Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Olahraga

Expose Penelitian Penyesuaian NJOP dan ZNT PBB P-2

  • PDF

Expose Penelitian Penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan Zona Nilai Tanah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (ZNT PBB P-2) oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso bekerjasama Dengan Kantor Pajak Pratama Poso. Dilaksanakan di Hotel Otanaha, Kamis (16/11/17 ). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi oleh Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Poso Noly Tandawuya, SH, dan Perwakilan dari Pajak Pratama Poso, yang diikuti oleh para Camat dan seluruh lurah yang berada di Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan beberapa OPD terkait serta para undangan.

Sambutan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso Atmadjaya A. T. Mardjun, S.Sos., MM menyampaikan NJOP yang ada dikabupaten Poso kenyataannya sangat jauh realisasinya dibandingkan dengan transaksi-transaksi yang sesungguhnya terjadi, sehingga untuk mensikapi kondisi ini harus dilakukan penelitian. Pada tahun 2017 oleh Badan Pendapatan Daerah, PBB Kabupaten Poso diperkirakan sekitar 4,5 Milyar dan pada perubahan ditaksir naik menjadi 5 M. Dari perkiraan yang dilakukan, tentunya harus dipertegas dengan melakukan penelitian agar target realisasi yang ingin dicapai lebih maksimal. Tentunya untuk mencapai hal tersebut perlu dukungan semua pihak, terlebih masyarakat. Karena hasil yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Poso.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso menegaskan agar kita memberikan kontribusi bagi peningkatan PAD, sehingga kedepan pembiayaan untuk pembangunan Daerah yang merata serta berkeadilan dapat terwujud. PBB Perkotaan dan Perdesaan, berpotensi besar dalam mendukung pembiayaan pembangunan. Kawasan-kawasan deinsentif dan insentif yang didorong untuk dijadikan pemukiman sehingga pembangunan jalan-jalan lingkungan, penyediaan aliran listrik dan air perlu untuk disiapkan. Kondisi ini mengharuskan kita semua untuk duduk bersama, mencari alternatif terutama dalam penataan ruang sehingga pemukiman yang kita tempati dapat terpenuhi nilai ekonominya dan dapat mengangkat keberadaan masyarakat tersebut. Lanjut Wakil Bupati Poso, sebuah usaha yang didasarkan atas kerja keras pasti akan membuahkan hasil terbaik. Orang Cerdas, Paham dan Sadar untuk Membayar Pajak. //ca’/pul

alt

alt

Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Poso

  • PDF

POSO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Poso Dilantik dan diambil Sumpah dan Janjinya dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Anggota Panwaslu dilantik secara langsung oleh Ketua Panwaslu Kab. Poso Abdul Malik Saleh, S.Sos, M.Ap di saksikan secara langsung oleh Bupati Poso dan perwakilan Forkopimda. Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Poso, Senin (13/11/17).

Adapun tema yang diangkat yaitu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Pelantikan diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan, dan dirangkaikan dengan penandatanganan Berita Acara oleh Ketua Panwaslu Kabupaten dan perwakilan Anggota Panwaslu serta Pembacaan Fakta Integritas oleh Perwakilan Anggota Panitia Pengawas Pemilu.

Bupati Poso dalam membacakan sambutannya mengatakan diantaranya bahwa pelantikan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan penyelenggaraan Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Pelantikan ini menandai diterimanya kepercayaan dan mandat untuk melaksanakan tugas, fungsi serta tanggung jawab mengawal seluruh rangkaian tahapan pemilu mulai dari tahapan pendataan calon pemilih, pendataan penduduk, sosialisasi sampai kepada tahapan kampanye dan pencoblosan serta penghitungan suara. Pelantikan ini juga merupakan legalitas perangkat pengawasan Pemilukada. Lembaga Panwaslu memiliki peran dan posisi yang strategis. Tugas khusus dari panwaslu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu agar berjalan sesuai dengan amanat UU dan peraturan terkait lainnya.

Diakhir sambutannya Bupati Poso berpesan kepada para Panwaslu agar memiliki integritas pribadi yang handal dan memiliki integritas pribadi yang handal dan memiliki komitmen yang tangguh dalam melaksanakan tugas secara professional, tidak terombang ambing oleh bujukan materi, membangun koordinasi dan sinergitas lembaga lainnya dalam mendukung tugas panwaslu, dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam menyongsong Penyelenggaraan Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Ketua Panwaslu Kabupaten Poso dalam laporannya mengatakan bahwa Panwaslu Kecamatan akan melakukan pengawasan di Kecamatan pada Pemilu mendatang, Abdul berharap kepada para Anggota Panwaslu agar menjaga solidaritas sesama anggota dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Turut Hadir dalam Pelantikan ini Anggota Forkopimda Poso, Anggota DPRD Kabupaten Poso, Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rombongan Bawaslu Propinsi Sulawesi Tengah, para Anggota Panwaslu Kabupaten, serta undangan lainnya. //ca’/pul

alt

alt

GIRL AMBASSADORS FOR PEACE IN POSO

  • PDF

The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia bekerja sama dengan The Global Network of Women Peacebuilders (GNWP), Division for Applied Social Psychology Research (DASPR) & Celebes Institute mengumpulkan sejumlah Pelajar / Siswi Sekolah Menengah Atas se- Kabupaten Poso untuk menjadi Duta Perdamaian Khusus Perempuan di Tana Poso yang juga nantinya akan mewakili Kabupaten Poso ke ranah Internasional. Kegiatan yang digelar dari tanggal 14 sampai dengan 18 November 2017 ini mengambil tempat di Hotel Kartika Poso dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si.

Sekilas tentang AMAN Indonesia adalah merupakan jaringan Muslim dan non Muslim baik individu maupun institusi di Asia. AMAN Indonesia bekerja untuk mempromosikan keadilan dan perdamaian, termasuk pemberdayaan masyarakat, dialog antar umat beragama, serta advokasi atas hak-hak asasi manusia dan perempuan. Adapun yang menjadi fokus dari AMAN Indonesia adalah masalah Hak Asasi Manusia (HAM) & Kesetaraan Gender. Mengingat latar belakang peristiwa yang pernah terjadi di Poso, menjadi pusat perhatian dari AMAN Indonesia untuk bekerja bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso untuk mencetak Duta-Duta Perdamaian di Tana Poso sehingga nantinya Poso dapat menjadi Daerah Percontohan dimana terbukti masyarakatnya mampu untuk bangkit kembali dari peristiwa masa lalu serta dapat membawa benih-benih Kedamaian dimana pun berada.

Peningkatan Life Skill pada Perempuan & Remaja Putri serta Orientasi Pelatihan & Kontrak Belajar Perempuan & Remaja Putri merebut kembali media untuk perdamaian & kesetaraan gender merupakan beberapa contoh Program Kegiatan yang akan dijalani oleh Calon-Calon Duta Perdamaian dalam masa Training ini. Para Peserta juga diwajibkan untuk dapat menguasai Keterampilan Berbahasa Inggris karena nantinya mereka juga akan berinteraksi dengan Duta-Duta Perdamaian dari Negara lain. //ca’/pul

alt

alt

Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) & Sosialisasi Indikator Kinerja Utama

  • PDF

Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si kembali mendorong Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Poso untuk dapat menyelenggarakan tugas umum pemerintahan secara baik & benar yg berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta kebijakan yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat melalui Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) & Sosialisasi Indikator Kinerja Utama (IKU), di Gedung Torulemba Poso, pada Senin, (13/11/17).

alt

Pemerintah Daerah terus berbenah diri dengan mewajibkan setiap OPD untuk dapat memaparkan Laporan Akuntabilitasnya masing-masing kepada Bupati & Wakil Bupati Poso sebelum dievaluasi oleh Kementrian PAN & RB. Wakil Bupati Poso juga menegaskan kepada setiap Instansi di Lingkup Pemda Poso agar wajib merumuskan indikator kinerja utama sebagai suatu prioritas program dan kegiatan yang mengacu pada sasaran strategis dalam RPJMD & Renstra Satuan Kerja Perangkat Daerah.

 

Bantuan Kendaraan Angkut Sampah dan Bibit Mangga

  • PDF

Dalam apel bersama di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menerima kendaraan angkutan sampah secara simbolis dari PT. Bank Perkreditan rakyat (BPR) Palu Lokadana sebanyak 3 buah kepada pemerintah daerah kabupaten poso sekaligus pendandatanganan berita acara oleh pihak pertama PT. BPR palu loka dana kepada pemerintah daerah kabupaten poso selaku pihak kedua didampingi wakil bupati poso Ir. Samsuri, M.Si serta penyerahan bibit pohon mangga harum manis dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Poso oleh bupati poso kepada para OPD secara simbolis diterima oleh kepala dinas pekerjaan umum dan tata ruang, dinas pendapatan, dinas pendidikan, dinas kesehatan dan dinas kumperindag kabupaten poso dan kantor swasta lainnya, di halaman Kantor Bupati, pada Senin (13/11/2017).

altalt

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengharapkan, dari kedua jenis penyerahan secara simbolis dapat memotivasi kita semua untuk lebih giat lagi menggerakan seluruh kekuatan untuk meraih cita-cita adipura dimasa yang akan datang, dan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya semoga dengan dukungan ini dapat memacu untuk dapat menata kota poso yang tercinta menjadi kota yang bersih, indah, aman dan damai yang dirindukan oleh semua orang yang pernah tinggal dan singgah di kota ini.

Darmin Agustinus Sigilipu menambahkan diakhir sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia baik tingkat provinsi dan kabupaten TdCC, FPDTP dan FBD, para PNS dan non PNS karyawan/karyawati lingkup pemda poso, TNI/Polri bahkan seluruh masyarakat poso yang telah memberikan dukungan atas suksesnya penyelenggaraan even besar TdCC dan FPDTP beberapa hari yang lalu. “Kesuksesan tersebut adalah keberhasilan kita semua seluruh elemen masyarakat poso, sehingga bangga dan bersyukur menyaksikan kedatangan para tamu dari luar yang tiada henti-hentinya berdecap kagum memuji keindahan tanah poso dan keramahan orang-orang poso” ungkapnya.