Kam02222018

Last update12:37:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan Peresmian Baruga Desa Betalemba Kecamatan Poso Pesisir

Peresmian Baruga Desa Betalemba Kecamatan Poso Pesisir

  • PDF
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Selasa, (30/01/17) Peresmian Baruga di desa betalemba kecamatan poso pesisir selatan, diresmikan langsung penggunaanya oleh wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si, dengan prosesi penjemputan lewat tari motaro dan pemasangan siga serta pengalungan enu kalide.

Peresmian baruga tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti, pembukaan papan selubung dengan tombol sirine, pengguntingan pita dan pembukaan pintu oleh wakil bupati poso Ir. Samsuri, M. Si, didampingi camat poso pesisir selatan bersama unsur tripika kecamatan, kepala desa betalemba dan disaksikan oleh sekretaris dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten poso, para kepala desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta warga masyarakat desa betalemba dan sekitarnya.

Dilanjutkan dengan makan bersama atau dalam bahasa poso molimbu yang dilaksanakan di dalam baruga, pelaksanaan molimbu menjadi satu inspirasi bagi pemerintah setempat dan masyarakat desa betalemba, ini baru pertama kali dilaksanakan, karena masyarakatnya yang majemuk terdiri dari suku bali dan suku pamona.

Dalam sambutan kepala desa betalemba yarson Sapelemba Naro'u mengatakan bahwa baruga ini berdiri karena berkat dukungan dan usaha kita semua serta menelan anggaran kurang lebih Rp. 417.000.000, dari dana PAD dan dana ADD, ditambah 2 (dua) bangunan lainnya. Diakhir sambutannya Yarson Sapelemba Naro'u berharap, agar kedepannya desa betalemba lebih maju lagi dengan tersediannya sarana dan prasarana untuk digunakan bersama, dan ucapan terima kasih kepada seluruh perangkat desa serta warga masyarakat desa betalemba dengan usaha kerja kerasnya membuahkan hasil hasil yang baik.

Sementara ditempat yang sama wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutan tertulis bupati poso mengharapkan, bahwa bangunan baru baruga menelan biaya yang tidak sedikit agar dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama masyarakat desa betalemba kecamatan poso.pesisir selatan, jadikan bangunan baru ini sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang istimewa dengan melibatkan seluruh masyarakat sehingga rasa kebersamaan dan rasa memiliki baruga dapat dirasakan bersama. "Sinergitas dan dukungan seluruh stakholder termasuk seluruh lapisan masyarakat desa betalemba sebagai bagian dari elemen masyarakat melalui kerja keras dan kerja cerdas dalam bidang pekerjaan masing-masing sangat dibutuhkan peran aktifnya, sehingga mewujudkan masyarakat kabupaten poso cerdas menuju kota adipura dapat kita raih dalam waktu yang begitu tidak lama". Ungkap Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutan tertulis bupati poso. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan bahwa gunakan fasilitas baruga ini dengan sebaik-baiknya serta pelihara dan rawat gedung ini agar dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat diwariskan kepada anak cucu kita kelak.

Diakhir sambutannya wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si menambahkan,
hal Yg penting bagaimana kita menjaga keharmonisan dan memerlukan suatu pemahaman kepada seluruh warga masyarakat agar dapat menjaga keamanan dan keteriban karena sekarang ini kabupaten poso semakin baik dan masyarakatnya semakin dewasa. Intinya harus punya kebersamaan, jangan menyalahi siapa, mari kita saling nenghormati dan menghargai serta mengevaluasi diri sendiri dalam ritual beribadah sesuai kepercayaan masing-masing, serta semakin bersyukur dan dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa, yakin dan percaya akan tumbuh toleransii sesama umat beragama. //ca’/pul