Kam02222018

Last update12:37:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Keagamaan Penguatan Simpul Simpul Dialog Lintas Iman di Wilayah Kabupaten Poso

Penguatan Simpul Simpul Dialog Lintas Iman di Wilayah Kabupaten Poso

alt

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Semiloka "Penguatan Simpul Simpul Dialog Lintas Iman di Wilayah Kabupaten Poso", yang dilaksanakan di Hotel Danau Poso Tentena Kecamatan Pamona Puselemba dan direncanakan akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 29 s/d 31 Januari 2018. Dalam kesempatan ini juga, Ir. Samsuri, memberikan materi singkat mengenai upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso untuk menjaga kebersamaan.

Peserta yang hadir berjumlah 30 orang, terdiri dari perwakilan : NU sebanyak 2 orang, Muhamadiyah sebanyak 2 orang, STAI 2 orang, FKUB 2 orang, Kementrian Agama Kabupaten Poso 2 orang, Klasis Poso Kota sebanyak 2 orang, Sekolah Perempuan Perdamaian sebanyak 10 orang, STT Tentena 2 orang, UNKRIT sebanyak 2 orang, Pasca Sarjana (S2) sebanyak 2 orang dan Persekutuan Perempuan Sinode sebanyak 2 orang.

Pemateri Rubiyanti Kholifah perwakilan Indonesia di Aman Yordania, yang telah melakukan diskusi lewat aplikasi Skipe, dari FKUB Ismail Ibrahim, Pdt. DR. Asyer Tandafai dan DR. Supriyatno.

Menurut Pdt. Supriyatno, bahwa ini adalah kunjungan pertama di Kabupaten Poso terkhusus di Kota Tentena. Hal ini membuat keluarga selalu menanyakan keadaan melalui telepon. Bagaimanapun cerita di luar yang berkembang bahwa Poso tidak/belum aman. Saat ini saya mau katakan bahwa cerita itu sungguh tidak benar. Terbukti, lanjut Supriyatno yang baru kembali dari Swiss. Bahwa Kota Tentena sangatlah aman. Alam yang indah di kota Tentena, melebihi Swiss karena kondisinya sangat natural.

Selanjutnya seluruh hadirin yang hadir, disuguhi Tarian torompio yang dioersembahkan oleh mahasiswa mahasiswi STT, Sekolah Tinggi Theologia Tentena.

Melalui sambutannya, Wakil Bupati Samsuri menyatakan, Keberagaman dan Pluralisme adalah suatu Anugerah yang diberikan Tuhan bagi kita teristimewa di Kabupaten Poso. Kebinekaan adalah salah satu aset Bangsa yang harus dipertahankan. Karena dengan keberagaman kita menjadi tau hal lain, diluar kebiasaan kita. Keberagaman menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar, Kabupaten memiliki banyak etnis dan beberapa penganut Agama yang mendiaminya. Keadaan ini merupakan kekuatan untuk bersama membangun Tana Poso.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati Samsuri memberikan materi singkat mengenai langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso untuk terus menjaga kebersamaan. Beberapa hal sudah dilakukan, diantaranya mengajak siapa saja untuk menanamkan pemahaman bahwa sungguh akan tercipta suatu keindahan, apabila banyak warna yang berpadu menjadi satu. Secara intensif melakukan dialog-dialog lintas Agama, memberikan pendampingan dan bantuan melalui dinas terkait bagi upaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, dan yang terpenting adalah menghilangkan kecurigaan dan saling percaya serta menjaga kepercayaan yang telah diberikan. Tidak mengungkit hal yang telah lalu, dan secara bersama membangun Poso untuk kemajuan di masa depan.

Selanjutnya Wakil Bupati membuka kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Kesimpulan dari jawaban bagi semua pertanyaan peserta adalah, setiap permasalahan mempunyai solusi. Segala sesuatu mempunyai konsekwensi. Baik buruknya apa yang kita dapat, tergantung pada apa yang telah kita berikan.