Kam02222018

Last update12:37:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan Bupati Poso Membuka Langsung MUSRENBANG RKPD Tahun 2019

Bupati Poso Membuka Langsung MUSRENBANG RKPD Tahun 2019

  • PDF
alt
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 3
  • Selanjutnya

Rabu, (07/08/18) Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kecamatan Tahun 2019, Cluster 1 Kecamatan Lore Tengah dan Lore Peore dibuka langsung oleh Bupati Darmin didampingi sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah seperti Inspektur Inspektorat, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Pendapatan, Kepala Dinas PMD, Kepala BPBD, Kepala Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Kepala Badan Kesbang, Kepala Dinas Nakertrans, Kepala Dispora, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kelautan & Perikanan, Kepala Dishub serta Kepala Dinas P3A.

Diawali dengan Sambutan dari Anggota DPRD Kabupaten Poso yang disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Kab. Poso Darma Gideon Mondolu, SH menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang terus concern dan peduli dengan kepentingan rakyat dimana selalu secara cepat dan tanggap terhadap apa yang menjadi kebutuhan atau permasalahan yang terjadi di masyarakat. Adapun yang menjadi penekanan atau titipan aspirasi rakyat yang disampaikan melalui anggota dewan tersebut adalah beberapa masalah tentang pendistribusian tenaga pendidik & tenaga kesehatan yang masih menjadi sorotan utama khususnya di masyarakat Tampo Lore ini.

Dalam sambutannya, Bupati Poso mengatakan Musrenbang kecamatan tahun ini sangat agak berbeda dibanding tahun sebelumnya dimana pada tahun ini Musrenbang tingkat kecamatan dilaksanakan per cluster sedangkan proses desknya dilakukan di setiap kecamatan melalui kegiatan “mogombo lipu” yang pelaksanaannya dilaksanakan sebelum Musrenbang cluster kecamatan ini. Musrenbang tahun ini sangat penting dan strategis bagi Pemda Kabupaten Poso, karena Musrenbang tahun 2019 mengusung Tema "Percepatan Pencapaian Prioritas Pembangunan Infrastruktur, Sosial dan Ekonomi Yang Terintegritas Menuju Poso Cerdas". Yaitu merupakan tahun percepatan pembangunan, dalam rangka mewujudkan target- target daerah melalui pelaksanaan program prioritas baik di bidang infra struktur maupun bidang ekonomi dan bidang sosial, ungkap Bupati Poso.

Setelah acara Pembukaan dilanjutkan dengan Pembacaan hasil Perangkingan/Prioritas Musrenbang Desa/Kelurahan oleh Camat Lore Tengah dan Lore Peore. Untuk Lore Peore diantaranya seperti masalah infrastruktur Penguatan tebing pemukiman warga yang diajukan oleh Desa Betue dan pembuatan bendungan di desa Watutau, sedangkan di bidang sosial budaya seperti pembangunan gedung Perpustakaan SD di desa Talabosa dan pembangunan rumah dinas guru SD di Desa Wanga, dan di bidang ekonomi seperti bibit kakao sambung pucuk dari desa Betue dan peningkatan usaha tani di desa Wanga. Sementara untuk Lore Tengah di bidang infrastruktur seperti bendungan dari desa Bariri dan jembatan dari desa Torire, untuk bidang ekonomi seperti pembangunan dam parit di desa Baliura dan pengadaan bibit kerbau dari desa Doda, di bidang sosial budaya ada pembangunan ruang perpustakaan & guru SD Baliura.

Kegiatan ini pun berlangsung secara santai namun serius dimana Bupati Darmin memboyong sejumlah Pimpinan OPD untuk memberikan tanggapan langsung berkaitan dengan usulan desa/kelurahan dan sekaligus penyampaian informasi kegiatan. Pada kesempatan tersebut, sejenak Bupati Poso berdiri meninggalkan tempat duduk di depan dan berjalan menuju tempat-tempat duduk para peserta Musrenbang untuk mengecheck langsung kesiapan para peserta, jangan sampai ada yang kedapatan tertidur pada saat kegiatan pembahasan berlangsung. Pimpinan Daerah ini menunjukkan bukti keseriusannya dalam melayani masyarakat Poso sehingga beliau secara langsung memantau dan mengikuti sampai akhir pelaksanaan Musrenbang Cluster I ini.

Pada sesi dialog bersama Pemda Poso ini kembali beberapa Pimpinan OPD ditantang untuk menjawab sekaligus menjelaskan tentang program-program yang terkait dengan leading sectornya masing-masing seperti pada Dinas Kesehatan menawarkan program rehabilitasi Puskesmas Watutau, laboratorium Schistosomiasis, pengadaan peralatan lab Schisto, sedangkan Dinas Pertanian diantara lain pengadaan/bantuan bibit kopi 11.000 pohon, pengadaan/bantuan ternak itik jantan 700 ekor & betina 100 ekor untuk Lore Peore dan pembangunan irigasi pintu air desa Doda senilai Rp 117.867.000,- dan pengadaan/bantuan bibit jagung plus pupuk untuk 1500ha di Lore Tengah. Dari Dinas PUPR diantaranya rehab drainase hanggira-baleura, rehab jalan hanggira- bariri, rehab jalan kota desa Doda Dusun I untuk Lore Tengah dan rehab jalan kota desa Watutau Dusun I, rehab jaringan irigasi Wanga, peningkatan cakupan SPAM desa Siliwanga untuk Lore Peore.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan Penandatanganan Berita Acara oleh Camat Lore Tengah dan Lore Peore dan Penyerahan daftar usulan prioritas program/kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan kepada Bupati Poso yang didampingi oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Poso bersama Kepala Bappelitbangda. //ca’/pul