Sen01222018

Last update02:08:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Olahraga

Bantuan Beras Sejahtera Kepada Keluarga Penerima Manfaat di Poso

  • PDF

Poso – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyerahkan secara langsung bantuan sosial beras sejahtera provinsi sulawesi tengah khususnya Kabupaten Poso Tahun 2018 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) untuk perwakilan dari 7 (tujuh) kelurahan di wilayah kecamatan poso kota.

altalt

Pemberian langsung beras sejahtera kepada perwakilan keluarga penerima manfaat tersebut, berlangsung saat apel bersama di halaman kantor bupati poso, pada Senin (22/01/17) yang didampingi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Poso, Drs. George V. Y. Tumonggi, Camat Poso Kota dan disaksikan seluruh kepala OPD kabupaten poso serta karyawan dan karyawati di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur, karena pihak pemerintah pusat terus memberikan perhatian dan bantuannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan secara simbolis dan bantuan ini merupakan program baru kementerian sosial RI melalui direktorat penanganan fakir miskin dalam rangka penanggulangan kemiskinan membantu kebutuhan pangan masyarakat kurang mampu.

"Agar instansi terkait di dalam penyaluran bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan, sehingga data jangan sampai dimanipulasi demi mendapatkan beras gratis" Pinta Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Darmin Agustinus Sigilipu juga katakan, bahwa bantuan sosial beras sejahtera sebelumnya sudah berjalan, namun masyarakat penerima bantuan masih membayar dengan harga Rp. 25.000,- untuk 15 kg beras, dengan adanya program baru kementerian sosial RI tahun 2018, sekarang masyarakat penerima bantuan tidak lagi membayar alias gratis yaitu 10 kg/KK dalam kemasan Perum Bulog, dan untuk kabupaten poso terdata dan tercatat jumlah keluarga penerima manfaat bantuan sejumlah 19.779 KK dengan total jumlah bantuan beras 197.700 kg beras.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam akhir sambutannya, tak henti-hentinya mengingatkan kembali bahwa target besar kita di tahun 2018 adalah meraih penghargaan adipura dan penilaian BPK untuk mendapatkan laporan pengelolaan keuangan bisa meraih predikat WTP (wajar tanpa pengecualian), sehingga lebih bersemangat untuk memacu kinerja bersama seluruh stakeholder bahkan masyarakat kabupaten poso untuk bersama-sama mendukung target besar tersebut yang akan dipersembahkan demi tanah poso tercinta.

Upacara Setiap Tanggal 17 Para ASN Bersama TNI dan Polri

  • PDF

Upacara setiap tanggal 17 bulan berjalan dilaksanakan di alun-alun Sintuwu Maroso, Rabu (17/01/17) berlangsung dengan sederhana dan hikmat, bertindak selaku Komandan Upacara Iptu Arsyad. M. SH. Namun sedikit berbeda dgn tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya upacara tujuh belasan kali ini selain pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri, juga pengucapan Tri Brata Polri. Karena peserta upacara kali ini terdiri dr ASN, TNI, POLRI, anggota DPRD, serta instansi vertikal lainnya.

Hal ini dimaksudkan untuk lebih mempererat hubungan silaturahmi serta membina kebersamaan dan komunikasi yang harmonis antar sesama aparat yang ada guna membangun Kabupaten Poso yg lebih maju ke depan. Wakil bupati Poso Ir. Samsuri. Msi yang bertindak selaku Inspektur Upacara antara lain mengatakan, upacara setiap tanggal 17 yang dikemas secara bersama yang melibatkan seluruh instansi ini sesungguhnya memiliki arti yang amat penting dan strategis untuk mengintrospeksi diri berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, mengingat tanggal 17 merupakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang harus selalu diingat dan dihargai untuk diisi dengan kegiatan pembangunan melalui tugas dan karya setiap aparatur Pemerintah dengan bertanggung jawab, tegas Wabup Samsuri.

Disamping itu kita perlu terus meningkatkan prestasi kerja serta perlunya sinergitas seluruh aparat dalam melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing. Sehingga dengan demikian apa yang menjadi harapan bersama untuk mewujudkan Poso Cerdas akan dapat tercapai, jelas Wabup. Karena itu, untuk mencapai prestasi yang optimal kata Wabup Samsuri, disiplin pegawai menjadi hal yang sangat penting.

Wabup juga merasa bangga serta memberi apresiasi dengan pelaksanaan upacara setiap tanggal 17 secara terpadu dan berharap hal itu terus dipertahankan bahkan di tingkatkan. Upacara secara terpadu itu sendiri mulai dilaksanakan pada bulan Juni 2018 sesuai petunjuk Bupati Darmin Agustinus Sigilipu yang dikoordinasikan dengan anggota FKPD dan dalam pelaksanaannya secara bergantian dan dievaluasi langsung oleh bupati agar pelaksanaannya berjalan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. //ca’/pul

alt

Pertemuan Bupati Dengan Para Tokoh Agama Islam Poso

  • PDF

Bupati Poso dan Wakil Bupati Poso mengadakan silahturahmi dengan para Tokoh Agama Islam di Poso diruang rapat Bupati pada hari Rabu, (10/01/17).

alt

alt

Silahtuhrahmi ini membicarakan tentang rencana Musda MUI Kabupaten Poso yang akan digelar pada 20 Januari mendatang di Gedung PGRI Poso.

Dalam pertemuan ini juga dikemukan usulan program desa percontohan oleh para tokoh agama yaitu Desa Kerukunan/Toleransi kepada Pemerintah Daerah.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu beserta Wakil Bupati Poso, Samsuri, M.si menyambut baik serta merespon seluruh wacana yang disampaikan oleh para tokoh agama ini.

Usulan Program Desa Toleransi ini disambut baik oleh Bupati Poso dan rencana akan dikaji lebih dengan melibatkan akademisi beserta tokoh-tokoh agama yang lainnya di Poso untuk menyelaraskan dengan visi-misi pemda poso dan kepentingan umat secara keseluruhan.

Setelah pertemuan dengan Unsur MUI Kabupaten Poso pertemuan dilanjutkan dengan Pimpinan Pondok Pesantren Amanah Kabupaten Poso, H. Adnan Arsal didampingi oleh Fabian serta pengurus lainnya.

Dalam kesempatan ini pimpinan pondok pesantren amanah H. Adnan Arsal berharap kepada pemerintah daerah kabupaten poso dalam hal ini Bapak Bupati Poso, agar bersedia berkunjung langsung di pesantren amanah. Pimpinan pondok pesantren amanah H. Adnan Arsal juga menawarkan kepada Bupati Poso, bahwa para santri yang ada dipondok pesantren miliknya, agar dapat dilibatkan sebagai Tim kebersihan untuk mendukung Pemerintah Daerah, demi tercapainya Adipura.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas kedatangan dari para unsur pimpinan Pondok Pasantren Amanah , serta mengajak seluruh element untuk dukung bersama-sama membangun poso kearah yang lebih baik dalam bingkai NKRI.

Diantaranya yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Poso, KH. Arifin Tuamaka dan Pimpinan Pondok Pasantren Amanah Kabupaten Poso, H. Adnan Arsal.

Turut hadir dalam pertemuan Kepala Bagian Kesbang, M. Jamal sebagai sebagai pendamping OPD serta ketua Organizing Commite Asri Lakuntu, S.Ag, Ketua Stering Commite Ibrahim Ismail, M.Hi, Dra. Ruwaida Untingo, dan sekretaris MUI Drs. Syahrir, M.Pd.I. //ca'/pul

Sekitar Danau Poso menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Untuk Pengembangan Wisata

  • PDF

Poso mendapat kepercayaan untuk pengembangan desa dan potensi wisata melalui kunjungan dari Dirjen Pengembangan Kawasan Perdesaan yang di wakili oleh Kasi Identifikasi dan Pemanfaatan Potensi SDA Wilayah 5 Heroe Prasetyo, SE dan Penelaah data SDA wilayah 4 Yudie S didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Poso Ir. Lusiana Sigilipu, M.Si saat bertemu diruang kerja Bupati Poso, pada Jumat (5/1/18).

altalt


Beberapa hal yang dibicarakan menyangkut pengoptimalan penggunaan Dana Desa. Menurut perwakilan dari Dirjen Pengambangan Kawasan Perdesaan dalam pertemuan dengan Bupati Poso, bahwa mereka ingin melihat sejauh mana penerapan program yang selama ini dikucurkan dapat memberikan pengaruh positif, dan melihat perubahan pola pikir masyarakat terhadap keberadaan BUMDES serta sejauh mana perkembangannya, serta melihat secara langsung administrasi desa mengenai pengelolaan ADD.


Kemanfaatan dari ADD salah satunya dapat digunakan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa dan mampu menggerakan perekonomian masyarakat.
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyambut baik kunjungan ini dan melalui pertemuan ini, Darmin juga menyampaikan bahwa Poso pada dasarnya sama dengan daerah lainnya di Indonesia yang pernah mengalami konflik. Namun peranan Pusat untuk penanganan pasca konflik teristimewa dalam mengakomodir pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program-program bantuan yang pro rakyat dirasakan masih kurang, tidak sebanyak daerah lainnya sehingga pembangunan di Kabupaten Poso terkesan pelan.


Kedepan diharapkan akan lebih diperhatikan oleh Pemerintah Pusat. Dari 12 Kabupaten dan 1 Kota di Propinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Poso dan Donggala adalah Kabupaten Tertua. Pemekaran Kabupaten yang bermula dari Kabupaten Poso, sampai saat ini menjadi 6 Kabupaten lainnya. Banyak potensi kabupaten Poso yang seyogyanya bisa untuk dikembangkan. Potensi alam baik untuk pertanian maupun Wisata, perlu dukungan Pemerintah Pusat dalam memfasilitasi bagi perkembangan baik infrastruktur maupun peningkatan SDM.


Bupati Poso akan menjadikan Sekitar Danau Poso menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk pengembangan wisata di Kabupaten Poso. Hal ini berdasarkan masukan dari Kementerian Pariwisata, sehingga daerah sekitar Danau Poso akan diprioritaskan bagi pariwisata. Ekonomi rakyat akan tumbuh dengan sendirinya, apabila sekitar tempatnya tinggal merupakan tempat wisata.


Lebih lanjut Bupati Poso menyampaikan bahwa penggunaan ADD selama ini telah berjalan sebagaimana seharusnya, dan menjadi perhatian utama bagi Pemda untuk terus mengawal kegiatan yang diselenggarakan di desa, sehingga tujuan yang harus dicapai tidak disalahgunakan.


Dalam kesempatan ini juga Kadis PMD, Ir. Lusiana Sigilipu, M.Si menyampaikan bahwa pemanfaatan ADD bagi desa yang mempunyai objek wisata, digunakan untuk penguatan sarana prasarana pendukung, seperti sarana untuk olah raga air disediakan banana boat yang akan memanjakan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Serah Terima Jabatan Direktur PDAM

  • PDF

Wakil Bupat Poso menghadiri Serah Terima Jabatan Direktur Perusahaan Air Minum (PDAM) Kabupaten Poso sekaligus menyaksikan penandatangan naskah serah terima jabatan, Jum’at (05/01/2017). Serah terima jabatan dari direktur yang lama Munawir, Sp, MM kepada Ir. H. Isnain T. Karim, MPM, MSi sebagai pejabat sementara direktur yang baru PDAM Kabupaten Poso, dan serah terima jabata serta penandatanganan naskah dilaksanakan di halaman kantor PDAM Kabupaten Poso.

Dalam sambutan tertulis Bupati Poso yang dibacakan Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, MSi menyampaikan, dengan dipilihnya direktur yang baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja PDAM kabupaten poso, karena PDAM sebagai badan usaha milik daerah mempunyai peranan penting dan strategis, sehingga dalam pengelolaan dituntut inovasi dan kreatifitas, serta dapat memberikan pelayanan yang baik dengan mendayagunakan potensi sumber daya yang ada, sekaligus dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan PDAM itu sendiri.

Lebih lanjut sambutan tertulis Bupati Poso bahwa kita semua memahami tugas dan tantangan PDAM Poso kedepan semakin komleks, dengan melihat dan mendengar berbagai masukan bahkan kritikan dari masyarakat yang menginginkan pelayanan yang terbaik yang harus dilaksanakan PDAM sebagai satu-satunya perusahaan penyuplai air minum bersih kepada masyarakat, dan ini merupakan tantangan yang harus mampu dijawab dengan bukti nyata kesungguhan pihak PDAM memperbaiki kinerja sesuai Standar Operasional Procedur (SOP) yang ada serta standar pelayanan mutu yang terbaik agar masyarakat puas menjadi pelanggan.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, MSi mengatakan setiap masukan bahkan kritikan dari masyarakat tentunya harus kita cepat respon dengan langkah-langkah turun langsung kelapangan, jangan hanya menunggu laporan dari bawahan untuk memastikan fakta sebenarnya dilapangan, dan yang terpenting sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat, sehingga seluruh pelanggan dapat memahami dan mengerti jika ada perbaikan sementara galian pipa serta kendala teknis lainnya yang bisa menggangu distribusi air ke pelanggan.

Selanjutnya diakhir acara serah terima jabatan dilakukan penyerahan cendera mata dari keluarga besar Dharma Wanita Persatuan PDAM Kabupaten yang diserahkan langsung oleh Ny. Hj. Endang Isnain kepada Ketua Dharma Wanita Persatuan PDAM Kabupaten Poso yang lama Ny. Hj. Betsi Kabilaha, SPd, M.Si. //ca’/pul

alt