Sel12122017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pemerintahan Pesta Rakyat Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke- 72

Pesta Rakyat Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke- 72

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Pesta Rakyat Dalam Rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke- 72 di laksanakan di lapangan Puselemba Kelurahan Sangele Kecamatan Pamona Puselemba, pada Sbatu (29/7/17).

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri dan membuka secara lamgsung kegiatan ini, didampingi oleh beberapa Kepala OPD diantaranya Kadis Sosial, Kadis Perhubungan, Kepala Inspektorat Kabupaten Poso, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kabag Humas & Protokoler, serta di hadiri juga oleh Majelis Sinode GKST, Danyon 714 (diwakili), Rektor Universitas Kristen Tentena, Forum Musyawarah Kecamatan, Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Pamona Puselmba. Dimulai dengan doa pembukaan oleh Pdt. Sem Manitu, S.Th (Ketua Majelis Klasis Pamona Utara). Slanjutnya Devile yang diikuti oleh 61 peserta. Jenis lomba yang dilksanakan meliputi : Pengucapan UUD 1945, Gerak Jalan, Sepak Bola, Bola Volly, Futsal, Permainan Rakyat, Atletik, Senam, Catur, Lomba K3, Cipta Rasa Kuliner dan Kesenian. Adapun untuk tingkat SMA dilaksanakan Lomba Torompio, dan untuk Tingkat Umum dilaksanakan lomba Cerita Rakyat. 


Kegiatan dilanjutkan dengan Devile dari para peserta lomba, mulai tingkat SD sampai SMA/SMK, peserta dari tiap Kelurahan dan Desa serta Instansi yang ada di Kecamatan Pamona Puselemba. Ketua Panitia, Besaliel JS Tuwuntjaki, S.Pd, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli s/d 20 Agustus 2017, tujuanya agar warga masyarakat menjadi lebih rukun dan mempunyai kesadaran akan Nasionalisme serta Patriotisme juga untuk lebih menjaga kebersamaan dalam keberagaman. Upacara pembukaan, dipimpin oleh Wakil Bupati Poso, dan dalam sambutannya Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan selaku umat yang beriman, saya mengajak kepada kita semua untuk memanjatkan syukur karena atas rahmatNyalah sehingga acara ini bisa dilaksanakan.Wakil Bupati Poso mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta lomba. Untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Bangsa kita, Saat ini dilaksanakan pesta rakyat. 72 tahun yang lalu diproklamirkan oleh para pendiri bangsa bahwa kita telah lepas dari kungkungan penjajahan. Momentum tersebut harus kita aktualisasikan dengan rasa syukur dan gembira. Terkhusus masyarakat kota Tentena. Pesta rakyat ini dapat memberikan hiburan tersendiri bagi seluruh masyarakat yang akan disuguhkan melalui beberapa kegiatan yang dilombakan. 


Samsuri berharap kepada seluruh peserta maupun penonton agar menjaga keamanan dan ketertiban. Kalah menang itu hal lumrah dan yang kita harapkan adalah rasa kesetiakawanan sebagai wujud syukur atas kemerdekaan yang sudah kita raih dengan prinsip kebersamaan dan kegotongroyongan, maka kita semua adalah pemenangnya. Turut aktif dalam membangun bangsa dan negara, teristimewa daerah kita tercinta. Menciptakan karya dan prestasi dalam bidang tugas kita masing-masing. Tugas kita semua sebagai pewaris kemerdekaan ini masihlah banyak, untuk itu harus dilanjutkan saat ini juga. Agar tongkat estafet nantinya ketika akan berpindah tangan pada generasi mendatang, mereka tidak akan mulai lagi dari awal. Karena garis finish sudah tak jauh. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan perlindungan Tuhan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses. Selanjutnya Wakil Bupati menekan tombol sebagai tanda dimulainya kegiatan lomba.