Kam08242017

Last update04:00:00 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)

  • PDF
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Kota Poso. Yang terletak di Kelurahan Moengko Kecamatan Poso Kota, Jum’at (26/5/17). Hadir dalam kegiatan ini, FKPD Kabupaten Poso, Kadis Cipta Karya dan Sumber Daya Air Propinsi Sulteng Ir. Saliman Simanjuntak, Diploma, HE, SATKER Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman Propinsi Sulteng (PLP) Caco Laratu, ST., M.Si, ketua dan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Poso, Kadis PU Kabupaten Poso, Kepala-kepala OPD Lingkup Kabupaten Poso, Masyarakat Undangan serta para pekerja TPA.

Lokasi yang sudah di bebaskan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, seluas 11 Hektar, Terdiri dari Bangunan utama 1,46 Ha, kolam lanfill, 0,66 Ha sementara yang akan dilakukan meliputi pekerjaan tanah, saluran pambuangan, pemasangan batu kali, saluran lindisal, pipa gas, pemasangan Geomembran dan Geotekstil, pembuatan Kolam Instalasi Pengolahan limbah (IPL), pekerjaan pengerasan jalan operasional dan pekerjaan lain seperti sumur uji. Disamping sebagai tempat pembuangan sampah, nantinya TPA ini juga disiapkan sebagai tempat berwisata sekaligus sarana pembelajaran bagi anak sekolah. Kondisi alam ditempat ini sangat mendukung, karena berada di area perbukitan yang banyak ditumbuhi tanaman sehingga terkesan sejuk. Direncanakan juga akan dibangun rumah-rumah makan sebagai sarana tambahan, untuk memudahkan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan harinya bersantai ditempat ini. Sebagai salah satu syarat Adipura, Kota Poso harus memiliki TPA. Kontraktor yang mengerjakan TPA ini adalah PT. Melo Aneka Raya, dan CV. Najaah alam Konsultan.

Dalam sambutannya Bupati Poso menyampaikan apabila TPA ini terealisasi sebagaimana gambar yang ada, maka akan sangat membanggakan bagi kita masyarakat Kabupaten Poso. Olehnya sebagai syarat Adipura, pembuatan TPA ini harus tercapai sesuai target dan pemanfaatannya harud sesuai dengan peruntukannya. Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut dalam pembangunan TPA dan berharap kerjasamanya bisa mempercepat Pembangunan. Semoga dengan kehadiran sarana dan prasarana TPA sampah dan tempat rekreasi ini, akan menambah hal positif bagi Kabupaten Poso, yang akan membawa kita meraih Adipura.//ca’/pul