Jum05262017

Last update12:19:57 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pemerintahan

Pemerintahan

Rapat Kerja Bupati Poso Dengan Jajaran Pemerintah Daerah se Kabupaten Poso

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wakil bupati poso Ir. Samsuri, m.si membuka secara langsung rapat kerja Bupati Poso dengan jajaran pemerintah daerah se kabupaten poso tahun 2017. Peserta yang hadir sebanyak 431 orang, terdiri atas seluruh kepala-kepala organisasi perangkat daerah (opd) kabupaten poso, ketua penggerak PKK kecamatan, camat, lurah, kepala desa, lpm, bpd. Hadir juga dalam rapat kerja ini, asisten I, asisten II, dan asisten III, FKPD, ketua pengadilan negeri poso, otoritas jasa keuangan (ojk) propinsi sulawesi tengah, instansi perbankan di kabupaten poso, para wartawan serta undangan peserta raker, Poso 04/05/17.

Melalui sambutannya Bupati menginginkan kinerja yang maksimal seluruh opd agar dapat memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan dan terjadi kesesuaian dengan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Poso. Apa yang sudah dikerjakan selama ini, hendaknya dijadikan patokan untuk perbaikan kinerja sehingga kabupaten poso yang cerdas dalam bingkai sintuwu maroso untuk meraih adipura dapat tercapai. Raker ini sebagai evaluasi bagi kita semua demi perbaikan kinerja, menambal segala kekurangan agar memberikan hasil yang maksimal, tantangan ke depan akan semakin berat. Masyarakat semakin cerdas dan pastinya akan mendukung jika yang kita lakukan sesuai dengan aturan yang harus dipedomani dalam membangun kabupaten poso melalui kerja nyata dan tepat sasaran. Dengan kesungguhan hati untuk melakukan yang terbaik dan secara bersama bergerak, kita akan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Segala bentuk kritikan datang yang sifatnya membangun demi perbaikan kabupaten poso harus kita terima. Namun terkadang kritik yang dilayangkan tidak sesuai dengan fakta, dan hanya ingin menjerumuskan dan memecah belah antara kita oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. Menjadi perhatian kita semua untuk mensikapi hal tersebut dengan koordinasi yang terstruktur, sesuai kapasitas dan kapabilitas sehingga tidak terjadi kegelisahan dimasyarakat. Bupati poso mengharapkan partisipasi aktif kepada seluruh peserta dalam tanya jawab agar segala permasalahan dapat terselesaikan, sehingga pekerjaan rumah masing-masing opd tidak menumpuk dan harus diinformasikan untuk diketahui, di era keterbukaan saat ini sudah menjadi keharusan. Kabupaten poso sedang membangun, olehnya kerja nyata itu yang dibutuhkan, bukan hanya sekedar opini apalagi hanya berwacana.

Membuktikan keseriusan seluruh peserta raker, Bupati Poso yang sangat terbiasa dengan kedisiplin itu, memeriksa absensi peserta satu persatu. Bersamaan dengan kegiatan ini, dilakukan penyerahan peta citra satelit oleh kepala bidang diseminasi deputi bidang penginderaan jauh lembaga penerbangan dan antariksa nasional (lapan) bapak rubini kepada pemda kabupaten poso, diterima langsung oleh bupati poso. Penyerahan piagam evaluasi kinerja kecamatan (ekk) kepada kecamatan yang berprestasi, peringkat pertama diraih kecamatan poso pesisir, peringkat kedua kecamatan lore timur dan peringkat ketiga diraih kecamatan pamona utara. Penyaluran beras sejahtera sejumlah 1.186,86 ton kepada 19.778 keluarga penerima manfaat (kpm).

Sebelum raker ditutup oleh wakil bupati poso, ir. Samsuri, m.si, dibacakan rumusan hasil keputusan rapat oleh steering commite asisten administrasi pemerintahan dan kesra M. Ari Pamungkas, SH.,Mh. Antara lain :

1. Meningkatkan peran ojk dalam pengembangan ekonomi dan keuangan daerah, perlu koordinasi dan kerjasama dengan pemda kab. Poso, ruang lingkup kerjasama diatur dalam mou yang difokuskan kepada sinskronisasi dan sinergi kebijakan. Pertukaran data dan informasi serta pembentukkan forum kekd.

2. Pentingnya manfaat data satelit penginderaan jarak jauh untuk mendukung percepatan pembangunan daerah, dengan meningkatkan koordinasi dengan lapan, pemda menyelenggarakan kegiatan bimtek pelatihan tentang pemanfaatan sistim penginderaan jarak jauh bagi aparatur perencana.

3. Percepatan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur yang meliputi fokus pembangunan yang holistik, dan meningkatkan kerjasama dengan pihak swasta.

4. Mencermati situasi kamtibmas akhir-akhir ini terkait penanganan kelompok radikal bersenjata di kabupaten poso agar pemerintah daerah bersama jajaran tni/polri, segera memgambil langkah-langkah konkrit dalam penyelesaian masalah tersebut secara komprehensif.

5. Peningkatan pengelolaan dana desa. Selanjutnya penandatanganan kesepakatan rakerda.

alt

alt

Pelantikan Pejabat Eselon Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

 Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.b) Pejabat Administrator (Eselon III.a dan Eselon III.b) dan Pejabat Pengawas (Eselon IV.a dan Eselon IV.b) Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, 21/04/17. Di dampingi WAKIL BUPATI POSO Ir. Samsuri, M.Si, FKPD dan para tamu undangan lainnya.

 Dalam sambutannya Bupati Poso menyampaikan serta memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik atas amanah yang telah diberikan dan kepercayaan ini agar menjadi perhatian untuk bergerak cepat dan tepat dalam mensinergikan segala Program Kerja sehingga Poso sebagai Kota Cerdas terwujud melalui Pembangunan di Kabupaten Poso. Sebanyak 138 orang pejabat dilantik, terdiri dari : 4 orang Pejabat Eselon II, Taufan Karwur (Kadis Kesehatan), Ratno Teguh (Kepala Bappeda), Abram Sigilipu Magido (Kepala Inspektorat) dan Yan Edward Guluda (Kaban BKPSDM). Sebanyak 30 orang Pejabat Eselon III dan 104 orang Pejabat Eselon IV. //ca’/pul

alt

alt

Pelantikan Pengurus Komisi Daerah (Komda) Lansia Kabupaten Poso Periode Tahun 2016-2021

  Ketua Harian Komda Lansia Provinsi Sulawesi Tengah H. Hasan Tawil, BBA melantik secara resmi Pengurus Komisi Daerah (Komda) Lansia Kabupaten Poso Periode Tahun 2016-2021. Sebagai ketua Komda Lansia Kabupaten Poso adalah Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si bertempat di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, 11/4/17.

 Dalam sambutan Ketua Harian Komda Lansia Provinsi Sulawesi Tengah dibacakan oleh Sekretaris Harian Komda Lansia Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. M. Haerullah menyampaikan selamat atas dilantiknya pengurus Komda lansia kabupaten poso semoga pelantikan ini dapat bermanfaat dan memberikan harapan terbaik bagi lansia dan dapat mewujudkan program yang terintegrasi dalam hal pelayanan terhadap lansia di kabupaten Poso. Drs. H. M. Haerullah juga menyampaikan kepada Wakil Bupati Poso selaku komda lansia kabupaten poso bahwa peringatan hari lanjut usia nasional (HLUN) ke XXI tingkat provinsi sulawesi tengah akan dilaksanakan pada tanggal 9 mei 2017 bertempat di kabupaten toli-toli.

 Sementara itu sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si juga selaku ketua komda lansia kabupaten poso periode tahun 2016-2021 yang baru dilantik menyampaikan bahwa perlu disadari para lansia mudahnya telah berkontribusi pada pembangunan di kabupaten poso melalui berbagai sektor sehingga sudah selayaknya kini pemerintah berjewajiban untuk mendukung dan memberi perhatian pada para lansia, juga diharapkan komda lansia hendaknya dapat membantu pemerintah mewujudkan pembangunan yang bukan hanya pro job, pro poor, pro environment dan pro growth saja melainkan juga pro ageing karena lansia masih merupakan bagian penting dari roadmap pembangunan manusia indonesia dan sulawesi tengah pada khususnya. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M Si selaku ketua komda lansia kabupaten poso mengajak kepada pengurus yang baru dilantik agar kita duduk bersama akan membicarakan kegiatan-kegiatan komda kedepan untuk mendukung kegiatan pemerintah kabupaten poso, mari kita dukung para lansia kita kedepan.//ca'/pul

altaltalt

Workshop Penghitungan dan Pengukuran Profesionalitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)

  Bupati Poso yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Poso Drs, Sinsigus Songgo, MM membuka secara resmi Workshop Penghitungan dan Pengukuran Profesionalitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) bertempat di Balai Diklat (Maliwuko) Senin,10/4/17. Acara ini bertujuan mengukur tingkat Profesionalitas Individu atau Kelompok, Mengukur Perubahan, Perbaikan Kualitas ASN, Pengisian PUPNS – SKP – Tunjangan Kinerja (Remonerasi) dan Penilaian Prestasi Kerja dan Tingkat Disiplin Individu, Mengetahui Jumlah Jabatan yang belum terisi melalui Aplikasi IPP.

 Bupati Poso yang diwakili oleh Sekda Drs, Sinsigus Songgo, MM menyampaikan bahwa saat ini, keluhan rendahnya kualitas ASN terhadap pelayanan kepada masyarakat masih terjadi. Padahal seharusnya ASN memiliki tugas dan tanggungjawab melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP. Kriteria penilaian tentang kualitas pelayanan ASN kepada masyarakat perlu kita ketahui bersama sehingga persepsi didalam melakukan pengukuran dan profesionalitas ASN dapat dipahami yang nantinya akan menjadi pedoman bersama untuk diterapkan di lingkungan OPD masing-masing. Tersedianya indikator sebagai alat pengukuran kualitas ASN harus memenuhi kaidah akademis yaitu Smart, Spesific, Simple, Measurable, Attainable, Relevant Reliable dan Timely Indeks Profesionalitas ASN (IP-ASN). Indikator ini salah satu cara mendekati kualitas ASN dengan menggunakan indikator outcome. Apabila kompetensinya semakin tinggi, maka kinerjanya semakin baik, organisasinya semakin modern dan tentu pengawainya akan semakin bersih. Data kompetensi seharusnya berasal dari hasil uji kompetensi seluruh PNS. Namun karena data ini belum tersedia maka digunakan data proxy yaitu potensi diukur dari kesesuaian Pendidikan, Pengalaman Pendidikan Teknis dan Manajerial (Diklatpim).

 Melalui kesempatan ini Bupati Poso yang diwakili oleh Sekda Drs, Sinsigus Songgo, MM mengharapkan kepada seluruh peserta workshop agar mengikuti kegiatan ini secara serius sampai selesai serta aktif dalam sesi diskusi untuk lebih mempertajam pemahaman dan pendalaman terhadap materi workshop yang disampaikan. Narasumber dalam kegiatan ini : Nur Hantok, S.Sos (Kasubag Kepegawaian Regional IV Makassar) dan Kusnaedi (IT BKN Makassar). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Penyerahan buku panduan IPP ASN dan Aplikasi Data dari Kepegawaian Regional IV Makassar ke Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Dalam kegiatan ini, dihadiri pula oleh Kepala-kepala SKPD, Kasubag Kepegawaian dan Operator. Kualitas ASN akan berpengaruh terhadap Pembangunan yang terus dijalankan di Kabupaten Poso.//ca’/pul

altalt

Pertemuan Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Poso

  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi kegiatan pertemuan camat dan kepala desa se-kabupaten poso untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan undang-undang desa No. 6 tahun 2014 dan turunanya yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Poso, bertempat di aula bapelitbangda kabupaten poso, rabu, 5/4/17, turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Asisten Administrasi Pemerintahan Dan Kesra Setdakab Poso Ari M. Pamungkas, SH.MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Poso Ir. Lusiana Sigilipu, M.Si, para camat dan kepala desa se-kabupaten poso.

  Dalam sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan bahwa para kepala desa akan selalu berkoordinasi dengan camat diwilayahnya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai pimpinan wilayah di desa, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku, apalagi dengan adanya dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) yang diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten kepada semua desa yang sudah berjalan di tahun ketiga pada tahun 2017 ini. Lanjut Darmin Agustinus Sigilipu juga menyampaikan camat harus sabar, rajin dan setia membina dan mengawasi pemerintah desa agar kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan tidak menyimpang dari aturan yang berlaku kalau bole pembangunan di desa dilaksanakan secara swakelola dan gotong royong dengan menggunakan potensi lokal yang ada di desa sehingga masyarakat dapat merasakan dan menikmati dana yang diberikan pemerintah lewat upah kerja ketika melaksanakan pekerjaan fisik, hal ini diperuntukan bagi kesejahteraan masyarakat.

  Diakhir sambutannya Darmin Agustinus Sigilipu mengingatkan kepada para kepala desa ketika musyawarah desa untuk menentukan kegiatan yang masuk dalam APBDesa hendaknya didasarkan atas kebutuhan prioritas bukan keinginan segelintir orang, rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) desa yang selanjutnya dituangkan dalam APBDesa dengan demikian kegiata pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dan kepada para camat dan kepala desa harus kerja secara cermat dan cerdas.//ca’/pul
altalt

Workshop Pengelolaan Laboratorium Inovasi

 Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Poso Drs. Joksan Lakukua membuka secara resmi kegiatan workshop pengelolaan laboratorium inovasi kabupaten kota sulawesi tengah kerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dengan kedeputian inovasi Lembaga Administrasi Negara RI bertempat di aula diklat ASN kabupaten poso, jumat 24/3/17. Hadir dalam kegiatan tersebut kepala pusat inovasi tata pemerintahan lembaga administrasi negara RI Dr. Andi Taufiq, Kepala badan pengembangan sumber daya manusia daerah provinsi sulawesi tengah Drs. Rifailof, M.Si, kepala badan kepegawaian, pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM) kabupaten poso Yan Edward Guluda, SH.MH, para pejabat dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso dan peserta workshop pengelolaan laboratorium inovasi kabupaten poso.

  Dalam sambutan kepala pusat inovasi tata pemerintahan lembaga administrasi negara RI Dr. Andi Taufik menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini dilaksanakan agar dapat meningkatkan kompetensi pegawai yang ada khususnya di kabupaten poso dan bertujuan agar inovasi yang dilahirkan melalui proyek perubahan peserta diklat kepemimpinan berjalan dengan baik dan berkelanjutan karena sistem penyelenggaraan diklat tiga tahun terakhir yang dimulai dari 2013 dievaluasi sejauh mana proyek perubahan diklat kepemimpinan ini dipelajari dan dilaksanakan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dalam tata kelola pemerintahan ditunjang dengan sumber daya manusia yang ada.

  Sementara itu Sambutan Bupati Poso dibacakan Asisten Administrasi Umum Setdakab Poso Drs. Joksan Lakukua menyampaikan Kedatangan Lembaga Adminisstrasi Negara (LAN) yang menangani inovasi tata pemerintahan dalam rangka menjadikan poso sebagai salah satu kabupaten terpilih untuk menjadi laboratorium inovasi administrasi negara diindonesia dan pada gilirannya dapat menjadi katalisator utama dalam mengakselerasi program pemerintah terutama program nawacita presiden di daerah ini. Drs. Joksan lakukua juga mengatakan, sejak bupati poso dan wakil bupati poso menerima mandat untuk menakodai pemerintahan di kabupaten poso, perubahan mulai terjadi diawali dengan pembagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kemudian disusul dengan perubahan kelembagaan atau organisasi perangkat daerah dan seterusnya terhadap pengisian jabatan yang lebih kompetitif dan terbuka bagi ASN, hal ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk menggairahkan pemda melakukan perbaikan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

  Diakhir sambutannya Drs. Joksan Lakukua mengatakan bahwa kesempatan yang langka sangat baik ini tentunya akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta yang hadir karena kegiatan workshop ini diharapkan ada penguatan baru dari sisi knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan) dan attitude (sikap) sehingga pertemuan ini terus memotivasi ASN untuk berpikir menciptakan ide kreatif dan inovatif serta dapat menemukan dan mengimplementasikan sebuah perubahan yang bermanfaat bagi pemerintah daerah Kabupaten Poso tentunya.//ca’/pul

altalt

Sosialisasi Assessment Center oleh Tim Assesor Assessment Center Polda Sulteng Di Poso

altaltSosialisasi Assessment Center oleh Tim Assesor Assessment Center Polda Sulteng yang difasilitasi oleh Polres Poso hari Rabu (8/3/17) dilaksanakan di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso.

kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra H. Ari Pamungkas, SH.MH, Ketua Tim dari Polda Kabag Binkar AKBP Ari Adrian Rishadi, SIK dan Tim Assesor AKBP Bangun Isworo, SH dan AKBP Sri Budiono, SE, para SKPD terkait dan anggota Polres Poso.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi tentang assessment center pada prinsipnya sebagai upaya pemberdayaan masyarakat/publik service untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya, dasar dari assessment center sesuai Undang-Undang Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara, Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara reformasi, birokrasi tata cara pemilihan pimpinan tertinggi di link instansi pemerintahan, Peraturan AS SDM Kapolri No. 3 Tahun 2015 tentang tata cara pelaksana kerja sama Polri dengan Instansi/Lembaga dibidang Assessment Center, Perkab No. 5 tahun 2016 tentang penyelenggaraan assessment center polri.

Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkugan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Tahun 2017

  Kegiatan seleksi terbuka pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkugan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Tahun 2017,dihadiri  oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si bertempat di Gedung Torulemba, Rumah Jabatan Bupati Poso hari ini Kamis, 2/3/17. Hadir juga  dalam kegiatan tersebut Asisten Administarsi Umum Setdakab Poso Drs. Joksan Lakukua selaku ketua panitia seleksi daerah, Drs. Rumpu Kandolia selaku anggota seleksi daerah, Tim Asesor Lembaga Sinergi Provinsi Sulawesi Tengah Fini Balebu, Jein Manepa, Ikhlas Rasido serta peserta seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso tahun 2017.
  Ketua panitia seleksi daerah Drs. Joksan Lakukua menyampaikan bahwa seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso tahun 2017, diikuti oleh pejabat eselon II dan III terrdiri dari 19 orang pendaftar untuk mengisi kekesongan 4 (empat) jabatan kepala SKPD yaitu Inspektorat 9 orang, Dinas Kesehatan 2 orang, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Poso 5 orang serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kab. Poso 3 orang, Joksan Lakukua juga melaporkan bahwa kegiatan seleksi daerah kali ini dilaksanakan dari tanggal 2 s/d 9 Maret 2017.
  Sementara Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengatakan bahwa untuk seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso tahun 2017, kali ini terbuka luas bagi para pejabat eselon II dan III yang sudah memenuhi syarat bahkan dari daerah lain pun bisa ikut untuk lelang jabatan dalam rangka membantu mewujudkan program pemerintah daerah untuk memenuhi tuntutan pembangunan di era sekarang ini, sehingga siapapun pejabat yang terpilih nantinya harus benar-benar mampuh menjalankan tugasnya, serta memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, Ir. Samsuri, M.Si menambahkan, yang ikut dalam peserta seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilingkungan pemda kabupaten poso tahun 2017, untuk mengisi kekesongan 4 (empat) jabatan kepala SKPD adalah merupakan putra putri daerah terbaik.//ca’/pul

altalt


Sosialisasi Pengenalan Produk Bank BTPN Purna Bakti Palu dan Produk PT. Taspen (Persero) Tbk

  Sekretaris Daerah Kabupaten Drs. Sinsigus Songgo, MM, yang mewakili Bupati Poso, menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi pengenalan produk Bank BTPN Purna Bakti Palu dan produk PT. Taspen (Persero) Tbk dikalangan Aparatur Sipil Negara yang akan memasuki usia pensiun kurang dari 24 bulan, kegiatan ini dilaksanakan oleh Bank BTPN dan PT. Taspen (Persero) Tbk bekerja sama dengan Pemda Poso yang diprakarsai oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kab. Poso, bertempat digedung Diklat Kab. Poso, 23/2/17.
   Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Yan Edward Guluda, SH.MH, Kepala Bank BTPN Nur Asbari Leo, Kepala PT. Taspen (Persero) Tbk diwakili oleh Kepala Sie Pelayanan Firson Arya, Para Sekretaris, Kasubag Umum, Kepegawaian, Keuangan dan aset dilingkungan Pemda Kab. Poso sekaligus sebagai peserta sosialisasi Pengenalan Produk Bank BTPN Purna Bakti Palu dan Produk PT. Taspen (Persero) Tbk.
   Dalam Sambutan Bupati Poso yang dibacakan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Drs. Sinsigus Songgo, MM menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak Bank BTPN cabang palu, pihak PT. Taspen (Persero) Tbk serta panitia pelaksana yang telah mengagendakan kegiatan sosialisasi yang sangat penting dan strategis sehingga dapat dipahami, dimengerti bersama tentang layanan produk perbankan yang telah disiapkan sedini mungkin oleh pihak Bank BTPN berkaitan dengan masa depan ASN yang kurang dari 24 bulan akan memasuki masa pensiun, hal ini tentu berkaitan erat dengan tata cara bagaimana dan apa peran BTPN terhadap masa depan para pensiunan nanti.
   Diakhir sambutannya Drs. Sinsigus Songgo, MM mengingatkan betapa penting acara sosialisasi ini bagi masa depan bagi calon pensiunan, dan kepada para peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, bahkan secara aktif melakukan sharing pendapat bersama nara sumber berkaitan dengan yang akan disampaikan sehingga benar-benar sosialisasi ini akan memberi makna penting dan berharga terhadap masa depan bapak/ibu yang akan memasuki masa pensiun secara berkesinambungan.
   Sementara itu kepala Bank BTPN cabang palu Nur Asbari Leo, melaporkan bahwa pelayanan yang diberikan kepada purna bakti dikalangan ASN Yang akan memasuki usia Pensiun kurang dari 24 bulan dan yang sudah pensiun adalah pemeriksaan kesehatan pada cabang yang memiliki layanan kesehatan, penyuluhan kesehatan, informasi kesehatan dan pelatihan wirausaha. Dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi pengenalan produk Bank BTPN purna bakti palu dan produk PT. Taspen (Persero) Tbk.//ca'/pulalt
alt

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PWRI KABUPATEN POSO

  PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PARA PENGURUS PWRI KABUPATEN POSO PERIODE 2017-2021 OLEH BUPATI POSO DARMIN AGUSTINUS SIGILIPU, JUM'AT 27/01/2017 DI GEDUNG TORULEMBA POSO. PERSATUAN WREDATAMA REPUBLIK INDONESIA (PWRI) MERUPAKAN ORGANISASI NIR LABA YANG BER-ASASKAN PANCASILA BERSIFAT NASIONAL, MANDIRI, DEMOKRATIS DAN MENJUNJUNG TINGGI HAK AZASI MANUSIA. ORGANISASI INI BERDIRI SEJAK TAHUN 1962.MELALUI ORGANISASI INI TENTUNYA AKAN BERUPAYA MEMBERIKAN AKSES KEPADA PARA ANGGOTANYA KHUSUSNYA PARA PENSIUNAN PNS  AGAR TETAP BERORGANISASI MENYALURKAN IDE-IDE CEMERLANG BAGI KEMAJUAN BANGSA DAN NEGARA SERTA DAERAH TERCINTA.


  BUPATI POSO MENYAMPAIKAN SELAMAT KEPADA PARA PENGURUS YANG TELAH DILANTIK DAN DIKUKUHKAN SEBAGAI PENGURUS PWRI KABUPATEN POSO PERIODE 2017-2021. SEMOGA AMANAH YANG DIBERIKAN DAPAT DIJALANKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KARYA DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.


  APRESIASI DAN TERIMA KASIH DISAMPAIKAN OLEH BUPATI POSO KEPADA PANITIA PELAKSANA ACARA YANG TELAH MERANCANG DAN MENGAGENDAKAN KEGIATAN PENTING INI SEBAGAI SARANA TEMPAT BERHIMPUNNYA PARA PENSIUNAN PNS  UNTUK DAPAT TERUS MENGABDIKAN DIRI KEPADA BANGSA DAN NEGARA SERTA DAERAH TERCINTA MESKIPUN TELAH MEMASUKI MASA PENSIUN.KARENA ITU EKSISTENSI PWRI POSO DIHARAPKAN MAMPU MENGAKOMODIR PARA PENSIUNAN PNS POSO YANG MENJADI ANGGOTANYA SENANTIASA MEMBERIKAN KONTRIBUSI YANG POSITIF SERTA MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI KEMAJUAN PEMBANGUNAN DI DAERAH INI. MEMBANGUN SINTUWU MAROSO MENUJU MASYARAKAT YANG DAMAI ADIL DAN SEJAHTERA SESUAI DENGAN CITA-CITA BERSAMA DIDALAM MEWUJUDKAN KABUPATEN POSO CERDAS UNTUK MERAIH PENGHARGAAN ADIPURA DI MASA YANG AKAN DATANG.

  DALAM SAMBUTANNYA BUPATI POSO JUGA MENGATAKAN,LANGKAH KONGKRIT DAN POSITIF YANG DILAKUKAN ORGANISASI PWRI POSO KITA HARUS JADIKAN CONTOH DAN MOTIVASI UNTUK BERBUAT DAN BERPRESTASI MEMAJUKAN DAERAH. BUKANKAH PARA ANGGOTA PWRI POSO ADALAH SEBAGAIN BESAR PARA MANTAN PEJABAT YANG MEMEGANG PERANAN PENTING DIMASANYA, BAHKAN  HASIL KARYA YANG TELAH DITOREHKAN DAN TELAH KITA RASAKAN MANFAATNYA SEKARANG INI. SEHINGGA KITA PUN HARUS SADAR BAHWA TANPA KEHADIRAN PARA PENSIUNAN PNS POSO YANG TELAH MERINTIS PENINGKATAN-PENINGKATAN PEMBANGUNAN DISEGALA SEKTOR PADA JAMAN DAHULU, MAKA PEMBANGUNAN SAAT INI TIDAK AKAN  BERARTI APA-APA.


  DIAKHIR SAMBUTANNYA BUPATI MENYAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT KEPADA SEGENAP ANGGOTA PENGURUS PWRI POSO YANG BARU SAJA DILANTIK DAN DIKUKUHKAN. SEMOGA AMANAH YANG DIPERCAYAKAN DAPAT DIJAGA DAN DIJALANKAN SESUAI DENGAN ATURAN ORGANISASI PWRI SERTA DAPAT MENJALANKAN AMANAH INI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA DI MASA YANG AKAN DATANG./ca'/pul

altalt

Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Eselon III & IV

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu secara resmi melakukan Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Eselon III & IV di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, pada hari Selasa, (24/01/17).

altaltaltalt


Sebanyak 865  PNS Eselon III & IV dilingkup pemerintah Daerah Kabupaten Poso ini dilantik dihalaman kantor bupati Poso secara serentak. Hanya satu orang pejabat eselon II pada saat yang sama dikukuhkan dan diambil sumpahnya sebagai Kadis Catatan Sipil.

Dalam Sambutannya Bupati Poso menegaskan untuk seluruh Pegawai Negeri Sipil yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan fungsinya yang berperan sebagai pelayan masyarakat. Bupati juga berharap agar etos kerja dan kedispilinan sebagai abdi negara terus ditingkatkan untuk menyukseskan program-program pemerintahan yang akan dicapai.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri unsur Muspida Tingkat II, pimpinan SKPD, Legislatif, serta para tokoh masyarakat. (/*pul/ca')

58 Anggota Tim Saber Pungli di Poso Dilantik

  Pemerintah Daerah Kabupaten Poso membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) tingkat kabupaten, Jumat (13/1/2017).Sebanyak 58 anggota dilantik di halaman kantor Bupati Poso. Tim dipimpin langsung oleh Bupati Poso Darmin Agustiinus Sigilipu.  Proses pengukuhan Satgas yang berlangsung singkat tersebut ikut disaksikan langsung oleh sejumlah unsur Muspida, tokoh agama, pimpinan SKPD Poso serta anggota DPRD.Para Satgas Saber Pungli yang direkrut dan dikukuhkan berasal dari sejumlah kesatuan seperti anggota Polri, TNI, Kejaksaan, Pengadilan serta ada juga dari Pegawai Negeri Sipil Pemda Poso, termasuk sejumlah pimpinan SKPD. 

  Bupati Poso Darmin Agustiinus Sigilipu dalam sambutannya  mengatakan, selain melanjutkan program pemerintah pusat, satgas ini nantinya bertujuan untuk membebaskan Poso dari segala bentuk pungutan liar.Tugas pokok dan fungsi Satgas tetap harus berjalan maksimal baik dalam sistem pengawasan ataupun penindakan yang dilakukan tidak harus tebang pilih golongan atau suku agama. 

  "Jadi pembentukan Satgas Saber Pungli ini harus dilakukan mengingat ini perintah Presiden, ini artinya, dengan terbentuknya Satgas, setidaknya pengawasan dan antisipasi terhadap para pelaku pungli bisa diperkecil. Kalau perlu, Poso harus bersih dari pungli".

  Dalam Sambuntannya Bupati Poso Darmin Agustiinus Sigilipu juga menjelaskan, melalui pembentukan Satgas Saber Pungli tersebut, seluruh warga masyarakat Poso yang selama ini ikut merasakan adanya pungutan liar saat berususan dengan pelayanan pemerintahan didorong untuk segera melaporkan ke Tim Satgas yang telah terbentuk jika kembali menemuinya.

  "Meskipun tujuan awalnya untuk pencegahan saja, akan tetapi jika ada yang tertangkap tangan dan disertai barang bukti tentu oknumnya harus diberikan sanksi atau kasusnya diproses secara hukum oleh polisi," ungkap Bupati. Selesai melakukan sosialisasi, seluruh anggota Satgas selanjutnya dikembalikan ke kesatuan masing-masing untuk melaksanakan tugas./ca’/pul

alt

Apel perdana Bupati Poso Warning Pns Nakal

Poso_Ribuan PNS lingkup Pemda Poso mengikuti apel bersama perdana ditahun 2017 di Lapangan Sintuwu Maroso Poso yang diterima langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu Selasa, (3/1/17). Bupati dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kehadiran para PNS dalam apel itu sebagai bentuk kesiapan PNS dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Di samping itu bupati juga memberi warning kepada sejumlah pns nakal karena tidak masuk kantor dan mengikuti apel setiap harinya (46 hari kerja) dengan sanksi berat sampai pada tingkat pemecatan sesuai dengan aturan ASN. “Mulai tahun 2017 ini pns yang nakal, tidak masuk kantor dan tidak mengikuti apel akan kami beri sanksi berat sampai pada tingkat pemecatan sesuai dengan aturan ASN”. Tegasnya. Bupati pada kesempatan itu juga meminta para kepala SKPD yang baru dilantik untuk melakukan konsolidasi kepada seluruh personilnya agar senantiasa siap melaksanakan tugas dan pengabdiannya selaku abdi dan pelayan masyarakat.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya mengharapkan kepada kita semua untuk tetap bersama-sama, saling bergandengan tangan, bersinergi untuk membangun daerah tercinta serta memberi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Poso”. Harapnya.

Menutup rangkaian apel perdana itu dilanjutkan dengan silaturrahmi Bupati Poso didampingi Wakil Bupati Poso Ir, Samsuri, M.Si, Sekkab Poso Drs, S.Songgo, MM para asisten dan staf ahli untuk saling berjabatan tangan dengan kepala skpd lingkup pemda Poso bersama seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.

Bupati Poso Lantik Kabinetnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengajak kepada sejumlah pejabat Eselon IIb lingkup pemda Poso yang baru dilantik di Gedung Torulemba pada Jumat, (30/12/16) untuk satukan persepsi mengembang amanah menjalankan visi misi pemerintah daerah demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Poso tercinta. 

altaltalt

Dalam sambutannya Bupati Poso juga menjelaskan bahwa pelantikan pejabat eselon IIb tersebut sudah melalui prosedur, mekanisme kajian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Adapun lampiran nama-nama pejabat eselon baru yang dibacakan antara lain, Asisten Pemerintahan dan Kesra Ari Pamungkas, SH, MH, Asisten Ekonomi Pembangunan Ir, H. Isnain T Karim, M.Si, MPH, Kadis Kominfo Drs, Sahrul, Kadis Perhubungan Okto Lebang, SE, Kadis Pendapatan Atmajaya Marjun, S.Sos, MM, Kadis Pora Frits Sampurnama, SH, M.A.P, Sekretaris DPRD Putera Botilangi, SE, M.Si, Kadis Pendidikan DR, J.Yus Madoli, M.Si, Kaban Keuangan Nolly Tandawuya, SH, Kadis Pariwisata J.Magido, Kadis Kumperindag Rama Tandawuya, Kadis Perikanan Yusak Mentara, Kadis Penanaman Modal Edwiyanto, Kadis Pertanian Ningsih, Ketahanan Pangan A.Tokar.

Sedangkan Drs, Mahmuddin Jamal menjabat Kaban Kesbangpol, Farid Awad Alamrie, SE menjabat Kadis Rumsikot, dr Jani Moula, M.Kes menjabat Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, DR. Wangintowe Kadis Perpustakaan, Murni Putosi Kantor BLH, Rusnah Mangun SE, Rudy Ricardo Rompas dan Andi Rifai masing-masing menduduki Staf Ahli Bupati.

Dalam sambutannya bupati juga menyampaikan bahwa, masih ada beberapa jabatan eselon IIb yang belum terisi sehingga menurutnya masih ada peluang beberapa pejabat untuk menduduki SKPD yang nantinya akan dilelang.

Turut hadir dalam pembentukan Kabinet Baru tersebut Wabup Poso Ir, Samsuri, M.Si, Dandim 1307 Poso Letkol Inf.Rian Hanandi, Kapolres Poso AKBP Ronny, SIK sejumlah anggota DPRD Poso, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, Pers Poso.

Bupati Poso Lantik 39 Kades Secara Serentak

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu secara resmi melantik serentak sebanyak 39 Kepala Desa (kades) yang terpilih dalam pemilihan kepala desa secara serentak pada Kamis pagi, (22/12/16).

alt

alt

Pelantikan ini dirangkai usai upacara bersama memperingati Hari Ibu dan Hari Bela Negara di lapangan Sintuwu Maroso Poso. 

Bupati Poso dalam sambutannya mengharapkan seluruh Kepala Desa yang telah dilantik agar lebih mengedepankan kepentingan umum dari kepentingan pribadi, dan bekerja melayani masyarakat dengan tulus, jujur serta loyalitas dengan kinerja yang baik. Sebanyak 39 Kades yang dilantik itu, terbagi 31 Kades yang dipilih secara serentak pada 30 November dan 8 Kades yang dipilih secara PAW. Sebanyak 11 Kecamatan desa yang melakukan pilkades terdiri dari 31 Desa, yakni, Kecamatan Lage, terdiri Desa Sepe, Tampemadoro, Tagolu, Bategencu, dan Desa Maliwuko. Kecamatan Poso Pesisir, terdiri Desa Tokorondo, Masamba, dan Desa Saatu.

Kecamatan Poso Pesisir Selatan terdiri Desa Pantagolemba, Sangginora, dan Desa Padalembara. Kecamatan Poso Pesisir Utara terdiri Desa Tambarana, dan Desa Tumora. Kecamatan Pamona Pusalemba terdiri Desa Dulumai, dan Desa Mayakeli. Kecamatan Pamona Utara terdiri Desa Uelincu dan Sulewana. Kecamatan Pamona Timur terdiri Desa Poleganyara, Tiu dan Desa Pancasila.

Kecamatan Pamona Barat terdiri Desa Salukaia dan Uranosari. Kecamatan Pamona Selatan terdiri Desa Mayoa dan Bangunjaya.  Kecamatan Pamona Tenggara terdiri Desa Tindoli, Tolambu, Salindu, Barati dan Desa Korobono dan terakhir kecamatan Lore Selatan terdiri Desa Bulili dan Desa Padangkaia.Sementara 8 desa PAW yakni Desa Desa Magapu, Sangira, Dewua,Watutau, Kalimago dan Banyusari.

Pelantikan 39 Kades dihadiri pejabat dan pimpinan skpd, para undangan dan tokoh masyarakat poso.

Pelantikan Pejabat Pemda Poso

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu melantik dan mengambil sumpah pejabat struktural dilingkup Pemerintah Daerah Poso, di gedung Torulemba pada Rabu (16/11/16).

alt

Pejabat yang dilantik Esselon II B  sebanyak 4 orang, Ess. III B 7 orang, Ess. IV A dan IV B 7 orang.


Dalam sambutannya Bupati Poso berharap agar pejabat yang baru dilantik segera bekerja secara maksimal.Bupati pun berharap agar para pejabat yang baru agar bisa menjaga hubungan dalam lingkup kerja, baik dengan atasan maupun dengan bawahan.


Pada akhir sambutannya Bupati Poso meminta agar seluruh pejabat yang dilantik bisa kerja secara nyata agar hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Bupati Poso Himbau Penegakan Disipiln Pegawai Perlu Ditingkatkan

   Untuk meningkatkan kinerja agar program pemerintah berjalan sesuai yang diharapkan, diperlukan disiplin yang tinggi dari seorang aparatur sipil negara (ASN). Hal ini tidak terlepas dari aturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan yang harus dipatuhi dalam menaati tugas dan tanggung jawab yang merupakan kewajiban sebagai pegawai negeri.

   Hal ini seperti yang dikatakan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu saat pelaksanaan upacara bendera dalam rangka 17 bulan berjalan, Senin (17/10), di lapangan alun-alun Sintuwu Maroso Poso, adalah suatu keharusan sebagai seorang pegawai negeri sipil dalam mematuhi dan menjalankan tugas pokok seorang pegawai seperti halnya cara berpakaian, disiplin waktu, maupun pelaksanaan apel pagi dan sore. “Apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pegawai negeri sipil yang telah mengikuti upacara ini, bagi pegawai negeri yang belum mengikuti ini merupakan perhatian bagi setiap skpd masing-masing untuk dapat mengambil bagian dalam pelaksanaan upacara seperti ini".

   Berkaitan dengan peraturan daerah nomor 4 tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok, bupati poso menekankan kepada para pegawai negeri lebih menaati peraturan yang telah diberlakukan pemerintah daerah, karena masih ada diantara sebagian pegawai negeri yang merokok baik itu di lokasi kerja maupun saat pelaksanaan apel dan upacara. “Ini menunjukan bahwa disiplin di SKPD tersebut belum begitu baik, masih perlu ada pembinaan lagi,” tekan Bupati.

   Diakhir upacara yang dihadiri seluruh pegawai negeri sipil dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Poso, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, menyampaikan program pelaksanaan pemerintah daerah kedepan, bahwa Kabupaten Poso akan menetapkan sebagai kabupaten yang memiliki 4 (empat) dimensi yaitu dimensi danau, sungai Poso, Pegunungan, dan laut (Teluk Poso). “Keempat dimensi ini kita jual melalui pengembangan di sektor pariwisata Kabupaten Poso,” terang bupati.

   Masih dengan program kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kedepan, bupati menambahkan dalam waktu dekat ini Kabupaten Poso akan melaksanakan Festival Pesona Danau Poso (FPDP) yang ke XIX di Tentena yang mana akan dimeriahkan artis ibukota dan penampilan Putri Pariwisata Indonesia 2016 (kategori Putri Favorit 2016) Rinda Arifdayanti Ahmad. “Marilah seluruh PNS bahkan seluruh masyarakat Poso untuk turut mendukung dan mensukseskan ajang pagelaran wisata budaya se Sulawesi Tengah ini,” ajak Bupati Poso. /*ok/ca'

altalt

Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades

Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Poso yang direncanakan pada tanggal 30 November 2016, pemda Poso mulai melakukan persiapannya, salah satunya pada Rabu (21/09/16) pagi mengelar sosialisasi pelaksanaan Pilkades di gedung torulemba rujab bupati poso, dengan mengambil tema terkait perkembangan situasi keamanan dalam mensukseskan pilkades serentak pada gelombang pertama. Kegiatan ini diikuti ratusan para tamu undangan dari panitia pilkades, kepala desa, para camat serta instansti terkait. Hadir pula pihak tni/ polri dan kejaksaan sebagai pembawa materi.


Pihak kepolisian bersama tni mengaku siap mengamankan tahapan pilkada dari kampanye, pemilihan hingga pelantikan kepala desa terpilih.pihak kepolisian akan menerjunkan sediktinya dua ratus empat puluh tujuh personil gabungan tni/polri saat pemilihan kepala desa dilaksanakan. 

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya berharap, nantinya pelaksanaan Pilkades di Poso bisa berjalan dengan lancar, bupati menginkan para panitia pilkades agar bertanggung jawab dan melaksanakan tugasnya secara jujur.


Kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan penandatangan MOU pemda Poso bersama pihak kejari Poso terkait pelaksanaan pilkades dibidang hukum, bantuan hukum maupun yang lainya. 
Pilkades nantinya akan di ikuti tiga puluh satu (31) desa yang terbagi dari sebelas kecamatan yang ada di Poso.

Pemda Poso Ajukan 3 Ranperda ke DPRD Poso

Rapat Paripurna Masa Persidangan III tahun 2016 berlangsung di Banua Mpogombo Kantor DPRD Poso, Senin 19 September 2016, dengan membahas tiga rancangan peraturan daerah Kabupaten Poso tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Poso, perubahan atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang penyertaan modal Pemerintah Daerah Kabupaten Poso pada perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Poso, dan perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 7 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

Hal ini sebagaimana dengan ditetapkannya undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, daerah kabupaten diberikan otonomi yang seluas-luasnya dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat melalui peningkatan pelayanan dan pelayanan masyarakat. “Ini merupakan upaya terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan, pemberdayaan, dan peran masyarakat serta daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, dan khas suatu daerah dalam sistem NKRI,” jelas Bupati Poso.

Dalam rapat paripurna Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan penjelasan secara umum tentang rancangan peraturan daerah (Ranperda), dimana ranperda pembentukan dan susunan perangkat daerah merupakan implementasi dari konsep strategis berlakunya undang-undantg tentang pemerintah daerah dengan memberikan ruang kewenangan bagi daerah untuk melaksanakan urusan di daerah.

Adapun subtansi pengaturan meliputi hubungan pemerintah pusat dan daerah, penyelenggaraan pemerintah daerah, urusan pemerintah, pembinaan dan pengawasan, penataan daerah, perangkat daerah, keuangan daerah dan juga pengembangan demokrasi lokal.Untuk ranperda perubahan atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang penyertaan modal pemerintah daerah kabupaten Poso pada perusahaan daerah air minum Kabupaten Poso telah ditetapkannya undang-undang nomor 12 tahun 2016 tentang APBN-P tahun anggaran 2016 pada Program Pengelolaan Hibah Negara yang mana untuk penyelesaian piutang negara pada PDAM dengan penyertaan modal daerah kepada 107 PDAM di seluruh Indonesia, termasuk PDAM Kabupaten Poso dialokasikan sebesar Rp. 10.034.366.052,03,- (Sepuluh Milyar tiga Puluh Empat Juta Tiga Ratus Enam Puluh Enam Ribu Lima Puluh Dua Rupiah Tiga Sen). Yang mana selama ini PDAM mencicil utang tersebut, dengan adanya kebijakan tersebut maka PDAM dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah.Sementara Ranperda Perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 7 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi sebagai tindak lanjut terbit surat Kementerian Keuangan Cq. Direktorat Jenderal Pertimbangan Keuangan nomor S-743/PK/2015 tentang hal Penghitungan Tarif Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Poso perlu merevisi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2011 pada Bab XV Retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Pada pembukaan sidang paripurna ini ditandai dengan penyerahan 3 (tiga) ranperda oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu kepada Ketua DPRD Poso Ellen Pelealu,SE yang didamping Wakil Ketua I dan II DPRD Poso sebagai pembahasan selanjutnya untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) definitif.

altalt

PENUTUPAN DIKLAT PRAJABATAN KATEGORI II

Diklat prejabatan kategori II bagi CPNS golongan I,II,dan III dilingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Poso ditutup Bupati Poso yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr, Drs, Yus Madoli, M.si yang ditandai dengan penanggalan secara simbolis kartu tanda peserta bertempat dihalaman kantor Badan Diklat dan Aparatur Sipil Negara, pada Selasa (23/08/16).

Acara tersebut dihadiri oleh, para pimpinana SKPD dilingkungan pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Kapolsek Poso Kota Selatan serta Danramil Poso Kota dan lage.

Dalam sambutannya Bupati Poso lebih menekankan pada revolusi mental mendorong agar pelayanan lebih efektif dan efisien juga meningkatkan kecerdasan akademis dan kecerdasan mental serta tertib adaministrasi.

Sementara itu Kepala Badan Diklat dan ASN Propvinsi Sulawesi Tengah yang diwakil oleh Kepala Bidang Pengembangan Diklat Muhammad Fahri , S.Sos, M.si menyampaikan diklat prajabatan merupakan syarat mutlak menjadi Pegawai Negeri Sipil untuk itu diharapakan para peserta yang telah selesai mengikuti diklat prajabatan untuk terus mengembangkan poternsi diri dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai PNS. 

Sebelumnya Kepala Badan Diklat dan Aparatur Sipil Negara Kabupaten Poso Drs, Berlin Matoneng, M.pd melaporkan Diklat Prajabatan golongan I.II dan III dilaksanakn sejak tanggal 14 Maret 2016 dan berakhir tanggal 21 Agustus 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 860 orang dibagi dalam 11 gelombang dan dari hasil diklat itu semua peserta diklat dinyatakan lulus seratus persen dengan predikat memuaskan.

Diakhir acara Bupati yang diwakili asisrten Perintahan dan Kesra menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta terbaik Kategori II bagi CPNS golongan I.II daqn III dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.

alt

alt

3 PNS Poso Diberhentikan

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memimpin apel SKPD di lapangan bupati pada Senin pagi (22/8/16).

Dalam apel tersebut bupati poso didampingi Assisten III, Yoksan Lakukua dan Kaban BKDRB Kabupaten Poso, Sukimin,  melakukan sidak langsung kebarisan para pegawai negeri sipil berdasarkan laporan absensi.Hal ini rutin dilakukan bupati poso dalam rangka meningkatkan kedisplinan pegawai negeri sipil  untuk menjadi pelayan masyarakat.

BKDRB Poso dalam apel membacakan secara resmi surat keputusan pemberhentian 3 (tiga orang) PNS Poso yang ditanda tangani oleh Bupati Poso, tertanggal 19 Agustus 2016. ketiga orang pegawai negeri sipil poso yang diberhentikan tersebut sesuai dengan undang-undangan ASN. Salah satunya atas dasar permintaan sendiri, sedangkan 2 lainnya atas dasar ketidakdisiplinan atau melakukan pelanggaran berat. Ketiga PNS yang diberhentikan secara resmi ini bekerja dibawah Dinas Kesehatan Poso, atas nama Rifka Nofita Pesik, Deice Perone, dan Agustin M. Torinding, semuanya berprofesi sebagai bidan. “Kedisiplinan merupakan kesepakatan menjadi pegawai negeri sipil. Hal ini tidak bisa ditawar lagi” tegas bupati poso dalam sambutannya.

Pada akhir apel dirangkaikan penyerahan piala dan hadiah kepada para pemenang dalam rangka HUT Proklamasi ke-71 dilingkup SKPD Poso oleh Bupati Poso.

alt