Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan

Pembangunan

Expose Penelitian Penyesuaian NJOP dan ZNT PBB P-2

  • PDF

Expose Penelitian Penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan Zona Nilai Tanah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (ZNT PBB P-2) oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso bekerjasama Dengan Kantor Pajak Pratama Poso. Dilaksanakan di Hotel Otanaha, Kamis (16/11/17 ). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi oleh Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Poso Noly Tandawuya, SH, dan Perwakilan dari Pajak Pratama Poso, yang diikuti oleh para Camat dan seluruh lurah yang berada di Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan beberapa OPD terkait serta para undangan.

Sambutan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso Atmadjaya A. T. Mardjun, S.Sos., MM menyampaikan NJOP yang ada dikabupaten Poso kenyataannya sangat jauh realisasinya dibandingkan dengan transaksi-transaksi yang sesungguhnya terjadi, sehingga untuk mensikapi kondisi ini harus dilakukan penelitian. Pada tahun 2017 oleh Badan Pendapatan Daerah, PBB Kabupaten Poso diperkirakan sekitar 4,5 Milyar dan pada perubahan ditaksir naik menjadi 5 M. Dari perkiraan yang dilakukan, tentunya harus dipertegas dengan melakukan penelitian agar target realisasi yang ingin dicapai lebih maksimal. Tentunya untuk mencapai hal tersebut perlu dukungan semua pihak, terlebih masyarakat. Karena hasil yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Poso.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso menegaskan agar kita memberikan kontribusi bagi peningkatan PAD, sehingga kedepan pembiayaan untuk pembangunan Daerah yang merata serta berkeadilan dapat terwujud. PBB Perkotaan dan Perdesaan, berpotensi besar dalam mendukung pembiayaan pembangunan. Kawasan-kawasan deinsentif dan insentif yang didorong untuk dijadikan pemukiman sehingga pembangunan jalan-jalan lingkungan, penyediaan aliran listrik dan air perlu untuk disiapkan. Kondisi ini mengharuskan kita semua untuk duduk bersama, mencari alternatif terutama dalam penataan ruang sehingga pemukiman yang kita tempati dapat terpenuhi nilai ekonominya dan dapat mengangkat keberadaan masyarakat tersebut. Lanjut Wakil Bupati Poso, sebuah usaha yang didasarkan atas kerja keras pasti akan membuahkan hasil terbaik. Orang Cerdas, Paham dan Sadar untuk Membayar Pajak. //ca’/pul

alt

alt

Dusun Pantende Sayo Dialiri Air Bersih

  • PDF

Setelah sekian lama kesulitan air, saat ini masyarakat di Dusun Pantende RT 09 Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan boleh bernapas lega. Kenyataan ini bisa terjadi karena air sudah bisa tersedia di rumah masing-masing masyarakat melalui pipanisa.
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri acara syukuran atas Penggunaan Air bersih di Pantende RT 09 Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan. Didampingi oleh Dandim 1307 Poso, Wakapolres Poso, Camat Poso Kota Selatan, dan unsur Tripika Kelurah Sayo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan dihadiri oleh masyarakat Pantende (10/11/17).
Menurut Laporan Ketua RT 09 Pantende bahwa sebenarnya penggagas dari terlaksananya kegiatan pengadaan air bersih di RT kami adalah karena inisiasi dari BABINKAMTIBMAS dan BABINSA Kelurahan Sayo karena melihat kondisi masyarakat yang sangat membutuhkan ketersediaan air bersih. 55 tahun sejak Dusun kami ada, baru tahun ini bisa mendapatkan air ke rumah-rumah penduduk. Dipantende kami mempunyai sumber air bersih sendiri yang dapat digunakan oleh warga baik untuk konsumsi maupun untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan masyarakat Kelurahan Bukit Bambu pada saat musim kering juga datang untuk mengambil air ditempat kami. Walaupun demikian, kami disini masih sangat terbatas dalam hal ketersediaan listrik karna jaringan yang dilewati hanya kabel kecil dan penahannya hanya dari bambu, sehingga sangat berharap agar Pemdakab Poso dapat mencarikan solusi bagi kerinduan kami untuk mendapatkan pasokan listrik yang normal. Debit air yang mengalir dalam 1 menit sekitar 27 liter, sehingga sangat cukup bagi kebutuhan kami disini. Sumber mata airnyapun tersedia dalam jumlah yang banyak, dan tidak terpengaruh musim panas volume airnya tetap.
Menurut Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya, ditengah padatannya pekerjaan yang harus di jalankan, berupaya memberikan waktu untuk datang berkunjung dan menyapa warga di tempat ini. Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu sangat bersyukur karena melalui kegiatan ini, dapat melihat langsung suatu upaya swadaya masyarakat dalam mengupayakan pemenuhan akan kebutuhan air. Hal ini harus dijadikan contoh bagi daerah lain agar mampu menemukan alternatif baru untuk terpenuhinya kebutuhan hidup.
Mengerahkan upaya sendiri dengan tidak hanya bersandar pada bantuan orang lain.
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu saat mengunjungi lokasi mata air warga Pantende, kagum dengan apa yang telah dicapai dan akan membangun tempat untuk Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) bagi warga yang ingin beraktifitas disekitar mata air. Bupati Poso akan membangun tempat cuci yang lebih besar agar warga dapat mencuci dengan leluasa.
Selanjutnya Bupati Poso menghimbau agar sumber mata air ini dijaga keasrianya dengan tidak membuang sampah sembarangan serta selalu menjaga kebersihannya, sehingga kedepan dengan menata lokasi jadi baik, bisa saja dijadikan alternatif untuk tempat berwisata alam. Mengutip pernyataan mantap Presiden Amerika Serikat, "Jangan Tanya Apa yang Sudah Engkau Terima dari Poso, Tapi Tanyalah Apa Yang Sudah Engkau Berikan Bagi Poso". Membangun Poso harus dimulai dari diri sendiri, mulailah jangan tunggu orang lain yang mendahului. Jadilah pioner dan penggerak, maka akan banyak yang akan mengikutimu dibelakang. //ca’/pul

altalt

alt

Peresmian Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Poso

  • PDF

Pebaikan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Demi Menunjang Peningkatan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Kabupaten Poso salah satunya dengan Peresmian Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Poso (08-11-17).

Acara diawali dengan do’a dan dilanjutkan dengan sambutan Direktur RSUD Kabupaten Poso dr. Hj. Asnah Awad, MH menyampaikan bahwa IGD ini merupakan garda terdepan yang dimiliki oleh RSUD Poso, menerima rujukan dari seluruh PUSKESMAS yang terdapat di wilayah Kabupaten Poso, Disamping itu juga merupakan rujukan dari Rumah Sakit Morowali dan Tojo Una-Una. Sumber keuangan bagi pengerjaan Rehabilitasi berat IGD ini berasal dari DAU Tahun 2017. Walaupun biaya yang dipergunakan relatif kecil, namun untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, pengerjaannya harus dipercepat. Tentunya dengan memperhatikan kelayakan bangunan adalah standar yang harus dipenuhi.

Dihadiri langsung oleh Bupati Poso dan didampingi oleh Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Dody Triyo Hadi, S.Sos perwakilan dari Kajari Poso, Kepala Pengadilan Negeri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Suharto Kandar, Plt. Sekdakab Poso Drs. Joksan Lakukua. Melalui sambutannya, Bupati Poso menyampaikan bahwa keberadaan renovasi IGD di RSUD Poso semakin menambah efektifitas karena bisa melayani masyarakat secara profesional dan cepat. Pasien dengan sendirinya akan merasakan proses penyembuhan dengan maksimal karena ketersediaan alat yang memadai sesuai standarnya. Semua upaya yang kita lakukan, semata-mata untuk pelayanan kepada masyarakat, dan menghimbau agar apa yang sudah ada ini selalu di jaga dan dirawat serta terus di update sesuai dengan perkembangan sehingga selalu dapat melayani masyarakat secara maksimal dengan peralatan yang memadai. Bupati Poso berharap semakin kedepan untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat terutama terhadap Hak Mendapatkan Pelayanan Kesehatan.

Selanjutnya pengguntingan pita oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso yang menandai peresmia IGD dan siap untuk digunakan sebagaimana peruntukkanya, dan melakukan peninjauan ke dalam ruangan IGD untuk meninjau kesiapan seluruh fasilitas yang ada. Hadir juga beberapa kepala OPD, Staf IGD dan RSUD Kabupaten Poso serta undangan, dan para pewarta cetak maupun elektronik. //ca’/pul

alt

 alt

Penyusunan Studi Analisis Mengenai Amdal Rencana Pembangunan Jalan Kabose

  • PDF

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi/konsultasi publik dalam rangka penyusunan studi analisis mengenai dampak lingkungan hidup (amdal) rencana pembangunan jalan kabose (kayamanya-bonesompe) kabupaten poso provinsi sulawesi tengah, bertempat di aula dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kabupaten poso, 24/10/17. Hadir dalam kegiatan tersebut tim dokumen penyusunan amdal, kepala dinas lingkungan hidup kabupaten poso Murniati Putosi, SP, M.Si, perwakilan dari kepala OPD terkait, camat poso kota utara Efendi Chafi'i, lurah bonesomoe Ruslan Mutafa, S.Sos, lurah kayamanya, serta perwakilan warga masyarakat bonesompe-kayamanya.
Dalam arahan kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kabupaten poso Dr. H. Faidul Keteng, ST, M.Si, MT mengatakan, sosialisasi ini merupakan tahapan selanjutnya dan rencananya akan dilaksanakan seminar komisi amdal di tingkat provinsi, dan disampaikan kepada konsultan agar dapat menyelesaikan secepatnya mengenai studi amdal pada bulan desember sehingga tidak ada lagi masalah yang terjadi baik lingkungan maupun masyarakat sekitarnya. Dr. H. Faidul Keteng juga sampaikan, bahwa sebelum dilaksanakan pekerjaan kontruksi ada beberapa tahapan yang diperhatikan diantaranya studi kelayakan jalan, studi kelayakan lalu lintas jalan, amdal, rencana tata ruang bangunan, ini semua harus terselesaikan pada bulan desember, dari provinsi sudah merespon semua atas usulan dari bupati poso maupun wakil bupati mengenai anggaran pembangunan jembatan diusulkan ke pusat dan akan menjadi jalan nasional.
Sementara di tempat yang sama wakil bupati poso menyampaikan pemerintah sangat mengapresiasi tahapan pembangunan jembatan untuk kemajuan kabupaten poso dan menjadi salah satu aikon, kepada para peserta sosialisasi agar bisa mengikuti secara cermat dan bertanya kepada tim penyusunan dokumen amdal, sehingga dapat dipahami dan dimengerti untuk disampaikan kepada masyarakat lainnya. Diakhir arahannya Ir. Samsuri, M.Si berharap di bulan desember selesai semua dokumen-dokumen yang sudah dibahas sebelumnya dan kita semua memerlukan kerja keras, kita tidak inginkan yang terjadi dikemudian hari entah disengaja maupun yang tidak disengaja harus dipikirkan dengan sebaik-baiknya. //ca’/pul

alt

alt

ATM Sampah Hadir Di Poso

  • PDF

Apel bersama di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso dipimpin langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua sekaligus melaunching ATM Sampah yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten.Poso bekerjasama dengan pihak perbankan, badan usaha pengelola sampah serta masyarakat (anggota kelompok),dihalaman kantor Bupati Poso,pada Senin (23/10/17).


Bupati Poso yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua, menyerahkan buku rekening dan kartu ATM sampah kepada salah satu staf dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Poso dan badan usaha Hidayah, selaku pengusaha atau pembeli sampah non organik yang dikeluarkan oleh BRI cabang poso.

Plt. Sekretaris Daerah Poso juga menyaksikan penandatanganan MOU antara pemerintah daerah kabupaten poso dalam hal ini ditandatangani kadis lingkungan hidup kabupaten poso Murniati Putosi, SP, M.Si dengan pihak BRI cabang poso ibu elke disaksikan pula para staf ahli, kepala-kepala OPD serta seluruh karyawan-karyawati ASN di lingkungan pemerintah daerah kabupaten.poso.

hal ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan nilai tambah secara ekonomis dari hasil pengumpulan dan pemilihan sampah an organik yaitu plastik, aluminium, besi, kertas dan kardus, dengan pengumpulan dan pemilihan sampah dapat mengurangi tumpukan dan sebaran sampah di bahu jalan, sungai dan lahan kosong.

Sementara dalam sambutan tertulis Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dibacakan Plt. Sekretaris Daerah Drs. Joksan Lakukua menyampaikan tujuan pelaksaan ATM sampah adalah meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah di kabupaten poso untuk mewujudkan kabupaten poso yang bersih dan bebas dari sampah, sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan kesehatanmasyarakat, kenyamanan dalam beraktifitas serta meningkatnya apresiasi dari pihak-pihak eksternal yang memberikan penilaian positif terhadap kondisi wilayah kabupaten poso terutama dalam meraih penghargaan adipura yang telah menjadi harapan masyarakat dan pemerintah daerah.

dikatakannya, dari hasil evaluasi dan monitoring pelaksanaan inovasi ini, terdapat peningkatan jumlah aktivitas masyarakat yang melakukan pengumpulan, pemilihan dan penjualan sampah terutama jenis sampah plastik, besi, kertas dan kaca yang bernilai ekonomis, hal ini tentu saja akan mengurangi jumlah timbunan sampah yang dibuang oleh masyarakat di TPA sampah.


Diakhir sambutan Plt. Sekda Drs. Joksan Lakukua mengharapkan pelaksanaan ATM sampah bisa mengurangi sampah yang dibuang disembarang tempat, dan masyarakat semakin disaltiplin dan tertib dalam mengelola sampah serta adanya peningkatan tambahan penghasilan ekonomi sehari-hari masyarakat melalui program ATM sampah.