tabligh akbar Dandim 1307 poso Letkol. Inf. Dody Triyo Hadi, S.Sos, Wakapolres Poso, pengasuh pondok modern gontor kampus 13 Al. Ust. H. Cecep Sobar Rachmad, M.Pd.I, pengasuh pondok modern darussalam gontor poso kampus 6 Al. Ust. M. Salim, S.Ag, Tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, santri/santriwan serta jama'ah tabligh akbar.

Dalam tausiahnya KH. Nonop Hanafi mengatakan kehadiran kita saat ini merupakan lambang dari burung garuda yaitu hakikat bhineka tunggal ika yang artinya berbeda suku, agama, RAS ini semua tidak ada rasa perbedaan tentunya membuka tabir kepada kita semua betapa pentingnya kebersamaan dan silaturahmi yang diajarkan dalam islam sebagai agama rahmatan lilalamin dan islam sebagai agama perdamaian sesuai dengan tema dalam tabligh akbar. KH. Nonop Hanafi juga sampaikan bahwa kita harus berpegang teguh pada nilai-nilai pancasila karena santri pancasila, umat beragama pancasila dan kabupaten poso pancasila. Diakhir tausiahnya KH. Nonop Hanafi katakan bahwa ada tiga nama buah yang menandakan keimanan bagi manusia yaitu semangka (semangat karena Allah), stroberi (selalu terobsesi untuk memberi) dan sirsak (silaturahmi).

Sementara Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran pengasuh pondok pesantren gontor poso yang selama ini aktif dan terus bersinergi dengan pemda dalam berbagai kegiatan dalam bidang sosial kemasyarakatan. Ir. Samsuri, M.Si juga mengatakan kegiatan tabligh akbar dilaksanakan oleh pondok pesantern gontor ini merupakan luar biasa karena dapat dikunjungi oleh KH. Nonop Hanafi dan sekaligus memberikan tausiah atau pencerahan kepada kita semua yang nantinya akan menjadikan atau membentuk pribadi yg pandai bersyukur, damai, adil dan sejahtera, ini merupakan kerja sama semua elemen masyarakat poso untuk mewujudkan manusia yang bermartabat.//ca’/pulaltaltaltalt

Pelepasan Pramuka Kwarcab Poso Ke Raimuna XI 2017

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu melepas secara resmi kontingen gerakan pramuka kwartir cabang poso dalam rangka mengikuti raimuna XI tahun 2017. Dalam sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan kegiatan raimuna ini merupakan pembinaan mental dan spiritual para anggota pramuka kwarcab serta berbagai pelatihan keterampilan lainnya untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya anggota pramuka, pada Jumat (11/8/17).

altalt

Darmin Agustinus Sigilipu juga berharap agar kontingen kwarcab poso mampu nenunjukkan prestasi yang membanggakan dalam raimuna XI tahun 2017, dapat mengharumkan nama kabupaten poso nantinya diajang kegiatan yang dilombakan, apalagi sekarang kemajuan teknologi kominikasi informasi dewasa ini turut mempercepat dan mempermudah akses terhadap budaya-budaya asing yang belum tentu cocok dengan budaya ketimuran kita sehingga apa yang ditampilkan oleh kecanggihan teknologi informasi baik melalui media TV maupun media internet secara umum dapat memberi pengaruh yang besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan mental anak didik kita, maka dengan kegiatan pramuka/kepanduan menjadi salah satu kegiatan yang dapat menangkal dampak buruk tayangan TV dan internet yang tidak sesuai dengan faham kebangsaan yang kita anut, dan kepada guru, orang tua khususnya para anggota pramuka membentengi diri dengan faham-faham kebangsaan yang dijiwai pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta NKRI harga mati.

Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memberikan penyemangat dan dorongan kepada seluruh anggota pramuka kabupaten poso untuk memberikan yang terbaik bagi daerah, bangsa dan negara tercinta apalagi kegiatan ini bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI ke-72 . Sementara ditempat yang sama Dr. Wangintowe Tundugi, M.Pd ketua kwartir cabang poso selaku penanggung jawab kontingen dalam kata pengantarnya menyampaikan kegiatan raimuna yang dilaksanakan di cibubur pada tanggal 13 sampai dengan 21 agustus 2017 merupakan kegiatan tingkat nasional yang dihadiri seluruh anggota pramuka dari seluruh kwarcab se indonesia bahkan luar negeri atau seasia pasifik, dan jumlah anggota gerakan pramuka kwartir cabang poso yang diberangkarkan ke cibubur sebanyak 17 orang dan diikuti oleh pendamping sebanyak 4 orang. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera cikal oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu kepada ketua kontingen raimuna nasional XI tahun 2017 kwartir cabang poso Drs. Drajat Sosiawan, M.Pd.

Lomba Perkemahan Penggalang Poso Bersaudara (LP3B)

Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra menghadiri dan membuka secara langsung Lomba Perkemahan Penggalang Poso Bersaudara (LP3B) bertempat di lapangan Desa Bega Kecamatan Poso Pesisir. Hadir dalam acara ini, Perangkat Kecamatan Poso Pesisir dan Perangkat Desa Bega, alumni Sekolah Gontor yang juga sebagai pemrakarsa kegiatan ini serta para peserta perkemahan. Diawali dengan persiapan barisan oleh masing-masing komandan pleton. Setelah pimpinan upacara masuk, selaku Pembina Upacara Wakil Bupati Poso menempati panggung kehormatan.

alt

Melalui arahan Pembina Upacara, yang disampaikan dalam sambutannya, Ir. Samsuri sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Sebagai sebuah wadah yang sangat berguna bagi pengemblengan jiwa muda agar lebih mandiri dalam menghadapi segala sesuatu, Pramuka adalah organisasi yang sudah terbukti manfaatnya mencetak generasi cerdas dan generasi pemimpin. WAKIL BUPATI POSO menambahkan, menghadapi era globalisasi saat ini, Generasi muda harus punya inovasi dan gebrakan baru agar tidak tertinggal dari Bangsa lain.

Sejak saat ini, perkokoh persatuan dan kesatuan, hiduplah rukun dalam keberagaman. Karena hakekat kita sebagai negara Kesatuan adalah menjaga toleransi diantara perbedaan yang ada. Kita patut bersyukur dan berbangga, keragaman yang dimiliki Bangsa kita tidak dimiliki oleh bangsa lain. Sudah seharusnya kita menjaga agar kondisi ini akan berlaku seterusnya. Mengakhiri arahanya, Wakil Bupati Poso mengingatkan agar seluruh peserta menjaga diri masing-masing, mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan proaktif. Serta menjaga kebersihan terutama dilingkungan sekitar tempat pelaksanaan kegiatan dengan melaksanakan kerja bakti. Selanjutnya pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Poso menandai pembukaan kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 5 hari, dimulai sejak tanggal 10 s/d 15 Agustus 2017.

PEMBUKAAN PENTAS SENI BUDAYA PELAJAR KABUPATEN POSO 2017

Poso (Tentena)_Pembukaan kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, yang dihadiri oleh Plt. Setdakab Poso Drs. Joksan Lakukua yang mewakili Bupati Poso sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dr.Drs. John Yus Madoli,Msi, Camat Pamona Puselemba Gloria Tobondo,SE dan unsur tripika yang bertempat di lapangan Pamona Puselemba Tentena, 27 Juli 2017.
Bupati Poso dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Drs. Joksan Lakukua Mengatakan Pemda Kabupaten Poso menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso yang telah merancang serta melaksanakan kegiatan yang begitu positif ini khusunya dikalangan para Pelajar dalam menyambut dan memeriahkan Hut Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun 2017, Pentas seni Budaya antar Pelajar yang dilaksanakan dalam rangka Hut Kemerdekaan RI yang ke-72 di Kabupaten Poso merupakan ajang unjuk prestasi dalam bidang seni dan budaya bagi para pelajar poso, sehingga ajang ini dapat dimanfaatkan seluru pelajar untuk menunjukan prestasi yang dapat membanggakan bagi anak-anak kita, sekolah bahkan nama baik daerah. Masih diacara yang sama lanjut dikatakan bahwa proses pengenalan kesenian dan budaya lokal melalui ajang lomba seperti ini tentu sangat efektif dikarenakan para pelajar langsung melihat, menyaksikan dan mengenal kesenian daerahnya yang telah diwariskan oleh leluhur, agar apa yang telah ada sejak dulu ini tidak terlupakan begitu saja karena tergusur oleh peradaban jaman yang serba canggih, sebagaimana yang kita lihat sekarang ini dimedia-media elektronik,cetak,internet dan lainnya sungguh sangat memperihatinkan dimana anak-anak bangsa telah banyak yang terjerumus kedalam lembah hitam narkoba,pelecehan seksual,seks bebas dan tindak kriminal yang melibatkan anak-anak.
Dalam sambutannya Bupati Poso juga berharap dan berpesan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu langkah yang preventif dan strategis dalam membina generasi muda kita untuk terus beraktifitas dan berkreasi dalam hal positif serta berguna bagi masa depannya. Olehnya itu Pemda Poso sangat mendukung dan merespon kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar ini sebagai salah satu wujud kecintaan kita kepada Bangsa dan Tanah Air Indonesia,maka dari itu kegiatan yang positif seperti ini harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya sebagai salah satu filter yang membentengi kesenjangan waktu anak agar tidak terjerat kasus-kasus kriminal yang begitu marak akhir-akhir ini.
Kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso ini khusunya Bidang Kebudayaan bertujuan untuk menumbuhkan minat para pelajar yang ada diposo untuk mengenal seni budaya yang ada diposo serta mencintai budaya lokal dan dapat mengukir prestasi dalam bidang seni budaya ditingkat daerah maupun Internasional.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Seni dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Poso yang juga Ketua Panitia Pentas Seni Budaya Pelajar Neni Hartati Ruutanan, Sp.d, MM mengatakan melalui kegiatan Pentas Seni Kebudayaan Pelajar ini merupakan sebuah ajang untuk memperkenalkan seni dan budaya kepada anak-anak kita serta menggali potensi bakat-bakat seni yang belum terekspos keluar, kegiatan yang diikuti oleh pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA yang ada diKabupaten Poso selama dua hari dimana kegiatan ini menampilkan berbagai macam seni dan budaya seperti Tari Torompio dan penampillan busana daur ulang dari limbah rumah tangga yang di tampilkan oleh anak SMA, Tari Moende yang dibawakan oleh anak SD dan SMP serta karnaval busan bahan daur ulang, serta kegiatan Sarasehan yang bertemakan “Bahasa Pamona Sebagai Identitas” akan berlangsung selama satu hari yang diikuti oleh Mahasiswa, Tokoh Adat,tokoh Masyarakat,Guru-guru seni dan Karang taruna yang berjumlah 60 orang peserta.Kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar ini juga dimeriahkan oleh paduan suara dari anak-anak SMA Pamona Puselamba vokal grup anak SMP serta penampilan solo dari anak SD Pamona selatan,dan ditutup denga acara foto bersama. //ca’/pulaltalt

Peresmian Pengoperasional Bangunan TK- PAUD Al-Marhamah dan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Tamanjeka

Operasi teritorial kodam XIII/merdeka Tahun 2017 "Sintuwu Maroso" menggelar kegiatan peresmian Pengoperasional Bangunan TK- PAUD Al-Marhamah dan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) ditandai dengan pengguntingan pita oleh Danrem 132 Tadulako Kol. Inf. Moh Saleh Mustafa bersama ibu didampingi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Dandim 1307 Poso Letkol. Inf. Dody Triyohadi, S.Sos bertempat di dusun III ratalemba (tamanjeka) desa masani kecamatan poso pesisir kabupaten poso, 25/07/17. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabinda Kol kav.Rahman, Dan SGI Kol. Inf. Indra Asmara Dewa, Wadan kolaops Kol.inf.Satyo, Wakapolres Poso kompol I Gede Swara Mahardika,.SH, Forkopimda kabupaten Poso, Pimpinan ponpes amanah Ustad Adnan Arsal S.Ag, Dan Sektor 2 Tinombala AKBP. Zuhri, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda, warga masyarakat dusun III ratalemba desa masani dan dihadiri kurang lebih 325 orang anak dari TK PAUD se kecamatan poso pesisir, TK PAUD kartika candra kirana bonesompe dan kawua serta TK PAUD sintuwu lemba.

Dalam sambutan Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada dandrem juga seluruh jajaran TNI/Polri yang telah melaksanakan kegiatan ini sangat luar biasa diluar dugaan berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana yang kita inginkan bersama. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya semata mata tanggung jawab aparat kecamatan atau salah satunya dinas pendidikan namun adalah tanggung jawab kita bersama, kita punya kewajiban untuk membawa anak anak yg lebih baik karna dikatakan bahwa anak anak mudah meniru, melakukan gerak dan tingkah laku serta cepat memahami dan mendengarkan, oleh karena itulah anak masih dalam keadaan putih bersih polos kiranya bapak ibu guru mampu memberi warna membawa mereka kedepan untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab kepada bangsa dan negara. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si katakan bahwa pancasila menjadi filosofi atau falsafah negara mulai dari sekarang tentunya anak-anak kita diperkenalkan bagaimana tentang pancasila, bagaimana tentang negara yang NKRI itu sendiri, bagaimana UUD 1945 yang merupakan komitmen dari bangsa kita yg menjadi dasar kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Sementara ditempat yang sama sambutan Danrem 132/TDL kol. Inf. Moh. Saleh Mustafa sampaikan bahwa kepada anak-anak di tamanjeka supaya dengan adanya PAUD dan TPQ bisa bersama sama belajar membaca Al-Qur'an serta dapat mengamalkannya dikehidupan sehari-hari. Moh. Saleh Mustafa diakhir sambutannya berpesan marilah kita jaga anak anak, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa kata presiden pada hari anak nasional di jakarta kemarin, aset yang terbesar anak anak kita oleh karenanya mereka harus dibekali agama, akhlak, budi pekerti tetapi tidak kalah penting dibekali dengan ilmu pengetahuan, bagaimana belajar berinteraksi, komunikasi dan bisa memahami perbedaan suku dan ras yang ada dilingkungan sekitarnya.

Dalam acara peresmian pengoperasionalan TK PAUD dan TPQ dirangkaikan dengan kegiatan lomba mewarnai gambar yang diikuti 325 orang anak dan diberi bantuan meja gambar dari Danrem132 Tadulako 1 orang dapat 1 meja gambar dan juara 1 sampai 6 dengan hasil gambar terbaik mendapatkan hadiah utama berupa sepeda dan diraih oleh Muhammad paud almarhamah tamanjeka, Mutiah mutmainah paud terpadu, Azahrah TK almarhamah tamanjeka, Fais abduloh TK tamanjeka, Dini suwarti TK alhairat mapane dan Riski TK Al-Khairaat Tokorondo. //ca’/pulaltalt

Wisuda STAI Tahun 2017

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso Tahun 2017 kembali menggelar Dies Natalis Ke-7 dan Mewisuda Sarjana Anggkatan III dengan jumlah 76 orang yaitu jurusan manajemen pendidikan islam dan jurusan ekonomi syariah bertempat di gedung wanita poso, senin 24/07/17. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Plt. Sekretari Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Ketua DPRD Kabupaten Poso Ny. Elen Ester Pelealu, SE, koordinator Kopertis Wilayah VIII diwakili Sekretaris Kopertis Drs. H. Moh. Harjun, M.Ag, Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Ketua STAI Poso selaku Ketua Senat Drs. H. Moh. Arfan Hakim, M.Pd.I bersama Anggota Senat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidik, Para Dosen, orang tua dan keluarga wisudawan/wisudawati serta undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dibacakan Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua menyampaikan bahwa sukses study yang telah diraih saat ini bukanlah puncak dari prestasi yang dicapai, akan tetapi sukses hari ini merupakan tahap sukses berikutnya yang sangat ditentukan oleh eksistensi kita sebagai manusia terpelajar dan terdidik yang siap mengabdikan diri mengemban amanah untuk kesejahteraan bangsa dan negara serta daerah melalui bidang profesi sesuai dengan program study yang telah digeluti dibangku kuliah, karena itu disiplin ilmu yang dimiliki harus dimanfaatkan dan diamalkan untuk lingkungan sekitar bahkan untuk daerah dan bangsa, agar ilmu yang didapatkan tersebut menjadi berkah amaliah yang pahalanya Insya Allah hanya tuhan yang mampu membalasnya. Drs. Joksan Lakukua juga katakan predikat sarjana sebagai sumber daya manusia yang handal harus memiliki nilai plus atau nilai lebih untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan karena gelar sarjana saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, apalagi saat ini kompitis dan persaingan mendapatkan pekerjaan sangat ketat sehingga sarjana yang lahir harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat menciptakan peluang untuk memperoleh pekerjaan dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, sehingga pemda sangat merespon dan mengapresiasi kehadiran para sarjana yang mau berwirausaha sendiri, harus mampu berkreativitas dan berinovasi sebagai sarjana yang tidak mudah patah semangat untuk melahirkan prestasi dan karya sehingga meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan para wisudawan semdiri. Diakhir sambutannya Drs. Joksan Lakukua mengharapkan kepada para wisudawan semoga ilmu pengetahuan yang dimiliki baik yang bernafaskan keagamaan maupun ilmu pengetahuan umum harus dapat diamalkan dan diaplikasikan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta sebagai masyarakat poso yang cerdas demi untuk kemajuan daerah sintuwu maroso tercinta.

Sementara itu ditempat yang sama Koordinator Kopertis Wilayah XIII yang diwakili Sekretaris Kpertis Drs. H. Moh. Harjun, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan kepada para alumni yang diwisuda hari ini diantaranya perjalanan 1.000 km dimulai dengan ayunan langkah kaki pertama, jadilah orang pintar merasa, bukan menjadi orang yang merasa pintar, pandai-pandailah menyatakan kebenaran bukan membenarkan kenyataan yang belum tentu benar, kembangkan tiga keterampilan dalam diri kalian yaitu keterampilan belajar, keterampilan berfikir dan keterampilan hidup. Drs. H. Moh. Harjun, M.Ag juga menitip pesan kepada pengelola STAI Poso agar sarjana yang dicetak oleh STAI Poso sebanyak 67 orang dari segi kuantitas untuk ukuran kabupaten poso sudah merupakan jumlah yang cukup lumayan ini hendaknya dibarengi dengan peningkatan kualitas proses belajar mengahar dan kegiatan akademik lainnya, penataan administrasi hendaknya terus dibenahi dan perlunya pimpinan STAI poso terus menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak baik dengan pengurus yayasan, para pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah daerah, tokoh masyarakat serta elemen masyarakat lainnya. Diakhir sambutannya H. Moh. Harjun mengharapkan kepada pihak pemerintah kabupaten poso agar memberi dukungan dan bantuan untuk memperkuat perguruan tinggi ini sebagai aset kita bersama sehingga dapat memiliki kemampuan data saing yang kuat untuk berkompetisi secara sehat dengan perguruan tinggi yang ada di NKRI baik negeri maupun swasta.

Sementara Fajriadi, S.Pd.I yang mewakili salah satu wisudawan berpesan untuk STAI Poso agar selalu berpegang teguh pada visi misinya serta mampu menjaga wibawa, martabat dan citra lembaga dimata masyarakat luas, dan kepada teman-teman yang diwisuda jangan pernah merasa takabur dan cepat puas diri sebab diatas langit masih ada langit, mari kita terus mengisi diri secara keilmuan terus mengasah kepekaan rasa serta mengamalkan ajaran agama secara seimbang, mari kita laksanakan janji/ikrar alumni yang telah dikumandangkan bersama tadi dengan penuh keiklasan dan kesadaran. //ca’/pul

altalt

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2017

Minggu, 23 Juli 2017 Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si membuka secara resmi Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2017 yang dipusatkan di Tentena Kecamatan Pamona Puselemba. Kegiatan yang bertemakan Membangun generasi cerdas yg berkarakter ini terdiri dari berbagai jenis lomba diantaranya kelompok bernyanyi dan gerak anak dalam bahasa inggris, drama anak dalam bahasa inggris, game edukasi, dan panggung boneka yg diikuti oleh seluruh siswa PAUD dan siswa SD.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso mengungkapkan harapannya agar momentum hari anak ini dijadikan sarana motivasi bagi seluruh keluarga Indonesia khususnya keluarga masyarakat Kabupaten Poso untuk lebih peduli dan memberikan perhatian yg lebih kepada anak-anak agar tidak terjebak dan terjerumus dalam kasus-kasus hukum yang hanya menghambat masa depannya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Poso memberikan challenge atau tantangan kepada semua anak-anak yg hadir dalam kegiatan tersebut untuk dapat mengucapkan secara lengkap tanpa teks, lima sila yg terdapat dalam Pancasila, dimana hal ini bermaksud sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kepada generasi penerus untuk mulai memiliki rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme yg tinggi sejak usia dini. Dan anak-anak pun berlomba-lomba untuk dapat mengucapkannya secara lantang di depan Wakil Bupati Poso. Pemerintah Daerah mengapresiasi dan akan terus mendukung serta mengawasi setiap pihak yg berupaya untuk mendidik anak-anak yg ada di Kabupaten Poso sehingga dapat melahirkan generasi penerus Poso yg kreatif & inovatif serta dapat bersaing dengan anak-anak lainnya di seluruh Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kepala Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Poso, Unsur Tripika Kecamatan, para Guru, serta tamu undangan lainnya. //ca'/pulalt

KKN Desa Sejahtera Mandiri di Kecamatan Pamona Selatan

Peserta Kuliah Kerjja Nyata (KKN) Universitas Hasanudin Makassar, diterima langsung oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si bertempat di Yonif 714/SM Kompi Senapan A Desa Pasir Putih Kecamatan Pamona Selatan. Hadir dalam kesempatan ini, Camat Pamona Selatan, Danramil Pamona Selatan, Kepala-kepala desa se Kecamatan Pamona Selatan terutama yang desanya menjadi tempat pelaksanaan KKN. Dosen Pendamping Mahasiswa KKN yang juga mewakili Rektor Unhas Dr. Andi Muhamad Haris, ST., MT dalam sambutanya menyampaikan bahwa Poso merupakan salah satu isu menarik yang menjadi dasar pemilihan lokasi KKN. Hadir juga anggota Kompi Senapan A serta para pewarta cetak,(10/7/17).

.

alt

alt

Pembagian kelompok/posko yang akan menempati desa tertentu, dipilih secara acak dan disetiap posko mahasiswa KKN merupakan perwakilan dari berbagai Fakultas, diantaranya Kedokteran, Pertanian, dan berbagai bidang ilmu lain yang ada di Universitas Hasanudin Makassar. Posko 1 melaksanakan KKN di Desa Pendolo, Posko 2 di Desa Boe, Posko 3 di Desa Dulumai, Posko 4 di Desa Peura, Posko 5 di Desa Pasir Putih dan Posko 6 di Desa Bangun Jaya, Jumlah Peserta KKN sebanyak 55 Orang mahasiswa.

Keseluruhan peserta yang mengikuti KKN merupakan mahasiswa semester 7 dan masih harus menempuh 10 sks untuk menyelesaikan studi S1, diantaranya Skripsi. Jenis KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Hasanudin terdiri dari 2 jenis. Berdasarkan Tematik, ditempatkan pada daerah-daerah di luar Sulawesi Selatan diantaranya, Kabupaten Poso, Fukuoka Jepang, Perbatasan Malaysia dan Indonesia, serta tempat lain yang dianggap strategis untuk bekal mahasiswa dalam pengembangan diri, bertindak spontan menurut keadaan yang terjadi serta meningkatkan kemampuan Mahasiswa beradaptasi di Masyarakat secara nyata, sementara KKN jenis Reguler ditempatkan diseputaran Sulawesi Selatan. Melalui sambutannya, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Rektor Unhas yang telah mengalokasikan kegiatan KKN di Kabupaten Poso.

Selanjutnya Ir. Samsuri, M.Si memberikan materi umum terkait informasi mengenai Kabupaten Poso menurut kondisi yang ada dan dapat dijadikan acuan sebagai bahan kajian dalam KKN ini. Sumberdaya alam yang melimpah dapat dijadikan kekuatan untuk pembangunan ekonomi. Posisi Kabupaten Poso yang berada ditengah dijalur transportasi darat menjadi salah satu hal yang strategis, mobilisasi yang mudah menjadikan Kabupaten Poso kaya akan adat dan budaya yang beragam. Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Poso membuka sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa bertanya apa saja tentang Kabupaten Poso. Salah satu mahasiswa peserta KKN memberikan pertanyaan, apakah yang bapak harapkan dari kami terhadap pelaksanaan KKN, sehingga akan meninggalkan bekas positif bagi masyarakat. Wabup Poso menjawab, kehadiran adik-adik di desa tentunya akan memberikan warna baru dalam suatu proses pengenalan dan pembelajaran.

Masyarakat Poso terbuka akan segala hal baru yang dirasa mempunyai manfaat. Proses dialog yang dilakukan dengan penuh kearaban akan membuat apa yang adik-adik utarakan bisa didengar oleh masyarakat. Terutama pesan moral akan pentingnya menjaga kelestarian hutan, memanfaatkan potensi pertanian dengan menjunjung nilai kearifan lokal serta terbuka akan teknologi yang baru, sehingga tujuan Pembangunan di Kabupaten Poso yang dimulai dari desa mendapat respon karena adik-adik akan lebih mempertegasnya melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan, serta bersinergi dengan program Pemda Kabupaten Poso untuk kemakmuran masyarakat agar lebih cepat terealisasi. Acara ditutup dengan doa. Usai makan siang, Wakil Bupati Poao melanjutkan dengan melakukan Sidak ke Puskesmas Korobono dan Kantor Camat Pamona Tenggara. Di Puskesmas Pendolo, Wabub Poso meninjau kamar mandi/wc yang salurannya tidak baik, mengakibatkan tersumbat dan menggenang dengan bau yang tidak enak dikarenakan pembuatannya yang asal jadi. Hal ini akan dibicarakan dengan Dinas Terkait, Konsultan serta Kontraktor yang menangani untuk didapatkan jalan keluar untuk perbaikan, terlebih kondisi gedung masih dalam masa perawatan. Tak berhenti disini, Wakil Bupati Poso terus mendatangi setiap kantor yang dilewati agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik setiap harinya.

Wisuda dan Perpisahan Siswa SMK Negeri 1 Poso.

 Poso_03/05/17, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, diwakili oleh Asisten III Adminiatrasi Umum Setda Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua menghadiri Wisuda & Perpisahan Siswa SMK Negeri 1 Poso. Asisten III didampingi oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Poso. Hadir juga dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Kepala Bidangnya, Camat Poso Kota Selatan, Lurah Kawua, Seluruh Siswa-wi Wisudawan dan Orang Tua/Wali.

Melalui Sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Asisten III Drs. Joksan Lakukua, mengucapkan selamat kepada para siswa dan siswi yang telah berhasil menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Poso. Lulusan SMK dipersiapkan menjadi generasi mandiri yang bukan hanya siap kerja, tetapi dapat juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Meskipun demikian, tetap dapat melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi. Salah satunya adalah Universitas Sintuwu Maroso dan banyak lagi Sekolah Tinggi yang tersedia di Kabupaten Poso. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang baru saja kita kita peringati, marilah kita jadikan sebagai momentum baru untuk lebih meningkatkan semangat belajar dengan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi.

Dalam Kegiatan ini, ada sebanyak 189 Siswa-wi kelas XII yang diwisuda terdiri dari : Jurusan Akutansi sebanyak 42 orang, Jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 44 orang, Jurusan Pemasaran/Marketing sebanyak 28 orang, Jurusan Komputer sebanyak 53 orang dan Jurusan Multimedia sebanyak 22 orang. Dari kelulusan ini, beberapa siswa meraih nilai tertinggi dan diberikan hadiah oleh pihak sekolah. Pemberian hadiah ini sebagai penyemangat untuk para siswa agar belajar lebih giat dan juga dapat digunakan untuk bekal bagi proses pengembangan diri ke depan.//ca’/pul

alt

alt

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Yang Ke-68

alt

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mempimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang ke-68 dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah ke 21 di lapangan Sintuwu Maroso Poso 2/5/17. Upacara ini diikuti oleh para Guru, para Murid SD sampai SMA, seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Rektor UNSIMAR, dan di hadiri juga oleh Kepala-kepala OPD serta para undangan. Memperingati Hari Pendidikan Nasional ke-68.

Wakil bupati poso, membacakan sambutan menteri pendidikan dan kebudayaan dan memperingati hari otonomi daerah ke 21 membacakan sambutan menteri dalam negeri. Dalam sambutannya, wakil bupati ir. Samsuri, m.si menyampaikan bahwa pentingnya pendidikan sebagai alat yang akan mengarahkan kita menuju pembangunan seutuhnya. Generasi muda sebagai tulang punggung bangsa harus dibekali dengan pengetahuan yang berkualitas sehingga dapat menjawab tantangan kedepan serta akan mampu bersaing dengan bangsa lain, teristimewa kualitas generasi muda di kabupaten poso akan turut menyumbangkan kontribusi bagi pembangunan.

Wakil bupati poso dalam kesempatan itu juga melepas peserta lanjut usia dan lintas generasi dalam rangka hut lanjut usia nasional ke 21 tingkat propinsi sulawesi tengah dan pencanangan gerakan kembali kesekolah 1000 anak harapan bangsa usia 15-25 tahun putus sekolah masuk smk di kabupaten poso ditandai dengan pemukulan gong. Selanjutnya wakil bupati poso melepas balon sebagai tanda bahwa pemerintah telah memulai pencanangan gerakan kembali kesekolah 1000 anak harapan bangsa. Dilanjutkan dengan penyerahan kartu indonesia pintar dari pemerintah daerah kab. Poso. Penyerahan bantuan ini sebagai bukti nyata kepedualian pemda kabupaten poso mencerdaskan kehidupan bangsa di bumi sintuwu maroso. Diakhir acara, ditampilkan beberapa hiburan : tari kreasi lintas generasi, paduan suara lansia, paduan suara sma 2 poso. Marching band : smp negeri 1 poso, sma negeri 1 poso dan paud.//ca’/pul

alt

FGD Sinergi Program Prioritas Nasional Dengan Pemangku Pendidikan di Daerah

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Sinsigus Songgo, MM menghadiri Focus Group Discussion (FGD) tentang Sinergi Program Prioritas Nasional Dengan Pemangku Pendidikan di Daerah sekaligus sebagai nara sumber, kegiatan kali ini diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso bertempat di Kartika Beach Hotel, pada Kamis (13/4/17).


Hadir dalam kegiatan tersebut staf khusus menteri bidang kerjasama antar lembaga Fajar Riza Ul Haq, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dr. Drs. Yus Madoli, M.Si serta para Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se kota poso.

egiatan diawali dengan laporan staf khusus materi bidang kerjasama antar lembaga Fajar Riza Ul Haq menyampaikan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia indonesia menjadi salah satu prioritas utama pemerintah saat ini, beberapa program yang terkait diantaranya program pendidikan karaktet (PPK), pendidikan vokasi dan Program Indonesia Pintar (kartu indonesia pintar), Fajar Riza Ul Haq juga mengatakan bahwa dari keberadaan tiga program prioritas tersebut telah memperoleh respon dari berbagai elemen masyarakat, tanggapan atas kebijakan yang terkait dengan ketiga program muncul dari lembaga-lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, organisasi sosial/masyarakat, pribadi-pribadi yang peduli dan kompoten baik di tingkat pusat maupun daerah.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Sinsigus Songgo, MM dalam paparannya menjelaskan berbagai permasalahan pendidikan di kabupaten Poso diantaranya pemerataan guru, kualifikasi guru, sarana dan prasarana, laboratorium/perpustakaan, museum.dan peningkatan IPM, selain itu dikatakan bahwa pemerintah kabupaten poso sangat merespon dan mendukung kegiatan kali ini karena menjadi salah satu prioritas utama pemerintah agar untuk meningkatkan kualitatas sumber daya manusia indonesia, dikatakan pula ada tiga program utama dalam SDM indonesia diantaranya Program Pendidikan Karakter (PPK), Pendidikan Vokasi dan Program Indonesia Pintar/Kartu Indonesia Pintar sehingga anak-anak memperoleh pendidikan yang layak dan mampu mencukupi kebutuhan biaya pendidikan sehingga kualitas karakter, kemandirian, kreativitas dan kesejahteraan hidup terwujud.

alt

Lomba Minat dan Budaya Baca Serta Pameran Perpustakaan dan Launching Poso Gemar Membaca

  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi lomba minat dan budaya baca serta pameran perpustakaan dan launching poso gemar membaca. Kegiatan ini ditandai dengan pelepasan balon gas dan membaca bersama dengan judul “Membaca Buku Adalah Jembatan Menggapai Cita-Cita” yang diprakarsai oleh dinas Perpustakaan dan KearsipanKkabupaten Poso. Bertempat di halaman kantor dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten poso, kamis 23/3/17. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1307 poso Letkol Inf. Dedy Triyono Hadi, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Suharto Kandar bersama anggota, para pejabat dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso, para kepala sekolah bersama dewan guru, seluruh pelajar TK, SMP, SMA, Mahasiswa dan komunitas poso membaca se kabupaten poso.

   Nius W. Baduge, S.Pd,M.Si sebagai ketua Panitia menyampaikan bahwa adapun tujuan kegiatan tersebut meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswa/siswi dan seluruh elemen masyarakat sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang siap pakai dan memiliki sikap profesional. Nius W. Baduge juga mengatakan peserta lomba terdiri dari tingkat TK, SD, SLTP, SMA, SMK, Mahasiswa dan komunitas poso membaca kabupaten poso, kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 23 s/d 24 maret 2017.

   Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso Dr. Wangintowe Tundugi, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan kegiatan gerakan poso gemar membaca tahun 2017 salah satu tujuan pembangunan nasional sebagaimana amanat undang-undang dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, hal ini sejalan dengan visi misi bupati dan wakil bupati poso yaitu terwujudnya kabupaten poso yang damai, adil dan sejahtera yang didukung oleh sumber daya manusia yang andal dan bermartabat.

   Sementara itu dalam sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia penyelenggara dalam hal ini dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten poso yang telah mengagendakan kegiatan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya para anak-anak usia sekolah. Darmin Agustinus Sigilipu juga mengtakan bahwa buku adalah jendela dunia ilmu dan pengetahuan dapat diperoleh sebagai bekal hidup dimasa depan karena kunci ilmu pengetahuan adalah membaca, orang yang malas membaca tentu kurang ilmu yang dimiliki sehingga wawasan dan pengetahuannnya terbatas. Diakhir sambutannnya bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu juga menyampaikan bahwa launcing gerakan poso membaca merupakan salah satu langka cerdas didalam memerangi kemiskinan dan kebodohan sehingga momen ini sangat penting untuk kita dukung bersama seluruh stakeholder bahkan seluruh masyarakat kabupaten poso demi kemajuan negeri, bangsa dan daerah tercinta. Mari kita sama-sama membudayakan gemar membaca dan kita tularkan kepada anak-anak kita sebagai generasi pelanjut masa depan bangsa tanamkan disiplin yang tinggi dengan membiasakan membaca buku atau bacaan apa saja yang bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kata bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu. acara dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran buku dan lomba mewarnai gambar tingkat TK.//ca’/pulaltaltaltalt


Seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional

  Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si membuka secara resmi Seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional O2SN/FLS2N Tingkat SD/MI, SMP/MTs Negeri/Swasta Kabupaten Poso Tahun 2017, bertempat di halaman Dinas P&K Kabupaten Poso dengan Tema : Kecintaan Terhadap Seni & Budaya Bangsa Memguatkan Karakter, Menggugah Daya Cipta, Serta Membentuk Kelembutan Hati, Kamis 16/3/17.

   Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia penyelenggara kegiatan ini. Karena kegiatan seperti ini sangat penting sebagai ajang memajukan bakat dan prestasi siswa terhadap seni & olah raga. Kegiatan-kegiatan seperti ini harus menjadi prioritas, dalam upaya meningkatkan mutu pelatihan yang baik untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Untuk itu peran serta guru, orang tua dan kita semua sangatlah penting dalam upaya pembentukan karakter dan mengembangkan bakat anak sejak dini, demi tercapainya Indeks Pembangunan Manusia yang berkualitas di Kabupaten Poso. Sejatinya berawal dari sinilah Pembangunan itu dimulai, karena pembentukkan karakter sejak dini akan turut menyiapkan kualitas penerus Bangsa.

  Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengucapkan selamat berlomba bagi para peserta, asah terus bakat dan keterampilan mu, raihlah prestasi yang setingi-tingginya, mari bersama, bersatu membangun Tana Poso yang lebih baik. //ca’/pul

altalt

Kulminasi Uji Kompetensi Kejuruan SMK Negeri 2 Poso

altalt

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Sinsigus Songgo, MM, menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan kulminasi uji kompetensi kejuruan SMK Negeri 2 Poso, sekaligus pengenalan uji kompetensi tentang cara penyajian makanan hasil olahan oriental (indonesia food), makanan continental (makanan eropa) dan makanan daerah poso (traditional food) serta melihat hasil uji kompetensi tehnik instalasi tenaga listrik, yang bertempat di aula SMK Negeri 2 Poso, hari ini senin, 27 Februari 2017. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Poso Drs. Rolex Taropo, M.Pd, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Poso Evelin Ratnawati Bintiri, S.Pd bersama para staf dewan guru lainnya, orang tua siswa dan siswa siswi SMK Negeri 2 Poso.

Sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Drs. Sinsigus Songgo, MM mengatakan bahwa kulminasi uji kompetensi keahlian siswa SMK merupakan bagian dari ujian nasional, hasil ujian kompetensi menjadi indikator atas ketercapaian standar kompetensi lulusan sebagaimana tertuang dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2009, sedangkan hasil uji kompetensi bagi para stakeholder adalah merupakan bahan yang akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja (siswa lulusan SMK) sehingga memberikan standar mutu terhadap kualitas para anak didik dalam menyerap mata pelajaran yang telah didapatkan dari bangku sekolah agar kedepannya menjadi tenaga kerja yang siap pakai.

Diakhir sambutannya Drs. Sinsigus Songgo, mm mengharapkan kepada keluaran / kelulusan SMK Negeri 2 Poso semakin baik dan berkualitas, dan kepada semua stakholder dibutuhkan keseriusan agar sekolah ini menjadi unggulan dan banyak melahirkan tenaga profesional yang handal dimasa yang akan datang sehingga dengan mudah mendapatkan lapangan pekerjaan.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Poso Evelin Ratnawati Bintiri, S.Pd dalam laporannya menyampaikan uji kompetensi kejuruan tahun ini diikuti oleh 32 peserta ujian yang dilaksanakan mulai tanggal 20 Februari sampai dengan 27 februari 2017 didua tempat yaitu di SMK Negeri 2 Poso dan di palu golden hotel diikuti oleh lima kompetensi keahlian yaitu Akomodasi Perhotelan 4 orang, tata busana 10 orang, tata boga 6 orang, tata kecantikan 2 orang dan instalasi tenaga listrik 10 orang. Evelin Ratnawati Bintiri, S.Pd juga menyampaikan bahwa pelaksanaan uji kompetensi bertujuan untuk menguji kompetensi siswa sesuai dengan bidang keahlian masing-masing agar bisa diserap didunia industri kerja sehingga nantinya bisa bersaing di tingkat kabupaten sampai ditingkat nasional.//ca’/pul

alt

Caping Day Siswi SMK 2 GKST Keperawatan

 Poso_Sebanyak 48 siswa-siswi SMK 2 GKST Jurusan Keperawatan Tentena mengikuti prosesi Caping day (pemasangan kap) di Gedung Wanita Jemaat Bethel Kelurahan Pamona 25/1/2017 sebagai tanda kesiapan para siswa mengikuti praktek di luar sekolah.
  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu seusai memasangkan kap kepada perwakilan siswi yang mengikuti prosesi tersebut mengatakan bahwa perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan yang berperan serta dalam upaya mewujudkan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal.
”Karena itu, sebagai sekolah kejuruan keperawatan yang sederajat dengan tingkat sekolah lanjutan, smk 2 GKST keperawatan harus menguasai dasar-dasar ilmu keperawatan dengan sebaik-baiknya untuk diterapkan dalam masyarakat ” Kata bupati.
  Bupati mengharapkan momen caping day untuk diikuti dengan sebaik-baiknya sebagai tanda kesiapan melaksanakan tugas sekolah dan tugas keperawatan sesungguhnya, di rumah sakit, di puskesmas atau pun ditempat praktek keperawatan lainnya. Sehingga ilmu yang
didapat dari bangku sekolah semakin mantap untuk diterapkan dan dipraktekkan.“Jadikanlah hari pemasangan kap ini sebagai motivasi tersendiri bagi adik-adik di dalam melaksanakan tugas mulia sebagai tenaga paramedis masa depan yang bertanggung-jawab, disipilin, berdedikasi, profesional, inovatif, memiliki rasa empati yang tinggi serta kerja sama dan saling menghargai sesama.” Ungkap bupati mengakhiri sambutannya.
  Hadir dalam kesempatan itu beberapa pejabatdi lingkup pemda Poso,Ketua YPPK GKST,
Camat Pamona Puselemba bersama unsur Tripika Kecamatan Pamona Puselemba, orang tua siswa serta undangan lainnya,,//Rus/ca'/pulaltalt

Bantuan bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu [Program Indonesia Pintar]

Seperti kita ketahui bersama bahwa pemerintah terus berusaha mengurangi kesenjangan sosial melalui beragam program dan kebijakan di berbagai sektor, diantaranya kesehatan, pendidikan, dan bantuan sosial untuk keluarga Indonesia. 


Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo di bidang pendidikan. Saat ini target pendaftaran (aktivasi) dan pencairan dana manfaat PIP masih tergolong cukup rendah, padahal program ini bertujuan untuk dapat membantu anak-anak usia 6 s.d. 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sebagai bekal masa depan. Prioritas sasaran PIP adalah anak-anak yang berasal dari keluarga pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Program Keluarga Harapan (PKH), anak yatim piatu, difabel, korban bencana, serta siswa SMK studi Pertanian, Kehutanan, Peternakan, Perikanan, dan Kelautan/Pelayaran/Maritim. 

Kemendikbud menargetkan batas akhir pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) sampai dengan 30 September 2016 dengan harapan semakin banyak masyarakat, khususnya pemegang KIP dapat segera mendaftarkan KIP mereka ke sekolah/PKBM/SKB/lembaga kursus dan pelatihan. 

KIP merupakan identitas bagi anak yang menjadi prioritas sasaran PIP agar mendapatkan manfaat berupa bantuan pendidikan berbentuk uang tunai yang disalurkan pemerintah melalui bank penyalur yang ditunjuk (BRI dan BNI). 

Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Program Indonesia Pintar penting untuk mencegah generasi putus sekolah. “Melalui PIP ini kita ingin memutus kesenjangan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Tidak ada lagi alasan anak Indonesia untuk tidak sekolah. Saya mengajak semua pihak untuk ikut mendorong agar KIP betul-betul sampai ke tangan siswa yang berhak."

Ada sekitar 20,3 juta anak usia sekolah (17,9 juta target sasaran di Kemendikbud dan 2,4 juta target sasaran di Kemenag) yang perlu mendapatkan bantuan agar tidak putus sekolah. PIP merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembalikan anak-anak putus sekolah yang disebabkan permasalahan ekonomi agar dapat kembali belajar dan meningkatkan keterampilan mereka. Secara jangka panjang, hal ini merupakan perwujudan pembangunan ekonomi nasional yang lebih kuat dan baik dengan mengoptimalkan bonus demografi. 
 
Informasi, pertanyaan dan pengaduan seputar PIP dan KIP dapat dilakukan melalui 
- Hotline (021) 5703303, 57903020,- SMS 0857 7529 5050 dan 0811 976 929.

Kunjungi juga microsite http://indonesiapintar.kemdikbud.go.id sebagai salah satu kanal informasi PIP dari Kemendikbud.

ayo bersama-sama unggah/posting di media sosial/meneruskan di grup messenger-chat dan menyertakan tagar #AyoBelajar #DaftarkanKIPmu

KKN TEMATIK NKRI UNHAS PERKOKOH PERSATUAN DAN KESATUAN MASYARAKAT SINTUWU MAROSO

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu tugas dan tanggung-jawab Universitas atau Perguruan Tinggi yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini ditunjukkan Kampus Merah yang melaksankan KKN di dua Kecamatan di Kabupaten Poso yakni Kecamatan Pamona Puselemba dan Kecamatan Pamona Selatan. 

Berbeda dengan KKN sebelumnya, yang diselenggarakan Universitas Ayam Jantan dari timur ini di dukung penuh Kodam VII Wirabuana dengan sebutan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik NKRI yang pembukaannya telah berlangsung beberapa bulan yang lalu diterima langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu di Desa Pasir Putih Pendolo Kecamatan Pamona Selatan.Mahasiswa KKN Tematik NKRI angkatan pertama di Poso merupakan perdana kalinya di selenggarakan Unhas disetiap poskonya ditempatkan satu anggota Kowad dari Kodam yang mendampingi para mahasiswa melaksankan kegiatan yang telah diprogramkan melalui seminar desa atau seminar kecamatan bahkan seminar kabupaten.

Masyarakat setempat yang daerahnya menjadi sasaran Mahasiswa KKN Tematik NKRI sangat merasakan manfaat KKN ini. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan yang sesuai dengan KKN Tematik NKRI antara lain, penanaman bibit pohon eboni di Desa Peura, Penaburan bibit ikan di Danau Poso, pagelaran seni perdamaian Mahasiswa KKN Unhas, serta kegiatan tematik lainnya yang mendorong peningkatan persatuan dan kesatuan masyarakat Sintuwu Maroso.

altalt