Sen12112017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pemerintahan Upacara memperingati hari lahir Pancasila di Poso

Upacara memperingati hari lahir Pancasila di Poso

alt
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 3
  • Selanjutnya

Upacara memperingati hari lahir Pancasila berlangsung di Poso dengan hikmat dan aman (1/6/17). Upacara di laksanakan di halaman kantor Bupati Poso, dengan inspektur upacara Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dan bertindak sebagai komandan upacara Lettu. Inf. Martinus Borosi. Upacara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, para pimpinan OPD Kabupaten Poso, Instansi vertikal, BUMN/BUMD dan undangan lainnya.

Dalam Amanat Presiden RI yang dibacakan Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si mengajak peran aktif para tokoh agama,, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga pancasila, pemahaman dan pengamalan pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan."kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan pancasila, pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi dan gerakan-gerakan yang anti pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI, anti Bhineka Tunggal Ika" seru wakil bupati saat membacakan amanat presiden.

Dalam waktu yang sama, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memutuskan menjadi Pembina Upacara Hari Lahir Pancasila di Desa Wuasa Kacamatan Lore Utara Kabupaten Poso, yang merupakan Pusat Gempa yang terjadi beberapa hari lalu. Upacara dilaksanakan secara sederhana dilapangan desa yang dihadiri, Unsur tripika, siswa, wakil dari persatuan adat, bersama Masyarakat setempat. Bupati Poso pada sambutannnya menjelaskan arti pentingnya Pancasila sebagai pilihan final landasan negara Republik Indonesia. Selain itu dalam sambutannya Bupati menjelaskan dengan pancasila-lah rasa untuk datang berbagi dan menolong masyarakatnya yang sebangsa setanah air bisa diwujudkan .Selesai upacara Bupati Poso secara simbolik memberikan bantuan Tunai dandorongan semangat kepada masyarakat yang mengalami traumatik akibat gempa bumi dengan kekuatan 6.6 SR yang terjadi pada senin lalu (29/05/2017). Tercatat hingga pertanggal 1 Juni 2017 daerah ini masih mengalami gempa Susulan hingga 200 kali.

Peserta upacara diikuti dari Kodim 1307 Poso, Yonif 714 Sintuwu Maroso, Brimob Poso, Marinir, Dinas Perhubungan Kabupaten Poso, Pol PP, Pemadam Kebakaran, PNS, KNPI dan Mahasiswa STIKES.