Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan ATM Sampah Hadir Di Poso

ATM Sampah Hadir Di Poso

  • PDF
alt

Apel bersama di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso dipimpin langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua sekaligus melaunching ATM Sampah yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten.Poso bekerjasama dengan pihak perbankan, badan usaha pengelola sampah serta masyarakat (anggota kelompok),dihalaman kantor Bupati Poso,pada Senin (23/10/17).


Bupati Poso yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua, menyerahkan buku rekening dan kartu ATM sampah kepada salah satu staf dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Poso dan badan usaha Hidayah, selaku pengusaha atau pembeli sampah non organik yang dikeluarkan oleh BRI cabang poso.

Plt. Sekretaris Daerah Poso juga menyaksikan penandatanganan MOU antara pemerintah daerah kabupaten poso dalam hal ini ditandatangani kadis lingkungan hidup kabupaten poso Murniati Putosi, SP, M.Si dengan pihak BRI cabang poso ibu elke disaksikan pula para staf ahli, kepala-kepala OPD serta seluruh karyawan-karyawati ASN di lingkungan pemerintah daerah kabupaten.poso.

hal ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan nilai tambah secara ekonomis dari hasil pengumpulan dan pemilihan sampah an organik yaitu plastik, aluminium, besi, kertas dan kardus, dengan pengumpulan dan pemilihan sampah dapat mengurangi tumpukan dan sebaran sampah di bahu jalan, sungai dan lahan kosong.

Sementara dalam sambutan tertulis Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dibacakan Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua menyampaikan tujuan pelaksaan ATM sampah adalah meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah di kabupaten poso untuk mewujudkan kabupaten poso yang bersih dan bebas dari sampah, sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan kesehatanmasyarakat, kenyamanan dalam beraktifitas serta meningkatnya apresiasi dari pihak-pihak eksternal yang memberikan penilaian positif terhadap kondisi wilayah kabupaten poso terutama dalam meraih penghargaan adipura yang telah menjadi harapan masyarakat dan pemerintah daerah.

dikatakannya, dari hasil evaluasi dan monitoring pelaksanaan inovasi ini, terdapat peningkatan jumlah aktivitas masyarakat yang melakukan pengumpulan, pemilihan dan penjualan sampah terutama jenis sampah plastik, besi, kertas dan kaca yang bernilai ekonomis, hal ini tentu saja akan mengurangi jumlah timbunan sampah yang dibuang oleh masyarakat di TPA sampah.


Diakhir sambutan Plt. Sekda Drs. Joksan Lakukua mengharapkan pelaksanaan ATM sampah bisa mengurangi sampah yang dibuang disembarang tempat, dan masyarakat semakin disiplin dan tertib dalam mengelola sampah serta adanya peningkatan tambahan penghasilan ekonomi sehari-hari masyarakat melalui program ATM sampah.