Kam02222018

Last update12:37:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan Wabup Buka Musrembang cluster 2 untuk wilayah Lore Utara dan Lore Timur

Wabup Buka Musrembang cluster 2 untuk wilayah Lore Utara dan Lore Timur

  • PDF
alt

Setelah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Cluster 1 dibuka secara resmi oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu rabu lalu di desa Watutau, kini giliran Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka Musrembang cluster 2 untuk wilayah Lore Utara dan Lore Timur yang dilaksanakan di desa Wuasa, kecamatan Lore Utara, jumat (09/02/18).

Acara yang diawali dengan laporan Camat Lore Utara Yanson Tokare, S.Sos, yang mengusulkan sejumlah 20 kegiatan yang terdiri dari Infrastruktur 10 kegiatan, Sosial budaya 5 kegiatan dan 5 kegiatan untuk bidang ekonomi,dan tersebar di 7 desa. Sementara Camat Lore Timur sesuai perankingan juga mengusulkan 20 kegiatan yang meliputi Infrastruktur 10 kegiatan, Sosial budaya 5 kegiatan dan bidang ekonomi 5 kegiatan, yang tersebar di 5 desa.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Dharma Gideon Mondolu, SH mengatakan DPRD senantiasa mengawal dan mendukung seluruh program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Desa/Kelurahan. Dharma menilai langkah pemerintah dalam memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Poso saat ini merupakan suatu hal yang perlu mendapat apresiasi serta dukungan dari semua pihak, termasuk DPRD selaku mitra pemerintah daerah yang juga ikut bertanggung jawab terhadap suksesnya pembangunan di Kabupaten Poso.

Sementara itu, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si ketika membacakan sambutan Bupati mengatakan, pelaksanaan musrenbang yang dlaksanakan pada tahun 2018 melalui pola baru, memiliki makna strategis yang dimaksudkan untuk menyaksikan dan mendengar langsung berbagai keluhan dan masukan dari masyarakat yang selanjutnya dikemas melalui tahapan perankingan yang dibahas secara bersama dan akan diteruskan ke tingkat kabupaten untuk dibahas. Hal ini dijelaskan Wabup guna menepis anggapan segelintir orang seakan Musrenbang tidak mempunyai makna. Itulah sebabnya kata Wakil Bupati Poso, Musrenbang tahun ini dikemas dalam bentuk cluster yang diawali dengan mogombo lipu, dengan maksud agar seluruh aspirasi masyarakat dapat terserap dan terakomodir dan yang terpenting semua program pemerintah bersifat transparan dan pengalokasiannya tepat sasaran berdasarkan skala prioritas sesuai kondisi wilayah setempat.

Musrenbang Cluster 2 dipimpin langsung Wabup Ir. Samsuri, M.Si, dengan moderator Kepala Bapelitbangda Suratno, SP,M.Si, didampingi sejumlah para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta dikuti para peserta yang merupakan perutusan dari 12 desa yang ada di dua kecamatan yakni Lore Utara dan Lore Timur. //ca’/pul