Jum05262017

Last update12:19:57 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Olahraga

Tatap Muka Pangdam XIII Merdeka Bersama Tiga Unsur Pilar Se-Kabupaten Poso

  • PDF

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri acara tatap muka Pangdam XIII Merdeka bersama tiga unsur pilar se-wilayah kabupaten poso bertempat di gedung torulemba rumah jabatan bupati poso, selasa 09/05/17. Acara tatap muka ini dihadiri oleh Aster Kasdam Kol. Inf. Theo Kawatu, Kasmin Kasdam Mayor Inf. Iman, Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf. Moh. Saleh Mustafa, Dansatgas Operasi Tinombala, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Poso, Dansatgas Marinir Tinombala, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Camat, lurah serta kepala desa se kabupaten poso.

Dalam sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan peran strategis tiga unsur pilar desa (Kades, Babinsa dan Babikamtibmas) agar selalu bersinergi dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan tugas mulia lainnya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah desa masing-masing dan ketiga unsur pilar ini merupakan ujung tombak pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat karena itu kerjasama dan komunikasi yang terjalin harmonis akan sangat berdampak luas untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat desa didalam mewujudkan kesejahteraan. Darmin Agustinus Sugilipu juga mengatakan melalui dialog dan tatap muka akan lebih intens lagi dalam memahami tugas mulia dari tiga pilar desa dan menjadi bahan evaluasi bersama agar lebih meningkatkan peran serta seluruh stakeholder yang ada di desa untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan sosial kemasyarakatan secara umum. Diakhir sambutannya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan terimah kasih kepada Pangdam XIII Merdeka yang telah memberi perhatian khusus bagi masyarskat tana poso guna menata kehidupan yang lebih baik kedepan, kita yakin dan perrcaya bila jajaran TNI/Polri serta pemerintah daerah maupun manunggal dengan rakyatnya niscaya tidak ada kekuatan apapun yang menghancurkan NKRI.

Sementara itu Pangdam XIII Merdeka Mayjend. TNI Gani Warsito menyampaikan bahwa ini merupakan nawacita dari delapan agenda prioritas pemerintah salah satunya menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, membangun indonesia dari pinggiran dan memperkuat daerah-daerah desa dalam kerangka negara indonesia. Diakhir arahannya Mayjend. TNI Gani warsito mengharapkan kedepannya tiga pilar menjadi garda terdepan penggerak kemajuan bangsa menuju indonesia yang mandiri, berdaulat dan bermartabat.//ca’/pul

alt

alt

altalt

HUT Desa Labuadago Dirangkaikan Dengan Peresmian Kantor Desa Dan PUSKESDES

  • PDF

Bupati poso diwakili oleh asisten pemerintahan dan kesra Ari Pamungkas, SH,MH. menghadiri HUT desa Labuadago yang dirangkaikan dengan peresmian kantor desa dan pusat kesehatan desa (puskesdes). Desa Labuadago, Kecamatan Lage, Senin 08-07-2017.

Dihadiri oleh camat lage beserta staf, seluruh muspika, pejabat di lingkungan pemda poso, kepala desa labuadago dan seluruh masyarakat desa. Melalui sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang disampaikan oleh Ari Pamungkas SH,MH , Masyarakat patut bersyukur dengan keberadaan kantor desa dan puskesdes, untuk itu bersama-sama kita jaga fasilitas ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Bupati Poso sangat mengharapkan dukungan masyarakat lage dalam mensukseskan seluruh program pemerintah yang semuanya hanya untuk pembangunan di kabupaten poso. Pembangunan yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat poso merupakan tujuan pemerintah kabupaten poso. Sehingga harus secara bersama kita mewujudkannya.//ca’/pul

alt

Rapat Kerja Bupati Poso Dengan Jajaran Pemerintah Daerah se Kabupaten Poso

  • PDF

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wakil bupati poso Ir. Samsuri, m.si membuka secara langsung rapat kerja Bupati Poso dengan jajaran pemerintah daerah se kabupaten poso tahun 2017. Peserta yang hadir sebanyak 431 orang, terdiri atas seluruh kepala-kepala organisasi perangkat daerah (opd) kabupaten poso, ketua penggerak PKK kecamatan, camat, lurah, kepala desa, lpm, bpd. Hadir juga dalam rapat kerja ini, asisten I, asisten II, dan asisten III, FKPD, ketua pengadilan negeri poso, otoritas jasa keuangan (ojk) propinsi sulawesi tengah, instansi perbankan di kabupaten poso, para wartawan serta undangan peserta raker, Poso 04/05/17.

Melalui sambutannya Bupati menginginkan kinerja yang maksimal seluruh opd agar dapat memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan dan terjadi kesesuaian dengan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Poso. Apa yang sudah dikerjakan selama ini, hendaknya dijadikan patokan untuk perbaikan kinerja sehingga kabupaten poso yang cerdas dalam bingkai sintuwu maroso untuk meraih adipura dapat tercapai. Raker ini sebagai evaluasi bagi kita semua demi perbaikan kinerja, menambal segala kekurangan agar memberikan hasil yang maksimal, tantangan ke depan akan semakin berat. Masyarakat semakin cerdas dan pastinya akan mendukung jika yang kita lakukan sesuai dengan aturan yang harus dipedomani dalam membangun kabupaten poso melalui kerja nyata dan tepat sasaran. Dengan kesungguhan hati untuk melakukan yang terbaik dan secara bersama bergerak, kita akan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Segala bentuk kritikan datang yang sifatnya membangun demi perbaikan kabupaten poso harus kita terima. Namun terkadang kritik yang dilayangkan tidak sesuai dengan fakta, dan hanya ingin menjerumuskan dan memecah belah antara kita oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. Menjadi perhatian kita semua untuk mensikapi hal tersebut dengan koordinasi yang terstruktur, sesuai kapasitas dan kapabilitas sehingga tidak terjadi kegelisahan dimasyarakat. Bupati poso mengharapkan partisipasi aktif kepada seluruh peserta dalam tanya jawab agar segala permasalahan dapat terselesaikan, sehingga pekerjaan rumah masing-masing opd tidak menumpuk dan harus diinformasikan untuk diketahui, di era keterbukaan saat ini sudah menjadi keharusan. Kabupaten poso sedang membangun, olehnya kerja nyata itu yang dibutuhkan, bukan hanya sekedar opini apalagi hanya berwacana.

Membuktikan keseriusan seluruh peserta raker, Bupati Poso yang sangat terbiasa dengan kedisiplin itu, memeriksa absensi peserta satu persatu. Bersamaan dengan kegiatan ini, dilakukan penyerahan peta citra satelit oleh kepala bidang diseminasi deputi bidang penginderaan jauh lembaga penerbangan dan antariksa nasional (lapan) bapak rubini kepada pemda kabupaten poso, diterima langsung oleh bupati poso. Penyerahan piagam evaluasi kinerja kecamatan (ekk) kepada kecamatan yang berprestasi, peringkat pertama diraih kecamatan poso pesisir, peringkat kedua kecamatan lore timur dan peringkat ketiga diraih kecamatan pamona utara. Penyaluran beras sejahtera sejumlah 1.186,86 ton kepada 19.778 keluarga penerima manfaat (kpm).

Sebelum raker ditutup oleh wakil bupati poso, ir. Samsuri, m.si, dibacakan rumusan hasil keputusan rapat oleh steering commite asisten administrasi pemerintahan dan kesra M. Ari Pamungkas, SH.,Mh. Antara lain :

1. Meningkatkan peran ojk dalam pengembangan ekonomi dan keuangan daerah, perlu koordinasi dan kerjasama dengan pemda kab. Poso, ruang lingkup kerjasama diatur dalam mou yang difokuskan kepada sinskronisasi dan sinergi kebijakan. Pertukaran data dan informasi serta pembentukkan forum kekd.

2. Pentingnya manfaat data satelit penginderaan jarak jauh untuk mendukung percepatan pembangunan daerah, dengan meningkatkan koordinasi dengan lapan, pemda menyelenggarakan kegiatan bimtek pelatihan tentang pemanfaatan sistim penginderaan jarak jauh bagi aparatur perencana.

3. Percepatan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur yang meliputi fokus pembangunan yang holistik, dan meningkatkan kerjasama dengan pihak swasta.

4. Mencermati situasi kamtibmas akhir-akhir ini terkait penanganan kelompok radikal bersenjata di kabupaten poso agar pemerintah daerah bersama jajaran tni/polri, segera memgambil langkah-langkah konkrit dalam penyelesaian masalah tersebut secara komprehensif.

5. Peningkatan pengelolaan dana desa. Selanjutnya penandatanganan kesepakatan rakerda.

alt

alt

Wisuda dan Perpisahan Siswa SMK Negeri 1 Poso.

  • PDF

 Poso_03/05/17, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, diwakili oleh Asisten III Adminiatrasi Umum Setda Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua menghadiri Wisuda & Perpisahan Siswa SMK Negeri 1 Poso. Asisten III didampingi oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Poso. Hadir juga dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Kepala Bidangnya, Camat Poso Kota Selatan, Lurah Kawua, Seluruh Siswa-wi Wisudawan dan Orang Tua/Wali.

Melalui Sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Asisten III Drs. Joksan Lakukua, mengucapkan selamat kepada para siswa dan siswi yang telah berhasil menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Poso. Lulusan SMK dipersiapkan menjadi generasi mandiri yang bukan hanya siap kerja, tetapi dapat juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Meskipun demikian, tetap dapat melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi. Salah satunya adalah Universitas Sintuwu Maroso dan banyak lagi Sekolah Tinggi yang tersedia di Kabupaten Poso. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang baru saja kita kita peringati, marilah kita jadikan sebagai momentum baru untuk lebih meningkatkan semangat belajar dengan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi.

Dalam Kegiatan ini, ada sebanyak 189 Siswa-wi kelas XII yang diwisuda terdiri dari : Jurusan Akutansi sebanyak 42 orang, Jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 44 orang, Jurusan Pemasaran/Marketing sebanyak 28 orang, Jurusan Komputer sebanyak 53 orang dan Jurusan Multimedia sebanyak 22 orang. Dari kelulusan ini, beberapa siswa meraih nilai tertinggi dan diberikan hadiah oleh pihak sekolah. Pemberian hadiah ini sebagai penyemangat untuk para siswa agar belajar lebih giat dan juga dapat digunakan untuk bekal bagi proses pengembangan diri ke depan.//ca’/pul

alt

alt

Peringatan Isra Mi’raj 1438 H Desa Sintuwu Lemba

  • PDF

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri M.Si menghadiri kegiatan peringatan Isra Mi’raj 1438 H yang di adakan di Desa Sintuwu Lemba Kecamatan lage Selasa (2/5/17). Hadir dalam kegiatan ini kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SkPD) yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Poso, Dandim 1307- Poso Letkol Inf. Dody Triyo Hadi, Danyon 714 SM Poso Kol. A. Lubis, perwakilan anggota DPRD, Wakil Ketua FKUB Pdt. Desmon Kantjai, S.Th, Camat Lage Dedi Talingkau, SSTP, M.Si, Kepala KUA Kecamatan Lage, serta sejumlah pimpinan FKPD Poso.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengingatkan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam rangka Isra Mi'raj. Khususnya, saat Nabi Muhammad SAW meminta keringanan jumlah shalat dari 50 waktu menjadi 5 waktu."Kita bayangkan bagaimana perjuangan Rasulullah untuk umat islam yang pada Intinya, kita harus mensyukuri dan meneruskan perjuangan itu dengan tidak meninggalkan shalat dan menjaga shalat kita pada tepat waktu, karena itu juga merupakan perjuangan diri kita sendiri," ujar Wakil Bupati di Masjid Darussalam Sintuwu Lemba, Lage. Oleh sebab itu kegiatan Isra Mi'raj ini kita jadikan momentum untuk berubah kearah yang lebih baik.

Sementara itu Ustad Ahmad Subardi, MM dalam uraian ceramahnya mengatakan, bahwa peringatan Isra mi’raj saat ini harus dijadikan momentum penting untuk melakukan perubahan dalam tata kehidupan sosial kebangsaan dengan pengabdian keikhlasan melayani kepentingan umat. Acara Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW ini dihadiri 500-an jamaah dari berbagai kalangan 125 dari warga desa, 100 dari Polri, 275 jamaah dari TNI, dan undangan lainnya. //ca’/pul

altalt