Jum09222017

Last update02:01:09 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pemerintahan Rapat Kerja Bupati Poso Dengan Jajaran Pemerintah Daerah se Kabupaten Poso

Rapat Kerja Bupati Poso Dengan Jajaran Pemerintah Daerah se Kabupaten Poso

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wakil bupati poso Ir. Samsuri, m.si membuka secara langsung rapat kerja Bupati Poso dengan jajaran pemerintah daerah se kabupaten poso tahun 2017. Peserta yang hadir sebanyak 431 orang, terdiri atas seluruh kepala-kepala organisasi perangkat daerah (opd) kabupaten poso, ketua penggerak PKK kecamatan, camat, lurah, kepala desa, lpm, bpd. Hadir juga dalam rapat kerja ini, asisten I, asisten II, dan asisten III, FKPD, ketua pengadilan negeri poso, otoritas jasa keuangan (ojk) propinsi sulawesi tengah, instansi perbankan di kabupaten poso, para wartawan serta undangan peserta raker, Poso 04/05/17.

Melalui sambutannya Bupati menginginkan kinerja yang maksimal seluruh opd agar dapat memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan dan terjadi kesesuaian dengan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Poso. Apa yang sudah dikerjakan selama ini, hendaknya dijadikan patokan untuk perbaikan kinerja sehingga kabupaten poso yang cerdas dalam bingkai sintuwu maroso untuk meraih adipura dapat tercapai. Raker ini sebagai evaluasi bagi kita semua demi perbaikan kinerja, menambal segala kekurangan agar memberikan hasil yang maksimal, tantangan ke depan akan semakin berat. Masyarakat semakin cerdas dan pastinya akan mendukung jika yang kita lakukan sesuai dengan aturan yang harus dipedomani dalam membangun kabupaten poso melalui kerja nyata dan tepat sasaran. Dengan kesungguhan hati untuk melakukan yang terbaik dan secara bersama bergerak, kita akan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Segala bentuk kritikan datang yang sifatnya membangun demi perbaikan kabupaten poso harus kita terima. Namun terkadang kritik yang dilayangkan tidak sesuai dengan fakta, dan hanya ingin menjerumuskan dan memecah belah antara kita oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. Menjadi perhatian kita semua untuk mensikapi hal tersebut dengan koordinasi yang terstruktur, sesuai kapasitas dan kapabilitas sehingga tidak terjadi kegelisahan dimasyarakat. Bupati poso mengharapkan partisipasi aktif kepada seluruh peserta dalam tanya jawab agar segala permasalahan dapat terselesaikan, sehingga pekerjaan rumah masing-masing opd tidak menumpuk dan harus diinformasikan untuk diketahui, di era keterbukaan saat ini sudah menjadi keharusan. Kabupaten poso sedang membangun, olehnya kerja nyata itu yang dibutuhkan, bukan hanya sekedar opini apalagi hanya berwacana.

Membuktikan keseriusan seluruh peserta raker, Bupati Poso yang sangat terbiasa dengan kedisiplin itu, memeriksa absensi peserta satu persatu. Bersamaan dengan kegiatan ini, dilakukan penyerahan peta citra satelit oleh kepala bidang diseminasi deputi bidang penginderaan jauh lembaga penerbangan dan antariksa nasional (lapan) bapak rubini kepada pemda kabupaten poso, diterima langsung oleh bupati poso. Penyerahan piagam evaluasi kinerja kecamatan (ekk) kepada kecamatan yang berprestasi, peringkat pertama diraih kecamatan poso pesisir, peringkat kedua kecamatan lore timur dan peringkat ketiga diraih kecamatan pamona utara. Penyaluran beras sejahtera sejumlah 1.186,86 ton kepada 19.778 keluarga penerima manfaat (kpm).

Sebelum raker ditutup oleh wakil bupati poso, ir. Samsuri, m.si, dibacakan rumusan hasil keputusan rapat oleh steering commite asisten administrasi pemerintahan dan kesra M. Ari Pamungkas, SH.,Mh. Antara lain :

1. Meningkatkan peran ojk dalam pengembangan ekonomi dan keuangan daerah, perlu koordinasi dan kerjasama dengan pemda kab. Poso, ruang lingkup kerjasama diatur dalam mou yang difokuskan kepada sinskronisasi dan sinergi kebijakan. Pertukaran data dan informasi serta pembentukkan forum kekd.

2. Pentingnya manfaat data satelit penginderaan jarak jauh untuk mendukung percepatan pembangunan daerah, dengan meningkatkan koordinasi dengan lapan, pemda menyelenggarakan kegiatan bimtek pelatihan tentang pemanfaatan sistim penginderaan jarak jauh bagi aparatur perencana.

3. Percepatan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur yang meliputi fokus pembangunan yang holistik, dan meningkatkan kerjasama dengan pihak swasta.

4. Mencermati situasi kamtibmas akhir-akhir ini terkait penanganan kelompok radikal bersenjata di kabupaten poso agar pemerintah daerah bersama jajaran tni/polri, segera memgambil langkah-langkah konkrit dalam penyelesaian masalah tersebut secara komprehensif.

5. Peningkatan pengelolaan dana desa. Selanjutnya penandatanganan kesepakatan rakerda.