Jum07282017

Last update12:52:00 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Olahraga

PEMBUKAAN PENTAS SENI BUDAYA PELAJAR KABUPATEN POSO 2017

  • PDF

Poso (Tentena)_Pembukaan kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, yang dihadiri oleh Plt. Setdakab Poso Drs. Joksan Lakukua yang mewakili Bupati Poso sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dr.Drs. John Yus Madoli,Msi, Camat Pamona Puselemba Gloria Tobondo,SE dan unsur tripika yang bertempat di lapangan Pamona Puselemba Tentena, 27 Juli 2017.
Bupati Poso dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Drs. Joksan Lakukua Mengatakan Pemda Kabupaten Poso menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso yang telah merancang serta melaksanakan kegiatan yang begitu positif ini khusunya dikalangan para Pelajar dalam menyambut dan memeriahkan Hut Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun 2017, Pentas seni Budaya antar Pelajar yang dilaksanakan dalam rangka Hut Kemerdekaan RI yang ke-72 di Kabupaten Poso merupakan ajang unjuk prestasi dalam bidang seni dan budaya bagi para pelajar poso, sehingga ajang ini dapat dimanfaatkan seluru pelajar untuk menunjukan prestasi yang dapat membanggakan bagi anak-anak kita, sekolah bahkan nama baik daerah. Masih diacara yang sama lanjut dikatakan bahwa proses pengenalan kesenian dan budaya lokal melalui ajang lomba seperti ini tentu sangat efektif dikarenakan para pelajar langsung melihat, menyaksikan dan mengenal kesenian daerahnya yang telah diwariskan oleh leluhur, agar apa yang telah ada sejak dulu ini tidak terlupakan begitu saja karena tergusur oleh peradaban jaman yang serba canggih, sebagaimana yang kita lihat sekarang ini dimedia-media elektronik,cetak,internet dan lainnya sungguh sangat memperihatinkan dimana anak-anak bangsa telah banyak yang terjerumus kedalam lembah hitam narkoba,pelecehan seksual,seks bebas dan tindak kriminal yang melibatkan anak-anak.
Dalam sambutannya Bupati Poso juga berharap dan berpesan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu langkah yang preventif dan strategis dalam membina generasi muda kita untuk terus beraktifitas dan berkreasi dalam hal positif serta berguna bagi masa depannya. Olehnya itu Pemda Poso sangat mendukung dan merespon kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar ini sebagai salah satu wujud kecintaan kita kepada Bangsa dan Tanah Air Indonesia,maka dari itu kegiatan yang positif seperti ini harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya sebagai salah satu filter yang membentengi kesenjangan waktu anak agar tidak terjerat kasus-kasus kriminal yang begitu marak akhir-akhir ini.
Kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso ini khusunya Bidang Kebudayaan bertujuan untuk menumbuhkan minat para pelajar yang ada diposo untuk mengenal seni budaya yang ada diposo serta mencintai budaya lokal dan dapat mengukir prestasi dalam bidang seni budaya ditingkat daerah maupun Internasional.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Seni dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Poso yang juga Ketua Panitia Pentas Seni Budaya Pelajar Neni Hartati Ruutanan, Sp.d, MM mengatakan melalui kegiatan Pentas Seni Kebudayaan Pelajar ini merupakan sebuah ajang untuk memperkenalkan seni dan budaya kepada anak-anak kita serta menggali potensi bakat-bakat seni yang belum terekspos keluar, kegiatan yang diikuti oleh pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA yang ada diKabupaten Poso selama dua hari dimana kegiatan ini menampilkan berbagai macam seni dan budaya seperti Tari Torompio dan penampillan busana daur ulang dari limbah rumah tangga yang di tampilkan oleh anak SMA, Tari Moende yang dibawakan oleh anak SD dan SMP serta karnaval busan bahan daur ulang, serta kegiatan Sarasehan yang bertemakan “Bahasa Pamona Sebagai Identitas” akan berlangsung selama satu hari yang diikuti oleh Mahasiswa, Tokoh Adat,tokoh Masyarakat,Guru-guru seni dan Karang taruna yang berjumlah 60 orang peserta.Kegiatan Pentas Seni Budaya Pelajar ini juga dimeriahkan oleh paduan suara dari anak-anak SMA Pamona Puselamba vokal grup anak SMP serta penampilan solo dari anak SD Pamona selatan,dan ditutup denga acara foto bersama. //ca’/pulaltalt

Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional ke-70 tahun 2017

  • PDF

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional ke-70 tahun 2017 tingkat kabupaten poso bertempat di gedung PGRI poso, kamis, 26/07/17. Hadir dalam acara peringatan tersebut Dandim.1307 poso Dody Triyohadi, S.Sos, Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE, M.Si, Ketua Tim Penggerak PPK kabupaten Poso, Kepala Kantor BNN Kabupaten Poso Max Tungka, Para Kepala OPD kabupaten poso, Ketua KPUD kabupaten poso Taufik Hidayat, Pimpinan BUMN/BUMD, Para camat se kabupaten poso, Para anggota koperasi serta masyarakat koperasi daerah kabupaten poso.

Wakil Bupati Poso dalam sambutannya menyampaikan melalui HUT koperasi ke-70 diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kita semua khususnya masyarakat koperasi di daerah ini untuk terus memacu kreativitas dan daya saing koperasi daerah agar dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi perkembangan perekonomian serta mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sintuwu maroso yang kita cintai. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan bahwa momentum HUT koperasi yang dirayakan saat ini jangan hanya menjadi kegiatan seremonial tanpa meninggalkan kesan dan pesan yang positif bagi kemajuan koperasi, oleh karena itu khususnya masyarakat koperasi kabupaten poso untuk lebih mencintai koperasi sebagai salah satu lembaga perekonomian bersama yang harus kita sokong dan dukung bersama mulai dari wilayah desa terpencil sampai pada daerah perkotaan. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan bagi instansi terkait yang mengurus koperasi dan lembaga ekonomi masyarakat kecil dan menengah lainnya agar dapat memberikan fasilitas yang memadai kepada usaha-usaha kerakyatan yang dapat menunjang ekonomi pedesaan dan daerah dan fasilitas yang diberikan tentunya tidak selalu dalam bentuk uang atau materi, tetapi dapat juga diberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan usaha makro sehingga hasilnya dapat dirasakan dimasa yang akan datang.

Sementara ditempat yang sama kepala dinas koperasi, UMKM dan perdagangan kabupaten poso P. Rama Tandawuya, SE, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu hal yang mendasar yang dihadapi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah di kabupaten poso adalah terbatasnya akses koperasi dan UMKM kepada sumber daya produktif, seperti permodalan, teknologi, informasi dan pasar serta rendahnya ketersediaan dana untuk modal kerja atau investasi, hal ini disebabkan koperasi dan UMKM sulit untuk ditingkatkan kapasitas usahanya sehingga sulit mengembangkan produk yang berdaya saing dan yang paling urgen adalah rendahnya daya beli masyarakat. Untuk mengatasi masalah tersebut P. Rama Tandawuya, SE, M.Si mengatakan selaku pembina koperasi kabupaten poso berupayah keras dan mengambil langkah-langkah kebijakan yaitu memberikan pembinaan dan pendampingan untuk memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wirausaha baru dan kegiatan lainnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan sesuai dengan arah kebijakan pemerintah kabupaten poso yaitu mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada agribisnis menuju agroindustri, meningkatkan SDM, mengembangkan infrastruktur dasar dan mengelolah SDA secara berkelanjutan, mendorong perikehidupan yang tertib, demokratis dan sadar hukum serta mewujudkan kepemerintahan yang baik dan mensejahterakan rakyat. Dalam peringatan HUT koperasi nasional ke-70 tahun 2017 di kabupaten poso dari Dinas Koperasi, UMKM dan perdagangan kabupaten poso mengadakan lomba penilaian beberapa jenis koperasi berprestasi tingkat kabupaten poso dengan jenis koperasi simpan pinjam terbaik I diraih oleh KSP Partha Graha desa tambarana, terbaik II dari koperasi syariah BMT 72 amanah kelurahan kawua, terbaik III KSU dirgantara kelurahan kasiguncu, jenis koperasi konsumsi terbaik I diraih oleh KSU kartika sintuwu kelurahan kasintuwu, terbaik II KSU kartika sintuwu maroso kelurahan ranononcu, terbaik III Kopwan An-Nisa kelurahan bonesompe, jenis koperasi produsen terbaik I diraih oleh Koptan martasari dari desa toinasa, terbaik II KSU udyanasari desa tambarana, terbaik III KSU britani sejahtera desa salukaiya, jenis koperasi jasa terbaik I KPN kesehatan Jln. P. Kalimantan Kel. Gebangrejo, terbaik.II KPN Ikhtiar kelurahan gebangrejo, terbaik III KPN karya bersama kelurahan tagolu dan jenis koperasi industri terbaik I diraih oleh koperasi produsen tani green fresh kelurahan sawidago, terbaik II KSU poso energy sejahtera desa sulewana dan terbaik III KOPINKRA soragaya kelurahan ranononcu, sementara lomba cerdas cermat koperasi juara I diraih oleh KSP partha graha desa tambarana, juara II Kopsyah BMT-72 amanah kelurahan kawua, Juara III koperasi unsimar sejahtera dari poso kota, juara IV Kopwan Gloria desa tangkura, juara V Kopwan An-Nisa kelurahan bonesompe dan juara VI koperasi sejahtera utama kelurahan kawua.

Dalam laporan ketua panitia Merry CH. Nggau, SE menyampaikan, adapun maksud dan tujuan pelaksanaan peringatan HUT Koperasi ke-70 di kabupaten poso tahun ini adalah untuk lebih memungkinkan pemahaman dan kesadaran berkoperasi bagi masyarakat gerakan koperasi serta generasi muda di kabupaten poso sehingga pelaksanaan tersebut dapat menumbuh kembangkan minat masyarakat untuk berkoperasi, meningkatkan kemampuan gerakan berkoperasi dalam mengelola usaha sehingga kedepannya semakin baik, benar dan berkembang dalam mendukung visi misi Bupati Poso yang menempatkan koperasi UMKM sebagai basis ekonomi kerakyatan, untuk menuju kota poso yang cerdas. //ca’/pul

altalt

Peresmian Pengoperasional Bangunan TK- PAUD Al-Marhamah dan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Tamanjeka

  • PDF

Operasi teritorial kodam XIII/merdeka Tahun 2017 "Sintuwu Maroso" menggelar kegiatan peresmian Pengoperasional Bangunan TK- PAUD Al-Marhamah dan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) ditandai dengan pengguntingan pita oleh Danrem 132 Tadulako Kol. Inf. Moh Saleh Mustafa bersama ibu didampingi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Dandim 1307 Poso Letkol. Inf. Dody Triyohadi, S.Sos bertempat di dusun III ratalemba (tamanjeka) desa masani kecamatan poso pesisir kabupaten poso, 25/07/17. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabinda Kol kav.Rahman, Dan SGI Kol. Inf. Indra Asmara Dewa, Wadan kolaops Kol.inf.Satyo, Wakapolres Poso kompol I Gede Swara Mahardika,.SH, Forkopimda kabupaten Poso, Pimpinan ponpes amanah Ustad Adnan Arsal S.Ag, Dan Sektor 2 Tinombala AKBP. Zuhri, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda, warga masyarakat dusun III ratalemba desa masani dan dihadiri kurang lebih 325 orang anak dari TK PAUD se kecamatan poso pesisir, TK PAUD kartika candra kirana bonesompe dan kawua serta TK PAUD sintuwu lemba.

Dalam sambutan Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada dandrem juga seluruh jajaran TNI/Polri yang telah melaksanakan kegiatan ini sangat luar biasa diluar dugaan berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana yang kita inginkan bersama. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya semata mata tanggung jawab aparat kecamatan atau salah satunya dinas pendidikan namun adalah tanggung jawab kita bersama, kita punya kewajiban untuk membawa anak anak yg lebih baik karna dikatakan bahwa anak anak mudah meniru, melakukan gerak dan tingkah laku serta cepat memahami dan mendengarkan, oleh karena itulah anak masih dalam keadaan putih bersih polos kiranya bapak ibu guru mampu memberi warna membawa mereka kedepan untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab kepada bangsa dan negara. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si katakan bahwa pancasila menjadi filosofi atau falsafah negara mulai dari sekarang tentunya anak-anak kita diperkenalkan bagaimana tentang pancasila, bagaimana tentang negara yang NKRI itu sendiri, bagaimana UUD 1945 yang merupakan komitmen dari bangsa kita yg menjadi dasar kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Sementara ditempat yang sama sambutan Danrem 132/TDL kol. Inf. Moh. Saleh Mustafa sampaikan bahwa kepada anak-anak di tamanjeka supaya dengan adanya PAUD dan TPQ bisa bersama sama belajar membaca Al-Qur'an serta dapat mengamalkannya dikehidupan sehari-hari. Moh. Saleh Mustafa diakhir sambutannya berpesan marilah kita jaga anak anak, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa kata presiden pada hari anak nasional di jakarta kemarin, aset yang terbesar anak anak kita oleh karenanya mereka harus dibekali agama, akhlak, budi pekerti tetapi tidak kalah penting dibekali dengan ilmu pengetahuan, bagaimana belajar berinteraksi, komunikasi dan bisa memahami perbedaan suku dan ras yang ada dilingkungan sekitarnya.

Dalam acara peresmian pengoperasionalan TK PAUD dan TPQ dirangkaikan dengan kegiatan lomba mewarnai gambar yang diikuti 325 orang anak dan diberi bantuan meja gambar dari Danrem132 Tadulako 1 orang dapat 1 meja gambar dan juara 1 sampai 6 dengan hasil gambar terbaik mendapatkan hadiah utama berupa sepeda dan diraih oleh Muhammad paud almarhamah tamanjeka, Mutiah mutmainah paud terpadu, Azahrah TK almarhamah tamanjeka, Fais abduloh TK tamanjeka, Dini suwarti TK alhairat mapane dan Riski TK Al-Khairaat Tokorondo. //ca’/pulaltalt

Wisuda STAI Tahun 2017

  • PDF

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso Tahun 2017 kembali menggelar Dies Natalis Ke-7 dan Mewisuda Sarjana Anggkatan III dengan jumlah 76 orang yaitu jurusan manajemen pendidikan islam dan jurusan ekonomi syariah bertempat di gedung wanita poso, senin 24/07/17. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Plt. Sekretari Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Ketua DPRD Kabupaten Poso Ny. Elen Ester Pelealu, SE, koordinator Kopertis Wilayah VIII diwakili Sekretaris Kopertis Drs. H. Moh. Harjun, M.Ag, Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Ketua STAI Poso selaku Ketua Senat Drs. H. Moh. Arfan Hakim, M.Pd.I bersama Anggota Senat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidik, Para Dosen, orang tua dan keluarga wisudawan/wisudawati serta undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dibacakan Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua menyampaikan bahwa sukses study yang telah diraih saat ini bukanlah puncak dari prestasi yang dicapai, akan tetapi sukses hari ini merupakan tahap sukses berikutnya yang sangat ditentukan oleh eksistensi kita sebagai manusia terpelajar dan terdidik yang siap mengabdikan diri mengemban amanah untuk kesejahteraan bangsa dan negara serta daerah melalui bidang profesi sesuai dengan program study yang telah digeluti dibangku kuliah, karena itu disiplin ilmu yang dimiliki harus dimanfaatkan dan diamalkan untuk lingkungan sekitar bahkan untuk daerah dan bangsa, agar ilmu yang didapatkan tersebut menjadi berkah amaliah yang pahalanya Insya Allah hanya tuhan yang mampu membalasnya. Drs. Joksan Lakukua juga katakan predikat sarjana sebagai sumber daya manusia yang handal harus memiliki nilai plus atau nilai lebih untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan karena gelar sarjana saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, apalagi saat ini kompitis dan persaingan mendapatkan pekerjaan sangat ketat sehingga sarjana yang lahir harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat menciptakan peluang untuk memperoleh pekerjaan dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, sehingga pemda sangat merespon dan mengapresiasi kehadiran para sarjana yang mau berwirausaha sendiri, harus mampu berkreativitas dan berinovasi sebagai sarjana yang tidak mudah patah semangat untuk melahirkan prestasi dan karya sehingga meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan para wisudawan semdiri. Diakhir sambutannya Drs. Joksan Lakukua mengharapkan kepada para wisudawan semoga ilmu pengetahuan yang dimiliki baik yang bernafaskan keagamaan maupun ilmu pengetahuan umum harus dapat diamalkan dan diaplikasikan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta sebagai masyarakat poso yang cerdas demi untuk kemajuan daerah sintuwu maroso tercinta.

Sementara itu ditempat yang sama Koordinator Kopertis Wilayah XIII yang diwakili Sekretaris Kpertis Drs. H. Moh. Harjun, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan kepada para alumni yang diwisuda hari ini diantaranya perjalanan 1.000 km dimulai dengan ayunan langkah kaki pertama, jadilah orang pintar merasa, bukan menjadi orang yang merasa pintar, pandai-pandailah menyatakan kebenaran bukan membenarkan kenyataan yang belum tentu benar, kembangkan tiga keterampilan dalam diri kalian yaitu keterampilan belajar, keterampilan berfikir dan keterampilan hidup. Drs. H. Moh. Harjun, M.Ag juga menitip pesan kepada pengelola STAI Poso agar sarjana yang dicetak oleh STAI Poso sebanyak 67 orang dari segi kuantitas untuk ukuran kabupaten poso sudah merupakan jumlah yang cukup lumayan ini hendaknya dibarengi dengan peningkatan kualitas proses belajar mengahar dan kegiatan akademik lainnya, penataan administrasi hendaknya terus dibenahi dan perlunya pimpinan STAI poso terus menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak baik dengan pengurus yayasan, para pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah daerah, tokoh masyarakat serta elemen masyarakat lainnya. Diakhir sambutannya H. Moh. Harjun mengharapkan kepada pihak pemerintah kabupaten poso agar memberi dukungan dan bantuan untuk memperkuat perguruan tinggi ini sebagai aset kita bersama sehingga dapat memiliki kemampuan data saing yang kuat untuk berkompetisi secara sehat dengan perguruan tinggi yang ada di NKRI baik negeri maupun swasta.

Sementara Fajriadi, S.Pd.I yang mewakili salah satu wisudawan berpesan untuk STAI Poso agar selalu berpegang teguh pada visi misinya serta mampu menjaga wibawa, martabat dan citra lembaga dimata masyarakat luas, dan kepada teman-teman yang diwisuda jangan pernah merasa takabur dan cepat puas diri sebab diatas langit masih ada langit, mari kita terus mengisi diri secara keilmuan terus mengasah kepekaan rasa serta mengamalkan ajaran agama secara seimbang, mari kita laksanakan janji/ikrar alumni yang telah dikumandangkan bersama tadi dengan penuh keiklasan dan kesadaran. //ca’/pul

altalt

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2017

  • PDF

Minggu, 23 Juli 2017 Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si membuka secara resmi Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2017 yang dipusatkan di Tentena Kecamatan Pamona Puselemba. Kegiatan yang bertemakan Membangun generasi cerdas yg berkarakter ini terdiri dari berbagai jenis lomba diantaranya kelompok bernyanyi dan gerak anak dalam bahasa inggris, drama anak dalam bahasa inggris, game edukasi, dan panggung boneka yg diikuti oleh seluruh siswa PAUD dan siswa SD.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso mengungkapkan harapannya agar momentum hari anak ini dijadikan sarana motivasi bagi seluruh keluarga Indonesia khususnya keluarga masyarakat Kabupaten Poso untuk lebih peduli dan memberikan perhatian yg lebih kepada anak-anak agar tidak terjebak dan terjerumus dalam kasus-kasus hukum yang hanya menghambat masa depannya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Poso memberikan challenge atau tantangan kepada semua anak-anak yg hadir dalam kegiatan tersebut untuk dapat mengucapkan secara lengkap tanpa teks, lima sila yg terdapat dalam Pancasila, dimana hal ini bermaksud sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kepada generasi penerus untuk mulai memiliki rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme yg tinggi sejak usia dini. Dan anak-anak pun berlomba-lomba untuk dapat mengucapkannya secara lantang di depan Wakil Bupati Poso. Pemerintah Daerah mengapresiasi dan akan terus mendukung serta mengawasi setiap pihak yg berupaya untuk mendidik anak-anak yg ada di Kabupaten Poso sehingga dapat melahirkan generasi penerus Poso yg kreatif & inovatif serta dapat bersaing dengan anak-anak lainnya di seluruh Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kepala Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Poso, Unsur Tripika Kecamatan, para Guru, serta tamu undangan lainnya. //ca'/pulalt