Kam02222018

Last update12:37:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pemerintahan HUT Dirangkaikan Peresmian Kantor Desa Toini

HUT Dirangkaikan Peresmian Kantor Desa Toini

alt

Poso - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu meresmikan secara langsung kantor desa toini kecamatan poso pesisir ditandai dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan penggintingan pita yang di rangkaikan dengan hari ulang tahun ke-52 desa toini pada Rabu (24/01/18).

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD kabupaten poso Syarifudin Odjobolo dan Iskandar Lamuka, camat poso pesisir bersama unsur tripika kecamatan, para kepala desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan seluruh warga masyarakat desa toini serta undangan lainnya.

Menurut maneger Bumdes Desa Toini, Sufarman Tondau, ST selaku ketua panitia melaporkan bahwa sumber dana kegiatan kali ini berasal dari hasil badan usaha milik desa (Bumdes) anuntalako desa toini kecamatan poso.pesisir anggaran silfa tahun 2017 serta partisipasi pemerintah dan masyarakat desa toini.

Sementara kepala desa toini sudisman rante dalam sambutannya menyampaikan bahwa lokasi pembangunan kantor desa toini adalah milik Hj. Indo banya yang sudah dihibakan.

Dikatakan bahwa, pengresmian desa toini dirangkaikan dengan HUT ke-54 desa toini sehingga sedikit mengutarakan sejarah desa toini yang dulunya pertama kali dihuni suku pebato (pegunungan) namun karena perubahan akhirnya mereka pindah ditempat lain yang selanjutnya digantikan oleh suku kaili yang berasal dari parigi, tomini dan palu (dipesisir pantai) dengan mata pencaharian bercocok tanam.

"Perubahan demi perubahan tetap saja terjadi dimana dengan banyaknya pendatang dari luar daerah suasana semakin ramai sehingga mereka berjuang dan memohon kepada pemerintah untuk dijadikan perkampungan yang devinitif dibawah kendali kepala kampung dan memohon kembali agar status pemukiman dijadikan kampung untuk dapat mengatur rumah tangga sendiri dan pada akhirnya pertengahan bulan novemver 1963 saat itu bupati poso T. Kaumba yang dihadiri seluruh masyarakat mapane toini sehingga diangkat statusnya menjadi kampung sendiri lepas dari mapane. Dari waktu ke waktu terus bertambah menyusul masuknya pemukiman landangan tonipa tahun 1974 dengan suku jawa dari palopo dan suku bada dari lore selatan, batas desa toini yang dulunya dijembatan manggori pindah dijembatan tonipa terbagi 5 (lima) dusun sehingga landangan, tonipa dimekarkan menjadi satu desa yang devinitif, di tahun 2004 dibentuk menjadi satu desa pemekaran sampai tahun 2007 menjadi satu desa pemekaran yang dinamakan desa Lanto Jaya" jelas Sufarman.

Sementara ditempat yang sama bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengharapkan fasilitas kantor desa yang baru selesai dibangun dengan menggunakan biaya yang tidak sedikit sehingga gedung ini dijaga dan dipelihara serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama pemerintah desa dan masyarakat desa toini kecamatan poso pesisir.

"Jadikan bangunan kantor desa yang baru sebagai salah satu aset kebanggaan desa toini yang dibarengi dengan peningkatan pelayanan yang prima bagi masyarakat desa toini, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan nikmat kesuburan tanah dan potensi pesisir pantai yang ada dapat menunjang peningkatan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat desa toini". ungkap Darmin.Agustinus Sigilipu.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu juga katakan bahwa desa toini merupakan posisi yang strategis dimana terletak dijalur trans poso-palu yang dekat dengan kota poso sehingga memiliki potensi kawasan bernilai ekonomi tinggi yang tentu dilirik pelaku-pelaku usaha misalnya dibidang perikanan dan pertanian, masyarakat toini harus lebih memacu kreativitas dalam meningkatkan SDM agar dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk.kesejahteraan seluruh masyarakat.

"Strategis dan dukungan seluruh stakeholder termasuk.seluruh lapisan masyarakat desa toini sebagai bagian dari elemen masyarakat melalui kerja keras dan kerja cerdas dalam bidang pekerjaan masing-masing merupakan salah satu faktor penunjang mewujudkan bersama masyarakat kabupaten poso menuju kota adipura" ungkap harapan bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sugilipu menitip pesan dan menekankan kepada seluruh kepala desa bahwa hindari konflik atau isu-isu propaganda, adu domba manajemen konflik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang tak ingin melihat poso membangun, poso berubah menjadi poso cerdas (ceria, elok, ramah, damai, adil dan sejahtera) Kita harus kerja dan kerja yg positif, harus begandengan tangan sesuai semboyan kita sintuwu maroso, mari kita bekerja cerdas, inovasi, kreatif dengan pikiran yang sehat demi anak cucu kita kedepan.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi ternak ayam petelur sebanyak.1000 ekor dan ini merupakan salah satu pelaksanaan kegiatan Bumdes dan swakelola bersumber dari dana desa tahun anggaran 2016 dengan jumlah anggaran Rp. 156.544.000,-.