Jum05262017

Last update12:19:57 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan

Pembangunan

HUT Desa Labuadago Dirangkaikan Dengan Peresmian Kantor Desa Dan PUSKESDES

  • PDF

Bupati poso diwakili oleh asisten pemerintahan dan kesra Ari Pamungkas, SH,MH. menghadiri HUT desa Labuadago yang dirangkaikan dengan peresmian kantor desa dan pusat kesehatan desa (puskesdes). Desa Labuadago, Kecamatan Lage, Senin 08-07-2017.

Dihadiri oleh camat lage beserta staf, seluruh muspika, pejabat di lingkungan pemda poso, kepala desa labuadago dan seluruh masyarakat desa. Melalui sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang disampaikan oleh Ari Pamungkas SH,MH , Masyarakat patut bersyukur dengan keberadaan kantor desa dan puskesdes, untuk itu bersama-sama kita jaga fasilitas ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Bupati Poso sangat mengharapkan dukungan masyarakat lage dalam mensukseskan seluruh program pemerintah yang semuanya hanya untuk pembangunan di kabupaten poso. Pembangunan yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat poso merupakan tujuan pemerintah kabupaten poso. Sehingga harus secara bersama kita mewujudkannya.//ca’/pul

alt

Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Poso

  • PDF

  Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kabupaten poso dalam angka 2017, bertempat di gedung pertemuan Bapedalitbangda kabupaten poso, rabu 26/4/17. Hadir dalam kegiatan tersebut kepala BPS provinsi sulawesi tengah Ir. Faisal Anwar, MT, kepala BPS kabupaten poso Ir. Yaslin Tansala, M.Si, para organisasi perangkat daerah (OPD) terkait kabupaten poso dan peserta focus group discussion (FGD) kabupaten poso.

 Dalam sambutan bupati dibacakan wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan FGD ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh badan pusat statistik (BPS) terkait pengumpulan data capaian pembangunan daerah di kabupaten poso serta menyediakan data dan informasi statistik yang berkualitas lengkap, akurat, mutakhir, berkelanjutan dan relevan bagi pengguna data ini merupakan tugas oleh BPS. Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si juga menghimbau kepada kepala OPD agar dapat menjaga kualitas data yang akan dikomplikasi oleh BPS, data berkualitas harus memenuhi kriteria, akurat, disajikan tepat waktu, koheren, dapat diakses dan dapat diinterprestasikan. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si percaya bahwa melalui kegiatan ini akan menghasilkan publikasi poso dalam angka yang lebih baik serta dapat menyajikan data yang berkualitas sesuai kebutuhan para pengguna, akan disosialisasikan wadah komunikasi dan koordinasi penyelenggara kegiatan statistik yang disebut dengan forum data.

 Sementara Kepala BPS provinsi sulawesi tengah Ir. Faisal Anwar, MT menyampaikan permasalahan sekarang bagaimana kesungguhan BPS bersama OPD dan instansi lainnya harus lebih bersinergi untuk menghimpun data membentuk suatu wadah yang berisi data, informasi yang komprehensif dan satu data. Sehingga nantinya mempermudah mengevaluasi data tersebut, hanya dengan mengklik wadah yang sudah ada. Ir. Faisal Anwar, MT juga berharap kepada penanggung jawab data baik di BPS di kabupaten poso maupun di setiap instansi OPD agar lebih meningkatkan kepedulian terhadap kualitas data yang disajikan kepada masyarakat.//ca’/pul

altalt

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan Griya Saluopa

  • PDF

  Langkah strategis pemda Poso yang terus bersinergi dengan seluruh stakeholder di daerah ini termasuk para pengusaha dan pengembang yang membuahkan hasil dengan dimulainya peletakan batu pertama oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam pembangunan perumahan griya saluopa dengan lokasi Jln. P. Bangka Kelurahan Kayamanya Induk samping SMA Negeri 4 Poso sekaligus menyaksikan penandatanganan MOU antara PT. Poso Utama Sejahtera Karman Karim dengan PDAM kabupaten poso H. Munawir, SP.MM dan PT. PLN Persero Rayon Poso Yones Longkuala, MOU ini bertujuan membackup pasokan listrik dan air di perumahan yang nantinya akan dibangun, Senin 17/4/17.

 Dalam sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan rasa terima kasih kepada Pihak PT. Poso Utama Sejahtera yang sudah berani untuk berinvestasi di tanah poso seperti membangun Poso City Mall yang sekarang ini sudah berjalan dengan baik dan menjadi salah satu aikon yang ada di kabupaten poso, kini PT. Poso Utama Sejahtera kembali membangun perumahan Griya Saluopa sejumlah 170 unit dengan tipe 36 dan tipe 46 dengan luas tanah 5 hektar yang akan dibangun secara bertahap. Pada tahap pertama 70 unit menurut Direktur PT. Poso Utama Sejahtera Karman Karim .

 Diakhir sambutannya Darmin Agustinus Sigilipu mengharapkan agar perumahan griya saluopa dapat membantu meringankan dan mempermudah masyarakat kabupaten poso yang ingin memiliki tempat tinggal tetap. Bupati Poso yakin dan percaya akan banyak yang mendaftar. Kegiatan peletakan batu pertama dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Poso, Ketua MUI Arifian Tuamaka, S.Ag, MM dan masyarakat kayamanya.//ca’/pul

alt

alt

Penandatanganan kerjasama antara PT. Poso Energy dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

  • PDF

   Penandatanganan kerjasama antara PT. Poso Energy dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso tentang penataan sungai poso ditandatangani langsung oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dengan Presiden Direktur PT. Poso Energi Achmad Kalla bertempat di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, kamis 6/4/17. Kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan master plan dimana poso energy group akan melakukan penataan danau dan sungai poso dengan cakupan kurang lebih 12 km dari outlet danau poso kearah hilir (dounstream) dengan kegiatan pembangunan taman wisata air meliputi wisata tour beat, wahana permainan anak, taman anggrek dan joging track, river improvement meliputi penataan pagar sogili, penggantian jembatan kayu menjadi jembatan moderen, normalisasi sungai dan pelestarian species endemik (ikan sogili), pembangunan penataan danau dan sungai poso tidak menghilangkan atau mengurangi nilai kearifan budaya lokal masyarakat kabupaten poso dan mewujudkan kabupaten poso sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di provinsi sulawesi tengah dan sebagai salah satu aikon andalan kabupaten poso. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Poso.Ir. Samsuri, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Suharto Kandar bersama anggota, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Sinsigus Songgo, MM dan para pimpinan SKPD terkait.//ca’/pul

altaltalt

Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Poso Tahun 2017

  • PDF

  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi kegiatan forum perangkat daerah (PD) kabupaten poso tahun 2017 bertempat di Aula Bapelitbangda kabupaten poso, rabu, 22/3/17. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Ketua DPRD Kabupaten Poso Elen Inkiriwang Pelealu, SE bersama anggota, Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE.M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. S. Songgo, MM, para SKPD dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten poso Ny. Indah Sri Setyowati Samsuri, SH, para camat se kabupaten poso, BUMD dan BUMN, ketua dharma wanita persatuan kabupaten poso, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan seluruh peserta forum perangkat daerah kabupaten poso.

Laporan Ketua Panitia Plt. Kepala Bapelitbangda kabupaten poso Suratno, SP.M.Si menyampaikan dalam upaya peningkatan kualitas perencanaan pembangunan daerah di kabupaten poso lebih baik, maka Bapelitbangda kabupaten poso dalam pelaksanaan forum perangkat daerah kabupaten poso mencakup beberapa hal yakni : 1. penyelarasan program kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil musrembang kecamatan, 2. Penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah labupaten, 3. Penyelarasan program dan kegiatan antar perangkat daerah kabupaten dalam rangka sinergi pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai fungsi masing-masing perangkat daerah kabupaten, 4. Penyesuaian pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah kabupaten. Suratno juga menyampaikan adapun program unggulan RPJMD kabupaten poso tahun 2016-2021 berjumlah 18 program salah satunya adalah poso boulevard, jembatan kayamanya-bonesompe, pembangunan jembatan poso 3 tagolu dan kampung durian kuku.

   Sementara itu Ketua DPRD kabupaten poso Elen Inkiriwang Pelealu, SE menyampaikan pokok pikiran yang telah dihimpun dan merupakan kumpukan pokok pikiran DPRD kabupaten poso tahun 2018 dan diharapkan dapat dibahas secara insentif sehingga antara DPRD dengan Pemda ada kesepahaman dalam mencapai tujuan, tentu sangat diperlukan perencanaan yang jelas, transparan serta terarah dan terukur, Ny. Ester Inkiriwang Pelealu juga mengharapkan sebagai mitra kerja pemda kegiatan ini benar-benar merupakan suatu kesempatan untuk mengkomunikasikan perencanaan yang bersifat populis sehingga dalam mengaplikasikannya benar-benar menyentuh problem dan kebutuhan serta berdampak pada kebaikan dan kesejahteraan seluruh mastarakat kabupaten poso.

   Ditempat yang sama Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya menyampaikan dalam rangkaian penyusunan perencanaan pembangunan daerah tahun 2018, maka saat ini kita melaksanakan forum perangkat daerah (DP) tingkat kabupaten poso yang merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan seduai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing PD ini akan menghasilkan kesepakatan rancangan rencana kerja (RENJA) PD yang memuat program dan kegiatan prioritas indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan. Darmin Agustinus Sigilipu juga mengatakan rencana renja PD tahun 2018 yang akan dibahas melalui proses forum PD adalah rancangan renja yang telah diselaraskan dengan rancangan awal RKPD kabupaten poso tahun 2018 dengan 9 prioritas pembangunan daerah dan telah menyesuaikan dengan nomenklatur PD yang baru sesuai peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016. Darmin Agustinus Sigilipu juga berharap agar perubahan yang kita rencanakan dalam RPJMD tahun 2016-2021 tentunya membawa perubahan yang lebih baik dalam bidang pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat maupun perkembangan kemajuan fisik dan non fisik terutama tingkat kesejahteraan masyarakat, dan mengingatkan kembali kepada kita semua bahwa saat ini kita telah memasuki era pembangunan yang baru dan berbeda, menghentikan kebiasaan lama yang kurang baik yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan mulai dari proses perencanaan serta dalam pelayanan publik dan akan membiasakan budaya kerja yang lebih efektif dan efesien.

   Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengharapkan melalui forum ini agar seluruh lapisan masyarakat bahu-membahu dengan aparat keamanan untuk dapat menciptakan dan menjaga suasana yang kondusif sehingga kegiatan pembangunan dapat berlangsung secara aman dan berkesinambungan, dan sebagai bupati dan wakil bupati poso kami akan melaksanakan amanah rakyat selama 5 tahun kedepan secara baik sesuai aturan perundang-undangan berlaku serta sesuai visi-misi yang telah ditetapkan dan dijabarkan kedalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, tanpa dukungan dari semua komponen masyarakat dan pemangku kepentingan itu tidaklah mungkin terlaksana dengan baik oleh karena itu diharapkan dukungan semua pihak terutama pimpinan dan seluruh anggota DPRD, seluruh ASN dan PD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan, LSM dan media massa baik elektronik maupun media cetak, kritik dan saran yang membangun akan kami jadikan bahan perbaikan.//ca’/pul

altaltalt