Sen12112017

Last update02:16:50 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Keagamaan Pawai Natal Tahun 2017

Pawai Natal Tahun 2017

alt

Menandai dimulainya perayaan Natal 2017, Panitia Perayaan Hari Besar Kristiani (PHBK) Kabupaten Poso bekerjasama dengan Denominasi Gereja-Gereja se-Kota Poso dan sekitar­nya, mengadakan pawai Natal, pada Minggu (26/11/17).

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua melepas secara resmi peserta pawai Natal 2017 yang mengambil start di Alun-alun Sintuwu Maroso Poso dan finis di Lapangan Desa Silanca, Kecamatan lage.

Plt.Sekda dalam sambutan tertulis Bapak Bupati Poso sangat mengapresiasi Kegiatan Pawai Natal 2017 tersebut. Bupati juga atas nama Pemerintah Daerah senantiasa mendorong dan memberikan ruang seluas-luasnya kepada setiap kelompok agama untuk dapat membangun dan mengembangkan dirinya dalam bingkai NKRI tanpa membeda-bedakan kelompok atau golongan masyarakat karena nilai-nilai kemanusiaan bersifat hakiki dan universal.

Bupati juga mengatakan dalam sambutan tertulisnya, menyebut momen perayaan Natal pada tahun ini hendaknya mampu menjadikan umat Kristiani sebagai garam dan penerang dunia. Serta dapat memberikan teladan yang baik bagi masyarakat.

"Adalah suatu kebahagiaan bagi kita semua, apabila dapat mewujudkan dan merasakan kerukunan antar umat beragama yang terjalin baik, dimana semua komponen bangsa dapat menjadikan dirinya dalam bingkai kebersamaan, kerukunan, dan silaturahmi satu sama lainnya" tambah Joksan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dr. Yus Madoli dalam laporannya selaku ketua PHBK, mengatakan bahwa tujuan dari pawai Natal 2017 ialah sebagai tanda dimulainya perayaan Natal 2017. Di samping itu sebagai bentuk partisipasi dan dukungan umat Kristiani terhadap pembangunan, baik fisik maupun men­tal dan kerohanian menuju Poso Kota Cerdas.

Dikatakannya pula, peserta Pawai ini berasal dari semua gereja dari berbagai aliran dengan mengunakan kendaraan roda dua 725 buah dan roda empat buah 1.300 buah yang dihiasi dengan pernak pernik natal.

Turut hadir dalam seremoni pelepasan, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Poso, Pendeta Jemaat Se-Kota Poso serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta para kepala OPD, tokoh agama, dan masyarakat.