Kam08242017

Last update04:00:00 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pemerintahan Workshop Penghitungan dan Pengukuran Profesionalitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)

Workshop Penghitungan dan Pengukuran Profesionalitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

  Bupati Poso yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Poso Drs, Sinsigus Songgo, MM membuka secara resmi Workshop Penghitungan dan Pengukuran Profesionalitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) bertempat di Balai Diklat (Maliwuko) Senin,10/4/17. Acara ini bertujuan mengukur tingkat Profesionalitas Individu atau Kelompok, Mengukur Perubahan, Perbaikan Kualitas ASN, Pengisian PUPNS – SKP – Tunjangan Kinerja (Remonerasi) dan Penilaian Prestasi Kerja dan Tingkat Disiplin Individu, Mengetahui Jumlah Jabatan yang belum terisi melalui Aplikasi IPP.

 Bupati Poso yang diwakili oleh Sekda Drs, Sinsigus Songgo, MM menyampaikan bahwa saat ini, keluhan rendahnya kualitas ASN terhadap pelayanan kepada masyarakat masih terjadi. Padahal seharusnya ASN memiliki tugas dan tanggungjawab melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP. Kriteria penilaian tentang kualitas pelayanan ASN kepada masyarakat perlu kita ketahui bersama sehingga persepsi didalam melakukan pengukuran dan profesionalitas ASN dapat dipahami yang nantinya akan menjadi pedoman bersama untuk diterapkan di lingkungan OPD masing-masing. Tersedianya indikator sebagai alat pengukuran kualitas ASN harus memenuhi kaidah akademis yaitu Smart, Spesific, Simple, Measurable, Attainable, Relevant Reliable dan Timely Indeks Profesionalitas ASN (IP-ASN). Indikator ini salah satu cara mendekati kualitas ASN dengan menggunakan indikator outcome. Apabila kompetensinya semakin tinggi, maka kinerjanya semakin baik, organisasinya semakin modern dan tentu pengawainya akan semakin bersih. Data kompetensi seharusnya berasal dari hasil uji kompetensi seluruh PNS. Namun karena data ini belum tersedia maka digunakan data proxy yaitu potensi diukur dari kesesuaian Pendidikan, Pengalaman Pendidikan Teknis dan Manajerial (Diklatpim).

 Melalui kesempatan ini Bupati Poso yang diwakili oleh Sekda Drs, Sinsigus Songgo, MM mengharapkan kepada seluruh peserta workshop agar mengikuti kegiatan ini secara serius sampai selesai serta aktif dalam sesi diskusi untuk lebih mempertajam pemahaman dan pendalaman terhadap materi workshop yang disampaikan. Narasumber dalam kegiatan ini : Nur Hantok, S.Sos (Kasubag Kepegawaian Regional IV Makassar) dan Kusnaedi (IT BKN Makassar). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Penyerahan buku panduan IPP ASN dan Aplikasi Data dari Kepegawaian Regional IV Makassar ke Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Dalam kegiatan ini, dihadiri pula oleh Kepala-kepala SKPD, Kasubag Kepegawaian dan Operator. Kualitas ASN akan berpengaruh terhadap Pembangunan yang terus dijalankan di Kabupaten Poso.//ca’/pul