Jum09222017

Last update02:01:09 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pemerintahan Bimtek Simda Barang Milik Daerah (BMD)

Bimtek Simda Barang Milik Daerah (BMD)

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis (bimtek) simda Barang Milik Daerah (BMD) di lingkungan pemda poso yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Poso bertempat di gedung diklat ASN, pada Senin (21/08/17).


 Acara diawali dengan laporan panitia Ebert. F. Tonimba, ST menyampaikan adapun tujuan dan sasaran penyelenggaraan kegiatan simda BMD adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso khususnya pada Pengelolaan Barang Milik Daerah dan diharapkan terjadi proses transfer of skill and knowledge sehingga akan dapat meningkatkan kemandirian pemerintah daerah kabupaten poso dalam melaksanakan pengelolaan barang milik daerah, sehingga terlatihnya pengurus barang OPD/Bagian/Kecamatan/Kelurahan dalam penatausahaan BMD berbasis SIMDA BMD.

Ebert.F. Tonimba, ST juga sampaikan bahwa peserta bimtek berjumlah 120 orang yang terdiri kasubag keuangan dan aset, pengurus barang di OPD/bagian/kecamatan/kelurahan lingkup pemerintah kabupaten poso dan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 21 s/d 23 agustus 2017. Sementara dalam sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan BMD merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang pengelolaannya mengacu pada permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan BMD. Darmin Agustinus Sigilipu juga memerintahkan para kepala OPD, camat, lurah untuk mengikuti langsung bimtek sampai tuntas bukan hanya pengurus barangnya saja yang diwajibkan ikut sampai selesai karena pengguna barang yang lebih tahu persis kondisi barang yang ada dalam penguasaan mulai dari perencanaan, kebutuhan barang, penggunaan dan pemanfaatan, penilaian, pemindahtanganan sampai pada pemusnahan/penghapusan. Untuk mempermudah tugas-tugas pengurusan barang di lingkungan OPD masing-masing, saat ini telah hadir aplikasi simda BMD yang dapat menghasilkan data yang akurat dan akuntabel yang telah di rancang BPKP agar para peserta lebih memahami aplikasi simda BMD, dan bimtek.hari ini merupakan hasil.kerjasama atau MOU dengan BPKP provinsi sulawesi tengah.

Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu katakan kiranya penyelenggaraan bimtek dapat berlangssung dengan baik dan efektif sehingga kedepan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso khususnya pada pengelolaan barang milik daerah yang menjadi hambatan dalam meraih WTP selama ini dan semoga akan berdampak baik demi kemajuan kabupaten poso kedepan khususnya didalam mewujudkan cita-cita masyarakat sintuwu mariso menuju kabupaten poso cerdas meraih adipura. Ditempat yang sama perwakilan BPKP provinsi sulawesi tengah Eko Suwahyo dalam sambutannya menyampaikan kepada pemda poso agar barang yang tidak terpakai lagi atau dimusnakan bisa dikembalikan pada bidang pengelola dalam hal ini BPKAD, dan intinya semua barang digunakan untuk kepentingan pemerintahan utamanya tanah kalu pengalihan kepada orang lain harus ada persetujuan dari DPRD contoh tanah tersebut digunakan untuk umum seperti jalan boleh, mohon di catat, dicermati dan diperhatikan, semua tanah milik pemerintah harus bersertifikat atas nama pemda tidak boleh menggunakan nama pribadi.

Hadir dalam kegiatan bimbingan teknis para pimpinan OPD, para Camat se kabupaten poso, lurah serta seluruh peserta bimtek.